PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI CRAFTONESIA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Authors

  • Imanul Setya Priatna Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Siti Hadiati Nugraini Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v5i2.9230

Abstract

Craftonesia adalah usaha kerajinan yang memproduksi produk anyaman yang dibuat dari kertas koran bekas khususnya tas, dan aksesoris-aksesoris dari kain perca batik. Berdiri di tahun 2020, dan terletak di daerah Tembalang, Kota Semarang, usaha ini belum memiliki identitas visual yang dapat merepresentasikan ide, nilai, dan konsep dari Craftonesia. Tujuan perancangan ini untuk menciptakan identitas visual berupa logo agar dapatdiingat, dipahami, dan dijadikannya sebagai pembeda usaha lainnya, dan media promosi untuk menyampaikan informasi dan meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan dari observasi, wawancara dan data sekunder studi pustaka. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan analisis metode SWOT. Hasil akhir dari perancangan ini yakni identitas visual melalui GSM dan media promosi Instagram dan dengan sebagai upaya untuk meningkatkan brand awareness.

References

Aaker, D.A. (1992) 'The Value of Brand Equity', Journal of Business Strategy, 13(4), 27-32

Alessandri, S.W. (2009). Visual Identity: Promoting and Protecting the Public Face of an Organization. New York: Routledge

Aslan, A. (2017) 'Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Budaya Pantang Suku Melayu Sambas'. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 16(1), 11-20

Basuki, W. dan Kristien, A. (2021). Desain Grafis Percetakan SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Brewster, D. (1831) Teori Warna Brewster [Online]. Tersedia di: http://edupaint.com/warna/roda-warna/486-read-110617-teori-warnabrewster.html (Diakses: 18 Januari 2022)

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana

Chan, I. (2016) Graphics Standards Manual [Online], Tersedia di: http://www.ivyc.ca/graphicsstandards-manual.html (Diakses: 18 Januari 2022)

Craig, J. dan Scala I. K. (2006). Designing with Type: The Essential Guide to Typography. New York: Watson-Gutpill

Conroy, E. (1921). The symbolism of colour. London: William Rider & Son, Ltd

Effendi, R. (2010). Pendidikan Lingkungan, Sosial, Budaya, dan Teknologi. Bandung: CV. Maulana Media Grafika

Kenton, W. (2021) Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT) Analysis [Online], Tersedia di: https://www.investopedia.com/terms/s/swot.asp (Diakses: 31 Januari 2022)

Kotler, P. dan Armstrong G. (2017). Principles of Marketing. Inggris: Pearson Education Limited

Kotler, Philip dan Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: PT Erlangga

Landa, R. (2010). Graphic Designs Solutions. Massachusetts: Wadsworth

Murphy, J. dan Rowe, M. (1998). How to Design Trademarks and Logos. Ohio: North Light Books

Opara, E. dan Cantwell, J. (2014). Best Practices for Graphic Designers: Color Works.

Massachusetts: Rockport Publishers

Rangkuti, F. (2008). The Power Of Brands. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rustan, S. (2008). Layout dasar dan penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rustan, S. (2013). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sihombing, D. (2001). Tipografi dalam desain grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sinaga, B. (1988) 'Pengetahuan Tentang Anyaman dan Perkembangannya'. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Medan

Sudiana, Dendi. (2001) 'Tipografi: Sebuah Pengantar.' Mediator: Jurnal Komunikasi, 2(2), 325-335.

Velarde, O. (2019) Color Psychology in Marketing: The Ultimate Guide [Online], Artikel Laman, https://visme.co/blog/color-psychology-in-marketing-the-ultimate-guide (Diakses: 16 Januari 2022)

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Priatna, I. S., & Nugraini, S. H. (2023). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI CRAFTONESIA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. CITRAKARA, 5(2), 254–267. https://doi.org/10.33633/ctr.v5i2.9230

Issue

Section

Articles