Penerapan ITIL V3 Untuk Menilai Kematangan Operasional Sistem Informasi Rumah Sakit Pada Domain Service Operation

Authors

  • Regita Cahyani Majid
  • Muhammad Khairul Azhari Ali Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v10i1.12930

Keywords:

ITIL V3, SIMRS, kematangan layanan TI, service operation, evaluasi sistem informasi

Abstract

Dengan memanfaatkan proses layanan domain ITIL V3 Framework, penelitian ini akan mengevaluasi tingkat operasional sistem informasi, termasuk informasi manajemen rumah sakit. Pendekatan yang digunakan telah dijelaskan secara kuantitatif menggunakan metode studi kasus di kedua rumah sakit. Peralatan utama dalam bentuk survei dibuat berdasarkan lima proses utama operasi layanan domain: manajemen insiden, manajemen masalah, pemenuhan persyaratan, manajemen acara, dan manajemen akses. Data yang diterima secara online untuk 32 orang yang disurvei oleh distribusi kuesioner dan dianalisis pada skala Likert dan uji validitas dan keandalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua elemen pernyataan yang digunakan valid dan reliabel. Rerata tingkat kematangan tercatat pada level 3,54, yang menunjukkan proses operasional berada antara tahap Defined dan Managed. Temuan ini mengindikasikan bahwa layanan TI di rumah sakit telah terdokumentasi dengan baik dan sebagian besar telah dikelola secara efektif, namun masih terdapat ruang untuk perbaikan menuju tingkat kematangan yang lebih tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi dasar dalam peningkatan kualitas pengelolaan layanan teknologi informasi di sektor kesehatan.

References

N. A. and E. A. M. Sampetoding, “Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Di Indonesia,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., vol. 01, no. 01, pp. 2–4, 2013.

T. T. Raharjo, F. Wulandari, and A. Kurniadi, “Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pada Instalasi Rekam Medis Rumah Sakit di Kabupaten Demak Menggunakan Model Hot-Fit,” Jurkes.Polije.Ac.Id, vol. 12, no. 1, pp. 7–13, 2024, [Online]. Available: https://jurkes.polije.ac.id/index.php/journal/article/view/493

A. and E. Arribe, “Analisis Maturity Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Domain Service Operation Framework Itil V3,” J. Softw. Eng. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 36–42, 2021, doi: 10.37859/seis.v3i1.4628.

W. G. M. Mutikno, R. D. Susanto, M. A. Firmansyah, and A. S. Rachman, “Examining IT Service Management at Company XYZ through the Lens of ITIL V3 Service Operation Domain,” IJIIS Int. J. Informatics Inf. Syst., vol. 7, no. 2, pp. 55–62, 2024, doi: 10.47738/ijiis.v7i2.199.

A. A. Pratiwi, A. Tanfitra, U. A. Abid, and I. Setiawan, “Evaluasi Tingkat Kematangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan ITIL (Information Technology Infrastructure Library) Versi 3 (Studi Kasus : Rumah Sakit Amanah Sumpiuh),” … Teknol. Inf. dan …, vol. 2, no. 11, pp. 4525–4531, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2976

M. Bahtiar, S. Suprapto, dan A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Tingkat Kematangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan ITIL (Information Technology Infrastructure Library) Versi 3 (Studi Pada : Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 11, pp. 4525–4531, 2018.

J. Y. Kalengkongan, K. D., Tanos, V., & Mambu, “Evaluasi Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V.3 Pada PT. XYZ, sebuah BUMN di Suluttenggo.”

B. Albert, C. Tantono, D. Chainatra, M. S. Halim, and N. Dickson, “Manajemen Layanan Teknologi Informasi pada Domain Service Operation di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia,” JDMIS J. Data Min. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 37–42, 2024, doi: 10.54259/jdmis.v2i1.1613.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

[1]
R. C. Majid and M. K. Azhari Ali, “Penerapan ITIL V3 Untuk Menilai Kematangan Operasional Sistem Informasi Rumah Sakit Pada Domain Service Operation”, Journal of Information System, vol. 10, no. 1, pp. 97–103, Jun. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.