STRATEGI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI COFFEE SHOP “LUANG WAKTU COFFEE” KOTA TEGAL

Authors

  • Irfan Nadhif Putra Universitas Dian Nuswantoro
  • Siti Hadiati Nugraini Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Luang Waktu Coffee Tegal merupakan sebuah kedai kopi yang menjual berbagai macam produk minuman kopi, dan menyediakan makanan ringan maupun berat. Namun dengan semakin banyaknya coffee shop baru, media promosi yang kurang efektif membuat target pemasaran menurun relatif cukup besar dari tahun 2020 sampai 2023. Oleh karena itu Luang Waktu Coffee Tegal memerlukan perancangan media promosi yang efektif dan kreatif untuk meningkatkan omset. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Metode analisis SWOT digunakan dalam penelitian ini, serta menggunakan metode perancangan pemikiran desain. Hasil akhir perancangan adalah feed Instagram sebagai media utama dan media pendukung berupa story Instagram Ads , story Instagram , poster, X-Banner , pamflet, stiker, dan gantungan kunci, sehingga dapat menarik konsumen dengan jangkauan yang lebih luas serta dapat meningkatkan omset penjualan Luang Waktu Coffee Tegal.

References

Andriyanti, M. (2011). Perancangan Media Promosi Green Books Café Melalui Desain Komunikasi Visual.

Ardhi, Yudha. (2013). Merancang Media Promosi Unik dan Menarik.Yogyakarta: Taka Publisher.Bungin, M. Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Penada Media Group.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif (Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya). Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Djaslim Saladin., Yevis Marty Oesman, (2002:123). Pengaruh Promosi BMT Sinar Laut Gempolsewu Terhadap Minat Menabung Siswa di MI Muhammadiyah 01 Rowosari Kabupaten Kendal. Semarang. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2668/

Ginty. (1991). Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta: Arte Intermedia. Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhallindo. Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Landa, Robin. (2011). Graphic Design Solutions. Robert Busch School Of Design, Kean University.

Maimunah, M., Sunarya, L., & Larasati, N. (2012). Media Company Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(3), 281-301.

Natalia, P., & Mulyana, M. (2014). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 119-128.

Olivia, (2013). Daya Ingat Kafein. Tarumanagara Medical Jurnal. Jakarta: Universitas Tarumanagara. https://doi.org/10.24912/tmj.v1i1.2511

Rangkuti, Freddy. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Schoell. (2007). Periklanan Promosi. Jakarta: Penerbit Erlangga. Tjiptono, Fandi. 2000. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2025-12-09

How to Cite

Putra, I. N., & Nugraini, S. H. (2025). STRATEGI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI COFFEE SHOP “LUANG WAKTU COFFEE” KOTA TEGAL . CITRAKARA, 7(4), 425–441. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/citrakara/article/view/15270

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.