IDENTITAS BUDAYA INDONESIA DALAM GIM DIGITAL “SPACE FOR THE UNBOUND”

Aprhodite Tanudjaja, Raden Hadapiningrani Kusumohendrarto

Abstract


Game Digital adalah salah satu metode paling populer untuk mendidik dan menyampaikan informasi identitas dengan cara yang lebih menyenangkan dan menarik. “Space for the Unbound” secara tidak langsung mengedukasi pemainnya dalam bentuk gameplay dan penceritaan tentang kehidupan remaja Indonesia yang penuh konflik dan penuh petualangan. penelitian ini akan menggunakan metode observasi kualitatif untuk menganalisis permainan Space for the Unbound. Kemunculan game space for the unbound dapat memberikan edukasi secara tidak langsung berupa pengetahuan tentang identitas, budaya, lingkungan, dan gaya hidup Indonesia di era 90-an yang sangat didukung dengan pixel art sebagai pilihan gaya visual, meningkatkan rasa nostalgia dan familiar bagi para pemain

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v5i1.9085

Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0