PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA RUANG MINUM

Authors

  • Fakhran Dyka Pratama Universitas Dian Nuswantoro
  • Ali Muqoddas Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v5i1.9242

Abstract

Ruang Minum merupakan salah satu gerai minuman kekinian yang menjual berbagai varian minuman mulai dari Milk Tea, Milkshake, Kopi Susu, Brown Sugar, Taiwan Milktea, Squash, Yakult Series, Milk Base Premium. Akan tetapi, pada 3 tahun terakhir target penjualannya belum terpenuhi, akibat dari covid-19 dan perpindahannya ke lokasi yang baru. Oleh karena itu Ruang Minum memerlukan rancangan media promosi untuk meningkatkan penjualannya khususnya di Pati. Pendekatan perancangan ini menggunakan metode kualitatif, data diperoleh dari wawancara, ovservasi, dan studi pustaka dengan menggunakan metode analisis SWOT serta menggunakan metode perancangan dasar media (pra produksi, produksi, dan pasca produksi). Perancangan ini menghasilkan sebuah video promosi yang memperkenalkan varian baru yang dimiliki Ruang Minum kepada masyarakat dengan media pendukung berupa poster, x-baner, dan feed instagram

References

Chaeriyantama, F., Mustika, M., & Dupri, M. D. (2021). Pembuatan Video Iklan Sebagai Media Promosi Universitas Muhammadiyah Metro Menggunakan Metodem Dlc. Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI), 2(2), 154–165. https://doi.org/10.24127/jmsi.v2i2.1021

Christ Dewantoro, Y., Duto Hartanto, D., & Christine Yuwono, E. (2018). Perancangan Merchandise Sebagai Media Promosi Budaya Khas Dayak Ngaju Kalimantan Tengah. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 2(13), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/8024

Dewi Widya, A. P., Erisanti, L., Widi Triwulandari, E., Studi Ilmu Komunikasi UPN, P., & Timur, J. (2020). Analisis Unsur Humor Dalam Penyampaian Pesan Pada Iklan Non Komersial Milik Gojek Versi “Tata Cara Berkendara Bersama Gojek.” Jurnal VoxPop, Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur, 2(1), 77–87.

Elisabeth, N., Yulika, F., & Budi Waspada, A. E. (2018). DESAIN KOMUNIKASI VISUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT. 04(02), 188–195.

Irvan, M. (2019). Peran Desainer Grafis Dalam Pembuatan Banner Di Percetakan Assa Grafika Yogyakarta. 3125163595, 2020–2021. http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/49/1/revisi fix.pdf

Kartika, Y., Sulistyawati, D., & Sn, S. (2010). buktipenelitian_10698002_7A310821111511.

KEMENPRIN. (2022). Kemenperin: Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57% di Kuartal III-2022. https://kemenperin.go.id/artikel/23696/Kemenperin:-Industri- Makanan-dan-Minuman-Tumbuh-3,57-di-Kuartal-III-2022

Kusumo, F., & Sulartopo. (2019). Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi Pada Toko Citra Meubel Semarang. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis., 12(1), 33-41.

Lukitaningsih, A. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI

PEMASARAN Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670/576

Manado, D. I. K. (2015). e- journal “Acta Diurna” Volume IV. No.5. Tahun 2015. IV(5). Masrukhi, M. (2017). Iklan Komersial Media Cetak: Tinjauan Teks Dan Konteks. Jurnal

CMES, 9(2), 125. https://doi.org/10.20961/cmes.9.2.15148

Multi, R., Ayu, K., & Febrianti, M. (2021). Perancangan Poster Digital Pada Objek Wisata Untuk Promosi Taman Edelweis Dimasa Pandemi Covid-19. Sandi : Seminar Nasional Desain, 1, 173–179. https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi- dkv/article/view/117

Nisak, Z. (2013). Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Academia, 468–476. Nugrahani, F. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. ??????, 1(1), 305.

Prasinta, S., Sulaiman, A. M., Artikel, R., & Kunci, K. (2020). Eka Di Kota Semarang Info Artikel Abstrak. Jurnal Citrakara, 2(3), 245–257.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

PUTRI, N. R. (2022). Pembuatan Video Iklan Komersial Sebagai Media Promosi Pada Waitinglist Coffe.

Rejeki, L., Skincare, P., & Klinik, D. A. N. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL ONLINE DAN MEDIA PROMOSI OFFLINE TERHADAP PEMILIHAN MEREK. 1–11.

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran - Agustina Shinta - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5OiZDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5& dq=apa+itu+pemasaran&ots=3crgncbaGY&sig=ZSsoi310x7QVcPznk9rNvR9y7AQ&re dir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Sijabat, M. P., & Darwinsyah, M. (2021). Peran Sutradara dalam Tahapan Pra Produksi Film Pendek †œTheater of Stateâ€. Prosiding Jurnalistik, 250–257. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/27195

Sutarini, I. A. (2019). Pengukuran Efektivitas Penggunaan Media Baliho Pada Pemilihan Umum 2019 Terhadap Generasi Milenial. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 2, 237–241.

Trifosa Veronica, M., Malkan, I., Ilmi, B., Fakultas, ), & Kesehatan, I. (2020). MINUMAN KEKINIAN DI KALANGAN MAHASISWA DEPOK DAN JAKARTA. Indonesian

Journal of Health Development, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.52021/IJHD.V2I2.48

Waters, M. J., Rowlinson, S. W., Clarkson, R. W., Chen, C. M., Lobie, P. E., Norstedt, G., Mertani, H., Morel, G., Brinkworth, R., Wells, C. A., Bastiras, S., Robins, A. R., Muscat,

G. E., & Barnard, R. T. (1994). Signal Transduction by the Growth Hormone Receptor. Proceedings of the Society for Experimental Biology and Medicine, 206(3), 216–220. https://doi.org/10.3181/00379727-206-43745

Widharta, W. P., & Sugiharto, S. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–15. https://www.neliti.com/id/publications/134744/penyusunan-strategi-dan-sistem- penjualan-dalam-rangka-meningkatkan-penjualan-tok

Wowor, J. C. (2013). Pengaruh Iklan Komersial Di Radio Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kelurahan Bahu. Acta Diurna Komunikasi. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/964

Yusron, A. H., & Kusumandyoko, T. C. (2022). Perancangan Media Promosi Batik Abhista Tuban. Seni Rupa, 10(3), 49–62.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Pratama, F. D., & Muqoddas, A. (2023). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA RUANG MINUM. CITRAKARA, 5(1), 127–138. https://doi.org/10.33633/ctr.v5i1.9242

Issue

Section

Articles