Perancangan Visual Branding Liana Bakery sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness

Authors

  • Retno Urip Mulyaningrum Universitas Dian Nuswantoro
  • Puri Sulistiyawati Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v4i2.6839

Abstract

Liana Bakery merupakan usaha bakery rumahan yang sudah lama berdiri, namun belum memiliki identitas brand yang baik dan memberikan ciri khas sebagaimana semestinya, sehingga penggunaan identitasnya masih asal-asalan dan belum konsisten penerapannya. Hal ini  menyebabkan brand awareness Liana Bakery menjadi rendah,  karena itu perlu adanya identitas brand untuk membentuk visual branding Liana Bakery. Penelitian untuk perancangan visual branding ini menggunakan metode kualitatif, analisis SWOT serta brainstorming. Hasil perancangan ini adalah GSM (Graphic Standard Manual) beserta media pendukung lainnya seperti desain packaging, sosial media, Stationary, flyer, banner, kartu nama, baju seragam dan stiker

References

Aditya, D. W. (2020). TA: Perancangan Destination Branding Desa Wisata Jugo Kabupaten Kediri sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Aldo, L. P., Natadjaja, L., & Febriani, R. (2018). Perancangan Visual Branding dan Promosi Che’s Bakery di Samarinda. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 9.

Anam, C. (2019). TA: Perancangan Destination Branding Pantai Klayar sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Anam, M. S., Setyanto, D. W., & Yanuarsari, D. H. (2015). Perancangan Visual Branding Kabupaten Kudus Sebagai Upaya Promosi Kabupaten. Jurnal Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Azalia, M., & Hasyim, N. (2021). PERANCANGAN ULANG VISUAL IDENTITY VNS MAKEUP UNTUK MEMPERKUAT KARAKTER. CITRAKARA, 3(1), 94-111.

Balrajbir, B. (2019). Perancangan Rejuvenating Brand Lauw Bakery (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

Ferdino, D. B. N., & Senoprabowo, A. (2019). PERANCANGAN VISUAL BRANDING LEKER 88 DI SEMARANG VISUAL BRANDING DESIGN OF LEKER 88 IN SEMARANG. CITRAKARA, 1(02), 208-218.

Nusawanti, T. A. (2009). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Roti Pada Bagas Bakery, Kabupaten Kendal.

Rosyida, K. (2015). TA: Perancangan Branding LAXMI Cake and Bakery sebagai Upaya Peningkatan Brand Loyalty (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Tanuatmadja, Y., & Raditya, A. (2014). Perancangan Branding” Marilyn’s Cake” Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 12.

Wiranto, A. (2020). PERANCANGAN BRANDING UKM D CAKE & BAKERY (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Dlomah, M. (2020). ANALISIS KONSEP BRAND IDENTITY BATIK PONORAGAN SEBAGAI SALAH SATU IDENTITAS KABUPATEN PONOROGO (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Website dan Internet

Ahmad Islamy Jamil. (2015).Pengaruh Kolonialisme dalam Tradisi Roti dan Kue di Indonesia, Artikel laman, https://www.republika.co.id/berita/nvv83p284/pengaruh-kolonialisme-dalam-tradisi-roti-dan-kue-di-indonesia (Diunduh : April 2021)

Maulana Adieb. (2021). Mengekspresikan Warna dari Desain kepada Pelanggan melalui Teori Warna, Artikel laman, https://glints.com/id/lowongan/teori-warna/#.YPJZBBmyQ0M (Diunduh : Mei 2021)

DEDDY AWARD W.L, M.Pd .PENGANTAR DESAIN GRAFIS, Artikel laman, https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/KOMBINASI_UNSURPRINSIP_DESAIN.pdf (Diunduh : April 2022)

DR Puspitasari • (2019) BAB II LANDASAN TEORI, Artikel laman, https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/16402/05.2%20bab%202.pdf?sequence=6&isAllowed=y (Diunduh : april 2021)

Kelvin layzuardy. (2020). Ini Jenis Huruf Yang Menarik Untuk Konsumen Bisa Kamu Coba, Artikel laman, https://blog.docoblast.com/2020/02/04/ini-jenis-huruf-yang-menarik-untuk-konsumen-bisa-kamu-coba/ (Diunduh :Juni 2021)

DEDDY AWARD W.L, M.Pd. Dimensi Warna, Artikel laman, http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/p.09_dimensi_warna_munsell_dan_brewster.pdf (Diunduh :Juli 2021)

Buku

Surianto Rustan, S.Sn. (2009). Mendesain Logo. PT Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Mulyaningrum, R. U., & Sulistiyawati, P. (2022). Perancangan Visual Branding Liana Bakery sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. CITRAKARA, 4(2), 257–268. https://doi.org/10.33633/ctr.v4i2.6839

Issue

Section

Articles