Penerapan Zachman Framework dalam Merancang Customer Relationship Management pada Bank Central Asia Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v7i2.6308Abstract
Implementasi arsitektur Zachman Framework dalam penyusunan Customer Relationship Management (CRM) dimaksudkan untuk memetakan komposisi organisasi secara keseluruhan dan menggambarkannya sebagai sistem informasi perusahaan yang saling bertautan. Dalam penelitian ini, Zachman Framework digunakan untuk membangun perancangan arsitektur Customer Relationship Management di bank BCA. Tabel Zachman Framework yang digunakan memiliki 3 baris dan 5 kolom, Pada setiap kolom merincikan data, proses, dan jaringan yang mendefinisikan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, tentang informasi apa yang akan ditangani sedangkan pada baris merincikan Deskripsi Ruang Lingkup, Model Bisnis, Model Sistem Informasi, Model Teknologi, dan Deskripsi Terperinci. Hasil yang didapatkan saat merancang CRM adalah perancangan desain sistem, yang dipetakan dengan diagram UML dan perancangan aplikasi CRM berbasis situs web yang memiliki fungsi mengelola data nasabah, menampilkan produk perbankan, membuat forum CSO dengan nasabah, dan menampilan Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) untuk meningkatkan layanan terhadap nasabah bank.References
F. H. K. Emaluta, I. Isnalita, and N. Soewarno, “The Effect of Customer Relationship Management (CRM) To Customers’ Loyalty and Customers’ Satisfaction as Mediator Variables,” J. AKSI (Akuntansi dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 59–63, 2019, doi: 10.32486/aksi.v4i2.352.
E. Kusrini, “Strategi Pemasaran dalam Pencapaian Target Produk Simpanan Pada BRI Syari’ah,” TAWAZUN J. Sharia Econ. Law, vol. 2, no. 1, p. 33, 2019, doi: 10.21043/tawazun.v2i1.5416.
A. Marlina and W. A. Bimo, “Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank,” Inovator, vol. 7, no. 1, p. 14, 2018, doi: 10.32832/inovator.v7i1.1458.
F. Rhodes, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking,” Math. Gaz., vol. 55, no. 393, pp. 298–305, 2019, doi: 10.2307/3615019.
T. Loyalitas, N. Bank, N. Fadhilah, and I. Parepare, “Pengaruh Layanan ATM dan Mobile Banking ( Analisis Ekonomi Islam ),” vol. 2, no. November, 2020.
F. A. . Suryaputra, B. Bandi, and D. Setiawan, “Perkembangan Penelitian Kinerja Perbankan di Indonesia,” J. Akunt. dan Bisnis, vol. 17, no. 2, p. 88, 2017, doi: 10.20961/jab.v17i2.240.
M. O. Pranoto and R. G. Setianegara, “Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran),” Keunis, vol. 8, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.32497/keunis.v8i1.2117.
Hendra, “Peranan Bank Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional,” Ensiklopedia J., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2018.
N. Rismayanti, S. Hariadi, and M. Ariani, “Analisis Minat Menabung Nasabah Di Bank Bca Syariah Cabang Sidoarjo,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 23, no. 2, pp. 75–84, 2019, doi: 10.24123/jeb.v23i2.2014.
Engkur, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah di DKI Jakarta,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 14, no. 01, pp. 23–35, 2018.
I. Moridu et al., “Pengaruh Digital Banking Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan ( Studi Pada PT . Bank Negara Indonesia ( Persero ) Tbk ),” vol. 3, no. 2, pp. 67–73, 2020.
L. A. Pascasarjana, K. Syariah, I. Teknologi, D. Bisnis, and A. Dahlan Jakarta, “Analisis Faktor-faktor yang Berpengagruh Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 03, pp. 1366–1371, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie.
K. N. Sigit and E. Soliha, “Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah,” J. Keuang. dan Perbank., vol. 21, no. 1, pp. 157–168, 2017, doi: 10.26905/jkdp.v21i1.1236.
A. Attas, “Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan,” J. Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 1–5, 2018.
F. A. Fajri, F. Zamzami, and H. O. Siregar, “Enterprise Architecture Modeling of Financial Information Systems Using Zachman Framework,” J. Akunt. dan Bisnis, vol. 20, no. 1, p. 117, 2020, doi: 10.20961/jab.v20i1.522.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.