PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI “LEGENDA NIAN” DI BALIK SEJARAH TAHUN BARU IMLEK KEPADA ANAK USIA 9-10 TAHUN

Dilla Andini Pratikasari, Puri Sulistiyawati

Abstract


Legenda Nian merupakan salah satu dari banyaknya cerita yang dipercaya oleh masyarakat Tiongkok sebagai lahirnya suatu budaya melalui satu peristiwa yang biasa disebut sebagai Perayaan tahun baru Imlek. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, membuat cerita Legenda Nian ini kurang eksis dan mulai dilupakan. Oleh karena itu, dibutuhkan media cerita bergambar berupa buku ilustrasi yang menjelaskan mengenai Legenda Nian sebagai media pengenalan cerita sejarah kebudayaan Tiongkok. Tujuan dari perancangan buku ilustrasi ini adalah untuk melestarikan Legenda Nian yang merupakan cerita asli dari Tiongkok sekaligus mengajarkan nilai positif yang terkandung didalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif melalui observasi, wawancara, serta studi pustaka kemudian menganalisis data tersebut dengan metode 5W+1H. Rancangan ini menghasilkan media utama berupa buku ilustrasi dan media pendukung berupa set stiker, banner, bolpoin, dan gantungan kunci.

Full Text:

PDF

References


Asmawan, F. (2018). Perancangan Buku Ilustrasi Digital Painting Culinary Experience Of Malang Sebagai Upaya Mendukung Potensi Kuliner Legendaris di Kota Malang.Malang: Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia.

Dengan, J. (2018). Perancangan Buku Ilustrasi “Tarian Wayang Topeng Jatiduwur” Dengan Teknik Digital Painting

Sebagai Upaya untuk Mengenalkan Budaya Jombang. Surabaya : Stikom Surabaya

Puji, Titis (2020). Makna Peruntungan Usaha dalam Simbol di Budaya Imlek bagi Masyarakat Etnis Tionghoa Surabaya. Kudus: Universitas Muria Kudus

Olivia, Chun-I (2020) Ritual Perayaan Imlek Etnis Tionghoa Di Kota Toli-Toli, ?????????????.

Pramesti, S. (2021) Apa Saja Tahap Perkembangan Kognitif Anak Menurut Teori Piaget? Baca selengkapnya di artikel "Apa Saja Tahap Perkembangan Kognitif Anak Menurut Teori Piaget?"

Tambunan. J. (2015). Mitos Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek. In Universitas Sumatera Utara. Jl. Universitas No. 19 Kampus USU Medan-SUMUT.

Candra, A. (2019). Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Makhluk Mitologi Tiongkok.Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Chairunnisak, M., Supadmi, T., & Lindawati. (2017). Makna Simbolik Busana Barongsai Klub Macan Putih di Vihara Dharma Bakti. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik.

Isa, M. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Makhluk-Makhluk Mitologis Nusantara “Tambo Maru”. Bandung: Universitas Telkom Bandung.

Saiffudin, Arif. (2022). Makna Filosofis Barongsai Dalam Agama Konghucu. Purwokerto: UIN Purwokerto Makarim. F. (2021, Oktober 12). Tahap Perkembangan Anak Usia 9-10 Tahun From Tahap Perkembangan Anak

Usia 9-10 Tahun (halodoc.com)

Inasis, G. (2022, February 1). Menilik Legenda Monster Nian, Makhluk Mitologi di Balik Perayaan Imlek.

Kumparan.Com. https://kumparan.com/kumparantravel/menilik-legenda-monster-nian-makhluk-mitologi- di-balik-perayaan-imlek-1xQ6N6loSfy/full




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v5i1.9241

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0