PROTOTIPE SISTEM BLOK DALAM METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (STUDI KASUS DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG)

Reni Wiyananti, Sasono Wibowo

Abstract


SIAMUS (Sistem Informasi Akademik) Universitas Muhammadiyah Semarang yang telah ada belum mampu memenuhi kebutuhan konversi nilai tiap blok untuk fakultas kedokteran dikarenakan sistem tersebut disesuaikan dengan fakultas lain yang terdapat di Universitas Muhammadiyah Semarang. Sistem penilaian yang telah berjalan di fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning. Sehingga saat ini konversi nilai yang ada masih belum terorganisir dan masih harus dilakukan oleh kepala tata usaha yang menyebabkan kurang efektifnya keberadaan SIAMUS. Oleh karenanya dibuat perencanaan sistem penilaian yang mengkonversi nilai dari sistem dan nilai yang terkumpul di kepala tata usaha untuk dapat di integrasikan langsung dengan sistem penilaian yang terdapat di SIAMUS. Metode yang digunakan untuk perancangan menggunakan metode prototipe yang kedepannya prototipe ini dapat lebih dikembangkan sebagai sistem penilaian untuk fakultas kedokteran. Sistem penilaian ini dibangun menggunakan aplikasi berbasis web untuk menyesuaikan dengan sistem yang lama, serta dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MYSQL. Dengan demikian sistem ini akan dapat membantu efektifitas dan efisiensi dalam melakukan konversi nilai dan mengintegrasikan nilai blok dengan sistem akaemik SIAMUS.

Kata Kunci: PBL, Blok, Prototipe, Konversi, Kedokteran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v15i1.1027

Article Metrics

Abstract view : 1847 times
PDF - 1715 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.