PROTOTIPE SISTEM BLOK DALAM METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (STUDI KASUS DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG)

Authors

  • Reni Wiyananti Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Sasono Wibowo Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v15i1.1027

Abstract

SIAMUS (Sistem Informasi Akademik) Universitas Muhammadiyah Semarang yang telah ada belum mampu memenuhi kebutuhan konversi nilai tiap blok untuk fakultas kedokteran dikarenakan sistem tersebut disesuaikan dengan fakultas lain yang terdapat di Universitas Muhammadiyah Semarang. Sistem penilaian yang telah berjalan di fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning. Sehingga saat ini konversi nilai yang ada masih belum terorganisir dan masih harus dilakukan oleh kepala tata usaha yang menyebabkan kurang efektifnya keberadaan SIAMUS. Oleh karenanya dibuat perencanaan sistem penilaian yang mengkonversi nilai dari sistem dan nilai yang terkumpul di kepala tata usaha untuk dapat di integrasikan langsung dengan sistem penilaian yang terdapat di SIAMUS. Metode yang digunakan untuk perancangan menggunakan metode prototipe yang kedepannya prototipe ini dapat lebih dikembangkan sebagai sistem penilaian untuk fakultas kedokteran. Sistem penilaian ini dibangun menggunakan aplikasi berbasis web untuk menyesuaikan dengan sistem yang lama, serta dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MYSQL. Dengan demikian sistem ini akan dapat membantu efektifitas dan efisiensi dalam melakukan konversi nilai dan mengintegrasikan nilai blok dengan sistem akaemik SIAMUS. Kata Kunci: PBL, Blok, Prototipe, Konversi, Kedokteran.

Downloads

Published

2024-08-27