Sistem Informasi Manajemen Inventory Barang Gudang Berbasis Website Pada Bariklie Collection

Santi Oktafiani, Nur Hafifah Matondang, Rio Wirawan

Abstract


Semakin berkembangnya teknologi informasi menjadikan beberapa sektor baik itu pendidikan hingga perekonomian memanfaatkan penggunaan sistem informasi untuk meningkatkan kinerja serta efektifitas proses bisnis yang terdapat di dalamnya. Salah satu contoh pemanfaatan sistem informasi pada sektor perekonomian adalah manajemen pengelolaan pada inventory barang yang dapat mempercepat proses perhitungan barang dan pencarian data barang. Seperti yang diketahui bahwa masih terdapat usaha dagang yang belum menerapkan sistem informasi di dalam proses bisnisnya. Bariklie Collection merupakan usaha dagang yang bergerak dibidang penjualan celana anak dengan sistem penjualan grosir kepada reseller. Penerapan sistem informasi terkait proses bisnis Bariklie Collection belum dilakukan dengan baik sehingga masih menggunakan cara manual di dalam pengolahan inventory barang yang mengakibatkan terjadinya kesalahan pencatatan stok barang, tidak akuratnya data stok dan pegawai sering lambat terhadap proses pengadaan barang jika stoknya habis. Maka dari itu, diperlukan suatu sistem informasi yang dapat mengatur persediaan barang, membuat pesanan produksi, mengontrol barang keluar, dan melaporkan data. Sebagai landasannya, penelitian ini memanfaatkan proses pengembangan sistem Prototype, basis data MySQL dan pemrograman PHP. Analisis ini menghasilkan pembuatan sistem inventory yang dapat membantu mempercepat pegawai dalam pendataan stok barang, menjadikan data yang dihasilkan akurat dan mempermudah proses pelaporan data kepada pemilik Bariklie Collection. 

 

Full Text:

PDF

References


Y. Heriyanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car,” J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 64–77, 2018.

E. Y. Anggraeni, Pengantar Sistem Informasi. 2017.

E. Rochaety, Sistem Informasi Manajemen, Ketiga. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

M. Y. Sugiarto, Operations Management. Yogyakarta: Zahir Publishing, 2021.

I. G. D. Putra, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Hasil Belajar Siswa Berbasis Web Menggunakan Metode Prototype Studi Kasus Pasraman AMRTA Jati,” Ilmu Komput. JIK, vol. IV, 2020.

H. Irsyad, “Penerapan Metode Waterfall Pada Aplikasi Perumahan Di Kota Palembang Berbasis Web Mobile (Studi Kasus Pt. Sandaran Sukses Abadi),” J. Tek. Inform. Musirawas, vol. 3, no. 1, p. 9, 2018.

T. S. Waruwu and S. Nasution, “Pengembangan Keamanan Web Login Portal Dosen Menggunakan Unified Modelling Languange (UML),” J. Mahajana Inf., vol. 3, no. 1, pp. 34–40, 2018.

T. Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 1, pp. 126–129, 2018.

T. Hidayat and M. Muttaqin, “Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis,” J. Tek. Inform. UNIS JUTIS, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v7i2.6888

Article Metrics

Abstract view : 605 times
PDF - 356 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: