PERANCANGAN VIDEO DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA OGOS INDONESIA

Authors

  • Moch Naufal Muzakki
  • Erisa Adyati Rahmasari

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v3i2.5911

Abstract

PT Ogos Indonesia Gemilang adalah sebuah perusahaan pakaian yang menggunakan media sosial sebagai media komunikasi visualnya. Konten media sosial dari perusahaan tersebut dinilai kurang efektif dalam membangun interaksi terhadap audiens serta adanya penurunan penjualan. Oleh karena itu, pengoptimalan media sosial diperlukan untuk mengkomunikasikan produk Ogos Indonesia dengan baik kepada audiens. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif dan analisis SWOT sebagai pengolahan data serta pemecahan masalahnya. Media dan konsep yang dihasilkan dari perancangan ini berupa video digital yang dipublikasikan melalui media sosial iklan Facebook, Instagram dan Youtube. Pemilihan media berupa digital video dan beberapa media pendukung diharapkan mampu efektif dalam membangun interaksi terhadap audiens serta peningkatan penjualan.

References

Gelael, G. R. (2018). Perancangan Digital Video Yuzu Lemon sebagai Media Promosi Produk Mizone (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Santoso, A. P. (2017). Pengaruh konten post instagram terhadap online engagement: Studi kasus pada lima merek pakaian wanita (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Setiantono, H.A B. (2015). “Perancangan dan Penciptaan Film Pendek “Liebestod”. Tugas Akhir. Karya Seni. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugroho, F. (2007). Cara Pinter Bikin Film Dokumenter. Yogyakarta: Galang Press. Nugrahanto, A. (2010). “Perancangan Media Promosi dan Pembuatan Film Pendek “Titik

Balik”. Tugas Akhir. Karya Seni. Surakarta: Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.

Kusumo, F., & Sulartopo, S. (2019). Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi Pada Toko Citra Meubel Semarang. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 12(1), 33-41.

Atikasari, C. D. (2015). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI VISUAL KUE KERING “DUA BINTANG” UNGARAN DENGAN PENERAPAN KONSEP BAURAN MEDIA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Kurniawan, H., & Wahyurini, O. D. (2017). Perancangan Video Promosi Pasar Seni Tradisional Kumbasari Sebagai Pusat Busana Khas Bali Di Denpasar. Jurnal Sains dan Seni ITS, 5(2).

Anam, Syaiful. 2018. Perancangan Video Promosi Milkindo Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awarness. Fakultas Teknologi dan Informatika Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya.

Haryanto, T., & Nugroho, S. (2015). Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi Perusahaan Pada PT. Propan Raya ICC Semarang. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 8(1). Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media

Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Oktavinatoro, C. (2020). PERAN KONTEN KREATOR DALAM PERANCANGAN VIDEO INSTAGRAM LIQUID GROUP YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI (STIKOM)).

Angelina, M. S., & Triputra, P. (2016). Analisis Semiotik Fashion Ines Ariani Sebagai Bentuk Presentasi Diri. Jurnal Komunikasi, 7(2), 165-179.

Goenawan, J. C., Suwasono, A. A., & Salamoon, D. K. (2013). Perancangan Video Promosi Pulau Bawean Beserta Media Pendukungnya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 9.

Downloads

Published

2021-09-28

How to Cite

Muzakki, M. N., & Rahmasari, E. A. (2021). PERANCANGAN VIDEO DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA OGOS INDONESIA. CITRAKARA, 3(2), 128–141. https://doi.org/10.33633/ctr.v3i2.5911