PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK PARIWISATA DI KOTA JEPARA
Abstract
Kota Jepara memiliki potensi wisata alam, pantai, dan budaya yang belum sepenuhnya dikenal luas. Penelitian ini merancang media promosi berupa poster untuk meningkatkan daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Metode meliputi studi literatur, observasi objek wisata, dan perancangan desain poster dengan konten visual menarik dan sesuai budaya Jepara. Hasil menunjukkan bahwa poster dengan warna, ilustrasi, dan informasi yang jelas mampu meningkatkan minat wisatawan, memperkuat citra destinasi, serta efektif sebagai media promosi praktis dan mudah didistribusikan. Temuan ini merekomendasikan poster sebagai media utama dalam strategi pemasaran pariwisata Jepara.References
Adhianti, A. A., & Herlinda, H. (2020). Strategi komunikasi pemasaran 7P pengelola Museum Sejarah Jakarta dalam upaya meningkatkan daya tarik wisatawan mancanegara. Scriptura, 10(1), 34-42.
Adelia, T., Andre, A., & Manuel, J. E. (2023). Implementasi Multimedia Software Engineering Methodology Pada Pembuatan Perangkat Promosi Wisata. Keluwih: Jurnal Sains dan Teknologi, 4(1), 1-12.
Adiputra, K. R. (2023). Perancangan Video Promosi Wisata Kabupaten Kendal Berkonsep Sinematik Yang Infografis Dan Atraktif (Doctoral dissertation).
Bahiyah, C., Riyanto, W. H., & Sudarti, S. (2018). Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata di Pantai Duta Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 2(1), 95-103.
Cahyani, N., Safitri, M., & Mahmud, M. (2024). Pengaruh Media Sosial, Citra Destinasi, Dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Pantai Bandengan Jepara. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 132-141.
Heryati, Y. (2019). Potensi pengembangan obyek wisata pantai tapandullu di kabupaten mamuju. GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 56-74.
Iqbal Mustafa. (2019). Perancangan Aplikasi Android Sebagai Media Promosi Pariwisata Alam Karimunjawa Kabupaten Jepara (Doctoral dissertation, ISI Surakarta).
Kamal, N. S., Herawati, R., & Soemarmi, A. (2016). Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jepara. Diponegoro Law Journal, 5(2), 1-12.
Kurniyati, Z., Astuti, P., & Widayati, W. (2013). Strategi Pengembangan Wisata Pantai Kartini Di Kabupaten Jepara. Journal of Politic and Government Studies, 2(3), 467-475.
Muhamad, R. (2023). Perancangan Interior Wisata Edukasi Flora Langka Indonesia Di Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Nugraha, A. R. (2023). Perancangan Interior Eduwisata Batik Jawa Barat Di Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Nurfitri, R., Khomaini, N., & Yahya, S. (2024). Perancangan Motion Graphic Pencegahan Kekerasan Gender Pada Sosial Media. Jurnal Edukasi dan Multimedia, 2(3), 12-19.
Peringatan, A. I., & Windiani, R. (2013). Strategi Pemasaran Pariwisata Kabupaten Jepara. Journal of Politic and Government Studies, 2(4), 116-125.
Putra, V. C. C., & Purworini, D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Dalam Mempromosikan Karimunjawa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Putri, R., Widyassalfa, W. D., Rahman, R. A., Pratiwi, R., & Irhami, M. R. (2024). Strategi Pengembangan Ekowisata Bahari Berbasis Pengelolaan Sumber Daya Manusia: Studi Kasus di Kawasan Pantai Benteng Portugis, Kabupaten Jepara. Aliansi: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 19(2), 140-148.
Purnawati, L. (2021). Pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan pengembangan wisata di Pantai Gemah. Publiciana, 14(02), 293-206.
Sama, H., Zulkarnain, Z., & Putra, F. A. (2022). Design and Development of Documentary Video in Batam as Dark Tourism Promotion Media. Journal of Informatics and Telecommunication Engineering, 6(1), 1-9.
Syahputra, B. (2022). Pengembangan Videografi Makanan di Pasar Malam Taiwan Berbasis Research and Development. Journal of Information System and Technology (JOINT), 3(3), 312-319.
Suharijadi, D., Fausiyah, D., & Astuti, S. Y. (2023). The Effectiveness Of Tourism Vlog Competition On Visits To Cocoa Ecotourism Destinations. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 14(2), 123-135.
Sulistiarini, E. B., Prihandini, R., Alfian, R., Shofiah, W., & Laili, H. (2024). Strategi Pembentukan Eduwisata Pertanian Ramah Lingkungan melalui Focus Group Discussion (FGD). Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 526-533.
Selina, A. N., Suprapto, D., & Purwanti, F. (2021). Hubungan Karakter Pengunjung Dan Pengembangan Wisata Pantai Timang, Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pasir Laut, 5(1), 40-47.
Siahaan, D. E., Saputra, S. W., & Rudiyanti, S. (2023). Valuasi Ekonomi Objek Wisata Pantai Bandengan Jepara Menggunakan Metode Travel Cost Method. Jurnal Pasir Laut, 7(1), 6-14.
Sukardi, A. S., & Afidah, E. U. (2024). Pengaruh citra destinasi, fasilitas, dan presepsi harga terhadap minat berkunjung wisatawan ke objek wisata pantai di Kabupaten Jepara. Journal of Management and Digital Business, 4(1), 15-29.
Triyono, J. (2021). Strategi Pengembangan Desa Wisata Tenun Ikat Troso Di Jepara, Jawa Tengah. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 14(2), 84-92.
Wibowo, T. A., Kaskoyo, H., & Damai, A. A. (2019). Pengembangan wisata pantai mutun terhadap dampak fisik, sosial dan ekonomi masyarakat Desa Sukajaya Lempasing, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Jurnal Pengembangan Kota, 7(1), 83-90.
Widodo, H., & Erliyana, S. (2023). Penganalisis Efektifitas Pemasaran Destinasi Wisata Di Jepara: Studi Pada Destinasi Wisata Pantai Bandengan Jepara. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 4(2), 135-148.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Rais Aminullah, Erisa Adyati Rahmasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


