Perancangan Media Promosi E-Commerce Kalcare melalui Desain Grafis
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v4i2.6834Abstract
Perkembangan digital serta permintaan kebutuhan produk kesehatan dan anak yang melonjak selama pandemi 2019, membuat KALCare melakukan rebranding Kalbestore.com menjadi e-commerce KALCare.com dengan model omni-channel terintegrasi. Tujuan dari perancangan media promosi e-commerce KALCare yaitu untuk mempersuasi minat beli konsumen terhadap produk Kalbe Group. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, observasi dan studi pustaka, dan analisis data SWOT. Hasil dari perancangan media promosi dibatasi hanya untuk desain grafis pada sosial media Instagram dan banner website sebagai media utama, serta media pendukung seperti e-poster, voucher, totebag, pin dan stikerReferences
A. E. Mahmoud, P. K. (2010). “Uses and Gratifications of Commercial Websites in Egypt: Towards a New Mode,”. Journal of Arab & Muslim Media Research, Vol.3, No.1.
Alwendi. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, 319.
Bagas Ilham Lucyantoro, M. R. (2017). Penerapan Strategi Digital Marketing . Digital Marketing.
Frazer, M. (2017). OMNICHANNEL RETAILING. Global Conference on Business and Finance Proceedings, Vol.9, No.1.
Irawan, B. s. (2018). Menejemen Pemasaran Modern. Liberty Offset, hlm.5.
Iswandi, H. (2018). Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan. Jurnal Seni Desain dan Budaya, Vol.3, No 3.
KALCare. (2019). KALCare Hadir Kembali dengan Wajah Baru dan Memperkenalkan Layanan Omni Channel. Diambil kembali dari KALCare: https://www.kalbe.co.id/id/produk-dan-jasa/kalcare
Lubis, A. N. (2019). Strategi Pemasaran dalam Dunia Bisnis. Manajemen Bisnis.
Naoyan, A. (2021, Juni 18). Apa itu Ecommerce? Diambil kembali dari Niaghoster Blog: https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-ecommerce/
Nielsen. (2015). Belanja Iklan Naik 6% di Kuartal Kedua 2015. Diambil kembali dari Nielsen.com: https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2015/Belanja-Iklan-Naik-6-persen-di-Kuartal-Kedua-2015/
Putri, R. L. (2021, November 09). Persaingan Marketplace Kian Memanas. Diambil kembali dari iNews: https://www.inews.id/finance/bisnis/persaingan-marketplace-kian-memanas-ini-juara-e-commerce-2021-di-indonesia
Rudi. (2021, Februari 27). Sejarah Transaksi atau Jual Beli Sebelum Era Digital. Diambil kembali dari SCRIBD: https://www.scribd.com/document/496202325/Sejarah-transaksi-atau-Jual-Beli-sebelum-era-digital
Stafford, T. F. (2021). Motivations Related Csotumer Use of Online Services. Arling-ton: University of Texas Arlington.
Syifah, L. (2017). Landasan Teori Marketing. Manajemen Bisnis.
Tankard, W. J. (2005). Teori Komunikasi : Sejarah, Metode, dan Terapan didalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Thomas Harefa, N. S. (2021, Agustus 23). Siapa Juara Marketplace di Indonesia? Diambil kembali dari Investor.id: https://investor.id/market-and-corporate/260562/siapa-juara-marketplace-di-indonesia
Wardianto, G. K. (2021, September 11). Pengertian E-commerce dan Bedanya dengan Marketplace. Diambil kembali dari Kompas: https://money.kompas.com/read/2021/09/11/191943626/pengertian-e-commerce-dan-bedanya-dengan-marketplace?page=all
Witabora, J. (2017). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Humaniora, Vol.3, No.2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riza Shafira, Dimas Irawan Ihya’ Ulumuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0