Perancangan Media Promosi E-Commerce Kalcare melalui Desain Grafis

Riza Shafira, Dimas Irawan Ihya’ Ulumuddin

Abstract


Perkembangan digital serta permintaan kebutuhan produk kesehatan dan anak yang melonjak selama pandemi 2019, membuat KALCare melakukan rebranding Kalbestore.com menjadi e-commerce KALCare.com dengan model omni-channel terintegrasi. Tujuan dari perancangan media promosi e-commerce KALCare yaitu untuk mempersuasi minat beli konsumen terhadap produk Kalbe Group. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, observasi dan studi pustaka, dan analisis data SWOT. Hasil dari perancangan media promosi dibatasi hanya untuk desain grafis pada sosial media Instagram dan banner website sebagai media utama, serta media pendukung seperti e-poster, voucher, totebag, pin dan stiker

Full Text:

PDF

References


A. E. Mahmoud, P. K. (2010). “Uses and Gratifications of Commercial Websites in Egypt: Towards a New Mode,”. Journal of Arab & Muslim Media Research, Vol.3, No.1.

Alwendi. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, 319.

Bagas Ilham Lucyantoro, M. R. (2017). Penerapan Strategi Digital Marketing . Digital Marketing.

Frazer, M. (2017). OMNICHANNEL RETAILING. Global Conference on Business and Finance Proceedings, Vol.9, No.1.

Irawan, B. s. (2018). Menejemen Pemasaran Modern. Liberty Offset, hlm.5.

Iswandi, H. (2018). Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan. Jurnal Seni Desain dan Budaya, Vol.3, No 3.

KALCare. (2019). KALCare Hadir Kembali dengan Wajah Baru dan Memperkenalkan Layanan Omni Channel. Diambil kembali dari KALCare: https://www.kalbe.co.id/id/produk-dan-jasa/kalcare

Lubis, A. N. (2019). Strategi Pemasaran dalam Dunia Bisnis. Manajemen Bisnis.

Naoyan, A. (2021, Juni 18). Apa itu Ecommerce? Diambil kembali dari Niaghoster Blog: https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-ecommerce/

Nielsen. (2015). Belanja Iklan Naik 6% di Kuartal Kedua 2015. Diambil kembali dari Nielsen.com: https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2015/Belanja-Iklan-Naik-6-persen-di-Kuartal-Kedua-2015/

Putri, R. L. (2021, November 09). Persaingan Marketplace Kian Memanas. Diambil kembali dari iNews: https://www.inews.id/finance/bisnis/persaingan-marketplace-kian-memanas-ini-juara-e-commerce-2021-di-indonesia

Rudi. (2021, Februari 27). Sejarah Transaksi atau Jual Beli Sebelum Era Digital. Diambil kembali dari SCRIBD: https://www.scribd.com/document/496202325/Sejarah-transaksi-atau-Jual-Beli-sebelum-era-digital

Stafford, T. F. (2021). Motivations Related Csotumer Use of Online Services. Arling-ton: University of Texas Arlington.

Syifah, L. (2017). Landasan Teori Marketing. Manajemen Bisnis.

Tankard, W. J. (2005). Teori Komunikasi : Sejarah, Metode, dan Terapan didalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thomas Harefa, N. S. (2021, Agustus 23). Siapa Juara Marketplace di Indonesia? Diambil kembali dari Investor.id: https://investor.id/market-and-corporate/260562/siapa-juara-marketplace-di-indonesia

Wardianto, G. K. (2021, September 11). Pengertian E-commerce dan Bedanya dengan Marketplace. Diambil kembali dari Kompas: https://money.kompas.com/read/2021/09/11/191943626/pengertian-e-commerce-dan-bedanya-dengan-marketplace?page=all

Witabora, J. (2017). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Humaniora, Vol.3, No.2




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v4i2.6834

Article Metrics

Abstract view : 309 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0