Penerapan Zachman Framework dalam Merancang Customer Relationship Management pada Bank Central Asia Indonesia

Authors

  • R. Budiraharjo Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Prambudhi Wibowo Pandji Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Boyke Agung Nugraha Institut Teknologi Nasional Bandung https://orcid.org/0000-0002-9458-9156
  • Bahy Tsany Rizqullah4 Institut Teknologi Nasional Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v7i2.6308

Abstract

Implementasi arsitektur Zachman Framework dalam penyusunan Customer Relationship Management (CRM) dimaksudkan untuk memetakan komposisi organisasi secara keseluruhan dan menggambarkannya sebagai sistem informasi perusahaan yang saling bertautan. Dalam penelitian ini, Zachman Framework digunakan untuk membangun perancangan arsitektur Customer Relationship Management di bank BCA. Tabel Zachman Framework yang digunakan memiliki 3 baris dan 5 kolom, Pada setiap kolom merincikan data, proses, dan jaringan yang mendefinisikan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, tentang informasi apa yang akan ditangani sedangkan pada baris merincikan Deskripsi Ruang Lingkup, Model Bisnis, Model Sistem Informasi, Model Teknologi, dan Deskripsi Terperinci. Hasil yang didapatkan saat merancang CRM adalah perancangan desain sistem, yang dipetakan dengan diagram UML dan perancangan aplikasi CRM berbasis situs web yang memiliki fungsi mengelola data nasabah, menampilkan produk perbankan, membuat forum CSO dengan nasabah, dan menampilan Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) untuk meningkatkan layanan terhadap nasabah bank.

References

F. H. K. Emaluta, I. Isnalita, and N. Soewarno, “The Effect of Customer Relationship Management (CRM) To Customers’ Loyalty and Customers’ Satisfaction as Mediator Variables,” J. AKSI (Akuntansi dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 59–63, 2019, doi: 10.32486/aksi.v4i2.352.

E. Kusrini, “Strategi Pemasaran dalam Pencapaian Target Produk Simpanan Pada BRI Syari’ah,” TAWAZUN J. Sharia Econ. Law, vol. 2, no. 1, p. 33, 2019, doi: 10.21043/tawazun.v2i1.5416.

A. Marlina and W. A. Bimo, “Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank,” Inovator, vol. 7, no. 1, p. 14, 2018, doi: 10.32832/inovator.v7i1.1458.

F. Rhodes, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking,” Math. Gaz., vol. 55, no. 393, pp. 298–305, 2019, doi: 10.2307/3615019.

T. Loyalitas, N. Bank, N. Fadhilah, and I. Parepare, “Pengaruh Layanan ATM dan Mobile Banking ( Analisis Ekonomi Islam ),” vol. 2, no. November, 2020.

F. A. . Suryaputra, B. Bandi, and D. Setiawan, “Perkembangan Penelitian Kinerja Perbankan di Indonesia,” J. Akunt. dan Bisnis, vol. 17, no. 2, p. 88, 2017, doi: 10.20961/jab.v17i2.240.

M. O. Pranoto and R. G. Setianegara, “Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran),” Keunis, vol. 8, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.32497/keunis.v8i1.2117.

Hendra, “Peranan Bank Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional,” Ensiklopedia J., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2018.

N. Rismayanti, S. Hariadi, and M. Ariani, “Analisis Minat Menabung Nasabah Di Bank Bca Syariah Cabang Sidoarjo,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 23, no. 2, pp. 75–84, 2019, doi: 10.24123/jeb.v23i2.2014.

Engkur, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah di DKI Jakarta,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 14, no. 01, pp. 23–35, 2018.

I. Moridu et al., “Pengaruh Digital Banking Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan ( Studi Pada PT . Bank Negara Indonesia ( Persero ) Tbk ),” vol. 3, no. 2, pp. 67–73, 2020.

L. A. Pascasarjana, K. Syariah, I. Teknologi, D. Bisnis, and A. Dahlan Jakarta, “Analisis Faktor-faktor yang Berpengagruh Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 03, pp. 1366–1371, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie.

K. N. Sigit and E. Soliha, “Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah,” J. Keuang. dan Perbank., vol. 21, no. 1, pp. 157–168, 2017, doi: 10.26905/jkdp.v21i1.1236.

A. Attas, “Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan,” J. Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 1–5, 2018.

F. A. Fajri, F. Zamzami, and H. O. Siregar, “Enterprise Architecture Modeling of Financial Information Systems Using Zachman Framework,” J. Akunt. dan Bisnis, vol. 20, no. 1, p. 117, 2020, doi: 10.20961/jab.v20i1.522.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

[1]
R. Budiraharjo, P. W. Pandji, B. A. Nugraha, and B. T. Rizqullah4, “Penerapan Zachman Framework dalam Merancang Customer Relationship Management pada Bank Central Asia Indonesia”, Journal of Information System, vol. 7, no. 2, pp. 131–142, Nov. 2022.