Redesain User interface Gamifikasi Poin dan Badge Aplikasi Campaign ForChange Berdasarkan Sudut Pandang Supporter
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v4i1.6579Abstract
Campaign ForChange merupakan salah satu aplikasi untuk berdonasi tanpa harus mengeluarkan dana melainkan dengan mengikuti aksi dan Challenge. Meskipun memiliki konsep yang menarik, pihak Campaign.com mengaku masih sering menghadapi kesulitan dalam mengajak pengguna (Supporter) menyelesaikan Challenge. Oleh karena itu, perancangan ini memiliki tujuan untuk merancang ulang user interface gamifikasi poin dan badge yang efektif diterapkan pada aplikasi Campaign ForChange yang dapat digunakan untuk meningkatkan penyelesaian Challenge dari segi Supporter. Perancangan ulang ini menggunakan metode perancangan design thinking mulai dari tahap emphatize sampai dengan tahap testing hingga diperoleh user interface yang sesuai. Media utama dalam perancangan ini adalah user interface untuk aplikasi smartphone sedangkan media pendukung yang digunakan adalah billboard, poster, dan pengenalan video dari user interface baru dengan prototype. Setelah dilakukan testing terhadap user interface yang telah dibuat, Supporter merasa adanya sistem XP dan badge tersebut dapat membantu meningkatkan motivasi mereka dalam menyelesaikan Challenge yang ada.Downloads
Published
2022-04-28
How to Cite
Adhiputri, G. V., & Nugraini, S. H. (2022). Redesain User interface Gamifikasi Poin dan Badge Aplikasi Campaign ForChange Berdasarkan Sudut Pandang Supporter. CITRAKARA, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.33633/ctr.v4i1.6579
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Grace Victoria Adhiputri, Siti Hadiati Nugraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0