Penerapan ITIL V3 Untuk Menilai Kematangan Operasional Sistem Informasi Rumah Sakit Pada Domain Service Operation
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v10i1.12930Keywords:
ITIL V3, SIMRS, kematangan layanan TI, service operation, evaluasi sistem informasiAbstract
Dengan memanfaatkan proses layanan domain ITIL V3 Framework, penelitian ini akan mengevaluasi tingkat operasional sistem informasi, termasuk informasi manajemen rumah sakit. Pendekatan yang digunakan telah dijelaskan secara kuantitatif menggunakan metode studi kasus di kedua rumah sakit. Peralatan utama dalam bentuk survei dibuat berdasarkan lima proses utama operasi layanan domain: manajemen insiden, manajemen masalah, pemenuhan persyaratan, manajemen acara, dan manajemen akses. Data yang diterima secara online untuk 32 orang yang disurvei oleh distribusi kuesioner dan dianalisis pada skala Likert dan uji validitas dan keandalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua elemen pernyataan yang digunakan valid dan reliabel. Rerata tingkat kematangan tercatat pada level 3,54, yang menunjukkan proses operasional berada antara tahap Defined dan Managed. Temuan ini mengindikasikan bahwa layanan TI di rumah sakit telah terdokumentasi dengan baik dan sebagian besar telah dikelola secara efektif, namun masih terdapat ruang untuk perbaikan menuju tingkat kematangan yang lebih tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi dasar dalam peningkatan kualitas pengelolaan layanan teknologi informasi di sektor kesehatan.References
N. A. and E. A. M. Sampetoding, “Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Di Indonesia,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., vol. 01, no. 01, pp. 2–4, 2013.
T. T. Raharjo, F. Wulandari, and A. Kurniadi, “Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pada Instalasi Rekam Medis Rumah Sakit di Kabupaten Demak Menggunakan Model Hot-Fit,” Jurkes.Polije.Ac.Id, vol. 12, no. 1, pp. 7–13, 2024, [Online]. Available: https://jurkes.polije.ac.id/index.php/journal/article/view/493
A. and E. Arribe, “Analisis Maturity Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Domain Service Operation Framework Itil V3,” J. Softw. Eng. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 36–42, 2021, doi: 10.37859/seis.v3i1.4628.
W. G. M. Mutikno, R. D. Susanto, M. A. Firmansyah, and A. S. Rachman, “Examining IT Service Management at Company XYZ through the Lens of ITIL V3 Service Operation Domain,” IJIIS Int. J. Informatics Inf. Syst., vol. 7, no. 2, pp. 55–62, 2024, doi: 10.47738/ijiis.v7i2.199.
A. A. Pratiwi, A. Tanfitra, U. A. Abid, and I. Setiawan, “Evaluasi Tingkat Kematangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan ITIL (Information Technology Infrastructure Library) Versi 3 (Studi Kasus : Rumah Sakit Amanah Sumpiuh),” … Teknol. Inf. dan …, vol. 2, no. 11, pp. 4525–4531, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2976
M. Bahtiar, S. Suprapto, dan A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Tingkat Kematangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan ITIL (Information Technology Infrastructure Library) Versi 3 (Studi Pada : Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 11, pp. 4525–4531, 2018.
J. Y. Kalengkongan, K. D., Tanos, V., & Mambu, “Evaluasi Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V.3 Pada PT. XYZ, sebuah BUMN di Suluttenggo.”
B. Albert, C. Tantono, D. Chainatra, M. S. Halim, and N. Dickson, “Manajemen Layanan Teknologi Informasi pada Domain Service Operation di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia,” JDMIS J. Data Min. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 37–42, 2024, doi: 10.54259/jdmis.v2i1.1613.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.