PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BOARDGAME MENGENAL 25 RASUL DALAM ISLAM

Authors

  • Muhammad Fikri Hanif
  • Annas Marzuki Sulaiman

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v3i2.5914

Abstract

Kisah 25 Rasul dalam Islam merupakan cerita perjuangan rasul-rasul Allah dalam memperjuangkan agama Islam pada masa lampau, meskipun begitu sampai saat ini masih banyak anak-anak yang tidak mengetahui dan mendapat edukasi kisahnya. Melalui perancangan ini, anak-anak akan diajak belajar untuk mengenali kisah 25 rasul dengan cara yang lebih asyik dan menarik melalui sebuah boardgame. Untuk itu maka diperlukan gameplay dan ilustrasi yang menarik sehingga anak-anak lebih mudah memahami informasi yang disampaikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui studi pustaka dan juga wawancara, data yang dihasilkan kemudian dianalisis dengan metode 5W+1H sebagai landasan dalam perancangan boardgame mengenal 25 rasul dalam islam. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa perancangan komunikasi visual boardgame mengenal 25 rasul dalam islam dapat digunakan sebagai opsi komunikasi yang atraktif dan asyik sehingga anak-anak tertarik untuk mengenal dan mempelajari kisah 25 rasul.

References

Adams, Ernest dan Andrew Rollings. 2007. Fundamentals of Game Design. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Affifudin dan Beni Ahmad Saebani (2009) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia, hlm. 57

Agustina, C. (2015). Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 1(1), 1-8.

Anggraini, Dian V(2018)Faktor Penyebab Stres Akademik Pada Siswa (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Bentara Wacan Muntilan).Universitas Sanata Dharma

Cegah Penyebaran Corona, Pendidikan Islam Diminta Ikuti Kebijakan Pemda< https://sulteng.kemenag.go.id/berita/detail/cegah-penyebaran-corona-pendidikan-islam-diminta-ikuti-kebijakan-pemda>

Daulay, H. H. P. (2018). Sejarah Pertumbuhan & Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.

Dengen, N., & Hatta, H. R. (2009). Perancangan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 4(1), 47-54.

E. Purwaningsih (2006). “Permainan Tradisional Anak: Salah Satu Khasanah Budaya yang perlu dilestarikan,” Sej. dan Budaya Jawa, vol. 1, p. 40

Fardianto, Faris. (2019). Kecanduan Main Game, Puluhan Anak Terapi Mental di RS Jiwa Semarang, Artikel Laman, https://easyreader.or-g/articl/page/idntim-es/news/indonesia/fariz-fardianto/kecanduan-game-puluhan-anak-jalani-terapi-psikis-di-rsj-semarang-nasional# (Diunduh : 4 Juni 2020)

Gaspersz, V. (2002) Total Quality Management. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Hanafri, M. I., Budiman, A., & Akbar, N. A. (2015). Game Edukasi Tebak Gambar Bahasa Jawa Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global, 5(2).

https://bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_2sd/siswa/Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Islam_dan_Budi_Pekerti_Siswa_2017.pdf

Ilma, N. (2015). Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa.

Jogiyanto Hartono, MBA.Ph.D, Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi. 2005

Kusniyati, H., & Sitanggang, N. S. P. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Jurnal teknik informatika, 9(1).

Langeveld, M.J (1971), Pedagogiek Teoritis/sistematis. Jakarta : FIK IKIP Jakarta

Laura A. King. Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif, (Terj Deresi Opi Perdana Yanti), Cet. 1, Jakarta: Selemba Humanika

Ligagame. Berapa Jumlah Pemain Game Online di Indonesia? Ini Datanya. 9 Februari 2015. http://ligagame.com/index.php/home/1/5228-berapa-jumlah-pemain-game-online-di-indonesia-ini-datanya

Limantara, D., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2015). Perancangan board game untuk menumbuhkan nilai-nilai moral pada remaja. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 9.

MA, Muhaimin (2003) Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Pertama, Februari 2003

Matt Jarvis, Teori-Teori Psikologi, Cet. X, Bandung: Nusa Media, 2011

Mengapa anak tak suka belajar >https://id.theasianparent.com/mengapa-anak-tak-suka-belajar hlm. 1

Nareza, Meva. (2019). Ini Kemungkinan Penyebab Anak Mudah Lupa, Artikel Laman, https://www.alodokter.com/ini-kemungkinan-penyebab-anak-mudah-lupa (Diunduh : 20 November 2020)

Noor, A. (2016). Aplikasi Kisah 25 Nabi Dan Rasul Berbasis Android. Jurnal Sains dan Informatika, 2(2).

Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Nugroho, F. E. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(2), 717-724.

PAI, A. P. P. A. I. (1997). Pendidikan agama islam. Jurnal, diakses pada, 18(10), 2018.

Raharjo, Dawam (2002) Ensiklopedi Al-Qur’an. Jakarta: Paramadina

Ratna Wilis Dahar, Theories Belajar dan Pembelajaran, Cet. V,Jakarta: Erlangga, 2011,

Ratnasari, D. (2011). Sejarah Nabi-Nabi dalam al-Qur’an. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(1), 93-106.

Rifai, A. S. (2017). Pembaharuan Pendidikan Pesantren Dalam Menghadapi Tantangan dan Hambatan di Masa Modern. INSPIRASI: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 21-38.

Sanaky, H. A., & Rahman, F. (2009). Pembaharuan Pendidikan Islam.

Septarina, A. K., & Hadi, H. (2017). PERANCANGAN BOARD GAME EDUKASI PENDIDIKAN MORAL DENGAN MENGGUNAKAN TOKOH CERITA RAKYAT NUSANTARA

Widiastuti, N. I. (2012). Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. KOMPUTA: Jurnal Komputer dan Informatika, 1(2).

Downloads

Published

2021-09-28

How to Cite

Hanif, M. F., & Sulaiman, A. M. (2021). PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BOARDGAME MENGENAL 25 RASUL DALAM ISLAM. CITRAKARA, 3(2), 179–193. https://doi.org/10.33633/ctr.v3i2.5914