PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK SOSIALISASI PENYELENGGARAAN PEMILU 2024 KEPADA PEMILIH MUDA DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Muhammad Aqsal Affandi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Bernardus Andang P. Adiwibawa Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v5i2.9231

Abstract

Pemilihan umum (Pemilu) adalah proses memilih seseorang untuk mengisi jabatan politik di Indonesia yang dilaksanakan dengan pemungutan suara secara serentak yang dikoordinasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU memiliki tugas yaitu mensosialisasikan penyelenggaraan pemilu kepada masyarakat (Pasal 12 Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017). Angka partisipasi masyarakat pada Pemilu Presiden di Kota Semarang selalu meningkat namun dalam pelaksanaan masih terdapat banyak suara tidak sah yang menunjukkan pengetahuan masyarakat mengenai pemilu masih kurang. Oleh karena itu, perancangan ini dibuat dengan tujuan terciptanya media komunikasi visual untuk pemilu 2024 di Kota Semarang. Metode yang digunakan pada perancangan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu media komunikasi berupa komik strip dengan tema slice of life yang akan dipublikasikan dimedia sosial Instagram berisi sosialisasi mengenai pemilu.

References

Aditya, Dimas Krisna. 2022. Sosialisasi Tindakan Preventif Menghadapi Penularan Covid-19 Bagi Pelajar Sma Menggunakan Media Komik Web Toon. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) 5, pp 246-253. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/651

Arsad, Azyar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Barthes, Roland. 1968. Elements of Semiology. New York : Hill and Wang.

Budiardjo, Miriam. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Godham Eko Putro & Toto Haryadi. 2018. Desain Komunikasi Visual Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) 3(2):94-111.

Jinks, T. (2019). The 5W1H Method. In: Psychological Perspectives on Reality, Consciousness and Paranormal Experience. Palgrave Macmillan, Cham. https://doi.org/10.1007/9783-030-289027_4

Kipphan, Helmut. 2001. Handbook of Print Media: Technologies and Production Methods. Inggris :Spinger.

Landa, Robin. 2013. Graphic Design Solutions. Cengage Learning.

Martin Lester, Paul. 2019. Visual Communication : Image with Messages. Inggris: Thomson Wardsworth.

Mataram, Sayid. 2017. Struktur Visual Komik. Surakarta : UNS Press.

McCloud, Scott. 1993. Understanding Comics: The Invisible Art. Inggris : Paperback.

Morissan. 2005. Hukum tata negara RI era reformasi. Jakarta: Ramdina Prakarsa.

Sahid, Komarudin. 2015. Memahami Sosiologi Politik. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Weber. 1988. Perkembangan Hukum Modern dan Rasional: Sosiologi Hukum Max Weber dalam Hukum dan Perkembangan Sosial, Buku Teks Sosiologi Hukum, Buku I. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Affandi, M. A., & Adiwibawa, B. A. P. (2023). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK SOSIALISASI PENYELENGGARAAN PEMILU 2024 KEPADA PEMILIH MUDA DI KOTA SEMARANG. CITRAKARA, 5(2), 268–281. https://doi.org/10.33633/ctr.v5i2.9231

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.