Perancangan E-commerce Pada Produk Wingko Babat Pak Moel Berbasis Web

Authors

  • Ramadhan Rakhmat Sani Universitas Dian Nuswantoro
  • Ivan Bayu Fachreza Universitas Dian Nuswantoro
  • Florentina Esti Nilawati Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v3i2.2192

Abstract

Toko Wingko Babat Pak Moel masih menggunakan media penyampaian informasi yang sangat sederhana dan manual, sehingga pemasaran layanan dan produk masih belum dapat maksimal. Toko Wingko Babat Pak Moel membutuhkan sebuah sistem informasi berbasis web, hal ini sangat penting karena dengan adanya sistem tersebut dapat membantu permasalahan yang ada. Pelanggan akan dapat dengan mudah mengakses serta mendapatkan informasi yang dibutuhkan saat kapan saja dan dimana saja. Untuk membuat sebuah sistem informasi penjualan oleh-oleh berbasis web dan untuk memperluas daerah pemasaran, serta menjadi media promosi dan dapat meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam jurnalini menggunakan metode waterfall. Pengembangan perangkat lunak dilakukan mengikuti model proses waterfall. Tahapan waterfall yaitu analisis, perancangan, implementasi/coding, pengujian, dan perawatan. Sistem e-commerce merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan pada Toko Wingko Babat Pak Moel. Disisi pelanggan sistem mempunyai manfaat untuk memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi pemesanan, melihat informasi ketersediaan barang, jumlah biaya yang harus dibayar dan detail pembelian barang yang sudah dipilih dan saran untuk pengembangannya perlu diadakannya sosialisasi kepada pegawai Toko Wingko Babat Pak Moel khususnya pada pegawai yang nantinya akan mengelola sistem. Hasil dari pengujian blackbox menunjukkan seluruh fitur hasil analisis kebutuhan telah terpenuhi dan dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

[1]
R. R. Sani, I. B. Fachreza, and F. E. Nilawati, “Perancangan E-commerce Pada Produk Wingko Babat Pak Moel Berbasis Web”, Journal of Information System, vol. 3, no. 2, pp. 151–160, Jun. 2024.

Most read articles by the same author(s)