Analisis Proses Bisnis Reengineering Untuk Mengukur Kinerja Sistem E-Filing Menggunakan Metode Trade (Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat)

Authors

  • Venita Ayu Sahara Putri Universitas Dian Nuswantoro
  • Acun Kardianawati Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v1i2.1306

Abstract

Pemotongan dan pemungutan wajib pajak dibidang penghasilan dapat dijadikan sumbangan terbesar untuk negara. Maka dari itu Direktorat Jendral Pajak menerapkan suatu proses bisnis baru yang diharapkan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melaporkan surat pemberitahuan perseorangan secara elektronik yang disebut dengan E-Filing. E-Filing adalah sistem pelaporan atau penyampaian pajak yang dilakukan secara online dan realtime. Dengan adanya E-Filing penyampaian dirasa akan lebih mudah tanpa harus melakukan pelaporan dan penghitungan dengan petugas pajak. Namun, E-Filing belum bisa dikatakan efektif dimana sistem informasi yang ada belum mendukung secara optimal, seperti tidak adanya pengsinkronan penghitungan dengan database, tidak terdapatnya pesan lanjutan pada pengarsipan data yang mengakibatkan data terhapus dengan lebih mudah. Untuk mengetahui permasalahan yang ada dilakukakannya analisis proses bisnis reengineering dan pengukuran kinerja sistem menurut TRADE. Untuk menyempurnakan kekurangan sistem dilakukan solusi serta gambaran perbaikan dari solusi tersebut. Proses Bisnis Reengineering dan pengukuran kinerja sistem diharapkan mampu sebagai rekomendasi solusi perbaikan yang masih belum optimal. Alangkah baik lagi apabila pada proses penghitungan dilakukan pengsinkronan dengan bank agar mengetahui pendapatan wajib pajak agar tidak terjadi ketidaksuaian.Kata kunci : Pajak, Pelaporan Pajak, Electronic Filing System (E-Filing), Analisis Proses bisnis reengineering, Pengukuran kinerja sistem

Downloads

Published

2016-10-15

How to Cite

[1]
V. A. S. Putri and A. Kardianawati, “Analisis Proses Bisnis Reengineering Untuk Mengukur Kinerja Sistem E-Filing Menggunakan Metode Trade (Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat)”, Journal of Information System, vol. 1, no. 2, pp. 152–166, Oct. 2016.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.