Perancangan Ulang Identitas Visual Toko Baja Ringan RMB Gajah Semarang

Authors

  • Rudy Setyo Wibowo Universitas Dian Nuswantoro
  • Siti Hadiati Nugraini Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v4i2.6833

Abstract

Raja Muda Baja (RMB) merupakan perusahaan bahan bangunan baja di Semarang yang berjualan secara offline maupun online (dengan skala kecil). Raja Muda Baja (RMB) didirikan oleh Lucia Lilyana Hendarto pada 28 November 2017, alamat kantor di Jalan Gajah Raya No. 168 Semarang. Kekurangan dari Raja Muda Baja adalah identitas visual lamanya yang hanya menggambarkan nama perusahaan tanpa identitas di Kekurangan dari Raja Muda Baja adalah identitas visual lamanya yang hanya menggambarkan nama perusahaan tanpa identitas di dalamnya sehingga tidak merepresentasikan visi yang baru saja dibangun. Karena itu, RMB memerlukan perancangan ulang identitas visual yang mampu mencerminkan visi-misi dari perusahaan. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif, melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan menggunakan analisis Semiotika Charles Sanders Peirce, brainstorming dan segmentasi pasar. Perancangan identitas perusahaan ini menghasilkan Graphic Standart Manual (GSM) sebagai pedoman dan aturan dalam penggunaan logo, dan media pendukung yang diciptakan sebagai aplikasi desain dalam berbagai media.

References

Fatimah Zahra. (2018). Meningkatkan Kesadaran Pengendara Kendaraan Saat Melintasi Perlintasan Kereta Api Melalui Iklan Layanan Masyarakat. Semarang ;Universitas Dian Nuswantoro.

Gie. (2020). Brand Image: Pengertian, Tips Meningkatkan, dan Fungsinya Bagi Bisnis. Jakarta ;Accurate PT Cipta Piranti Sejahtera.

Ibnu ismail. (2020). Pengertian Logo: Jenis, Fungsi dan Kriteria Logo yang Efektif. Jakarta ;Accurate PT Cipta Piranti Sejahtera.

Martarina Hapsari Djaja. (2012). Tugas Akhir. Surakarta ;Universitas Sebelas Maret.

Retno Dwi Setia Astuti. (2018). Perancangan Ulang Corporate Identity Rumah Batik “Anto Djamil” Di Sokaraja dengan Pendekatan Motif Lumbon. Surakarta ;ISI Surakarta

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta

Surianto Rustan,S.Sn. (2009). Mendesain Logo. Jakarta ; Gramedia Pustaka Utama

Tami. (2018). Pentingnya Identitas Visual Bagi Sebuah Brand. Jakarta ;toffeedev

Wulan Suciningtyas. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Brebes ;Management Analysis Journal

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Wibowo, R. S., & Nugraini, S. H. (2022). Perancangan Ulang Identitas Visual Toko Baja Ringan RMB Gajah Semarang. CITRAKARA, 4(2), 169–179. https://doi.org/10.33633/ctr.v4i2.6833

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.