PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA RUANG MINUM
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v5i1.9242Abstract
Ruang Minum merupakan salah satu gerai minuman kekinian yang menjual berbagai varian minuman mulai dari Milk Tea, Milkshake, Kopi Susu, Brown Sugar, Taiwan Milktea, Squash, Yakult Series, Milk Base Premium. Akan tetapi, pada 3 tahun terakhir target penjualannya belum terpenuhi, akibat dari covid-19 dan perpindahannya ke lokasi yang baru. Oleh karena itu Ruang Minum memerlukan rancangan media promosi untuk meningkatkan penjualannya khususnya di Pati. Pendekatan perancangan ini menggunakan metode kualitatif, data diperoleh dari wawancara, ovservasi, dan studi pustaka dengan menggunakan metode analisis SWOT serta menggunakan metode perancangan dasar media (pra produksi, produksi, dan pasca produksi). Perancangan ini menghasilkan sebuah video promosi yang memperkenalkan varian baru yang dimiliki Ruang Minum kepada masyarakat dengan media pendukung berupa poster, x-baner, dan feed instagramReferences
Chaeriyantama, F., Mustika, M., & Dupri, M. D. (2021). Pembuatan Video Iklan Sebagai Media Promosi Universitas Muhammadiyah Metro Menggunakan Metodem Dlc. Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI), 2(2), 154–165. https://doi.org/10.24127/jmsi.v2i2.1021
Christ Dewantoro, Y., Duto Hartanto, D., & Christine Yuwono, E. (2018). Perancangan Merchandise Sebagai Media Promosi Budaya Khas Dayak Ngaju Kalimantan Tengah. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 2(13), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/8024
Dewi Widya, A. P., Erisanti, L., Widi Triwulandari, E., Studi Ilmu Komunikasi UPN, P., & Timur, J. (2020). Analisis Unsur Humor Dalam Penyampaian Pesan Pada Iklan Non Komersial Milik Gojek Versi “Tata Cara Berkendara Bersama Gojek.” Jurnal VoxPop, Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur, 2(1), 77–87.
Elisabeth, N., Yulika, F., & Budi Waspada, A. E. (2018). DESAIN KOMUNIKASI VISUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT. 04(02), 188–195.
Irvan, M. (2019). Peran Desainer Grafis Dalam Pembuatan Banner Di Percetakan Assa Grafika Yogyakarta. 3125163595, 2020–2021. http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/49/1/revisi fix.pdf
Kartika, Y., Sulistyawati, D., & Sn, S. (2010). buktipenelitian_10698002_7A310821111511.
KEMENPRIN. (2022). Kemenperin: Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57% di Kuartal III-2022. https://kemenperin.go.id/artikel/23696/Kemenperin:-Industri- Makanan-dan-Minuman-Tumbuh-3,57-di-Kuartal-III-2022
Kusumo, F., & Sulartopo. (2019). Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi Pada Toko Citra Meubel Semarang. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis., 12(1), 33-41.
Lukitaningsih, A. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI
PEMASARAN Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670/576
Manado, D. I. K. (2015). e- journal “Acta Diurna” Volume IV. No.5. Tahun 2015. IV(5). Masrukhi, M. (2017). Iklan Komersial Media Cetak: Tinjauan Teks Dan Konteks. Jurnal
CMES, 9(2), 125. https://doi.org/10.20961/cmes.9.2.15148
Multi, R., Ayu, K., & Febrianti, M. (2021). Perancangan Poster Digital Pada Objek Wisata Untuk Promosi Taman Edelweis Dimasa Pandemi Covid-19. Sandi : Seminar Nasional Desain, 1, 173–179. https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi- dkv/article/view/117
Nisak, Z. (2013). Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Academia, 468–476. Nugrahani, F. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. ??????, 1(1), 305.
Prasinta, S., Sulaiman, A. M., Artikel, R., & Kunci, K. (2020). Eka Di Kota Semarang Info Artikel Abstrak. Jurnal Citrakara, 2(3), 245–257.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
PUTRI, N. R. (2022). Pembuatan Video Iklan Komersial Sebagai Media Promosi Pada Waitinglist Coffe.
Rejeki, L., Skincare, P., & Klinik, D. A. N. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL ONLINE DAN MEDIA PROMOSI OFFLINE TERHADAP PEMILIHAN MEREK. 1–11.
Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran - Agustina Shinta - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5OiZDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5& dq=apa+itu+pemasaran&ots=3crgncbaGY&sig=ZSsoi310x7QVcPznk9rNvR9y7AQ&re dir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Sijabat, M. P., & Darwinsyah, M. (2021). Peran Sutradara dalam Tahapan Pra Produksi Film Pendek †œTheater of Stateâ€. Prosiding Jurnalistik, 250–257. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/27195
Sutarini, I. A. (2019). Pengukuran Efektivitas Penggunaan Media Baliho Pada Pemilihan Umum 2019 Terhadap Generasi Milenial. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 2, 237–241.
Trifosa Veronica, M., Malkan, I., Ilmi, B., Fakultas, ), & Kesehatan, I. (2020). MINUMAN KEKINIAN DI KALANGAN MAHASISWA DEPOK DAN JAKARTA. Indonesian
Journal of Health Development, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.52021/IJHD.V2I2.48
Waters, M. J., Rowlinson, S. W., Clarkson, R. W., Chen, C. M., Lobie, P. E., Norstedt, G., Mertani, H., Morel, G., Brinkworth, R., Wells, C. A., Bastiras, S., Robins, A. R., Muscat,
G. E., & Barnard, R. T. (1994). Signal Transduction by the Growth Hormone Receptor. Proceedings of the Society for Experimental Biology and Medicine, 206(3), 216–220. https://doi.org/10.3181/00379727-206-43745
Widharta, W. P., & Sugiharto, S. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–15. https://www.neliti.com/id/publications/134744/penyusunan-strategi-dan-sistem- penjualan-dalam-rangka-meningkatkan-penjualan-tok
Wowor, J. C. (2013). Pengaruh Iklan Komersial Di Radio Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kelurahan Bahu. Acta Diurna Komunikasi. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/964
Yusron, A. H., & Kusumandyoko, T. C. (2022). Perancangan Media Promosi Batik Abhista Tuban. Seni Rupa, 10(3), 49–62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fakhran Dyka Pratama, Ali Muqoddas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0