PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE PERBAIKAN LITERASI DI NUSA TENGGARA TIMUR MELALUI KOMUNITAS BUKU BAGI NTT

Authors

  • Risky Hasan Saputra Universitas Dian Nuswantoro
  • Puri Sulistyawati Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v3i1.5101

Abstract

Buku Bagi NTT adalah komunitas literasi yang bertujuan memajukan literasi di NTT, atas rasa keprihatinan pada kesenjangan pendidikan anak yang sulit mendapatkan bahan bacaan yang berkualitas. Buku Bagi NTT berupaya mengajak banyak orang untuk peduli dengan pendidikan di NTT melalui kegiatan donasi buku, gerakan literasi secara swadaya, dan gerakan kerelawanan. Perancangan media kampanye ini bertujuan untuk mempromosikan kegiatan donasi dan menumbuhkan kepedulian kalangan muda akan pentingnya memajukan literasi di NTT memalui media sosial. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif serta analisis 5W+1H. Hasil rancangan berupa media sosial instagram, website, merchandise seperti totebag, baju, pin, stiker, buku, greeting card serta poster, x-banner, dan backdrop.

References

Araujo, C. G. De. (2018). Sekilas mengenai Buku Bagi NTT Regio Belu – Satu Buku Sejuta Harapan. Satu Buku Sejuta Harapan. http://satubukusejutaharapan.com/portfolio/sekilas-mengenai-buku-bagi-ntt-regio-belu/ (27 Oktober 2020)

Dollarhide, M. (2021). Social Media. https://www.investopedia.com/terms/s/social-media.asp

Edi, B. S. (2019). MEMBANGUN GERAKAN LITERASI MELALUI KOMUNITAS LITERASI MUSI SRIWIJAYA 2000 ( LMS2000 ). 2008.

Hayes, A. (2018). Social Media Marketing. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/s/social-media-marketing-smm.asp

Kaka, M. G. A. (2020). Buku, Saya dan Proses Belajar Menjadi Manusia. Medium.Com. https://mariagoretikaka.medium.com/buku-saya-dan-proses-belajar-menjadi-manusia-5f8aea3a78e8 (Diunduh:12 Desember 2020)

Markov, S. (2019). The Kipling method (5W1H). Genvive. https://geniusrevive.com/en/the-kipling-method-5w1h/ (22 Desember 2020)

Rustian, R. S. (2012). Apa itu Sosial Media. In 01 Maret 2012. http://unpas.ac.id/pages/apa-itu-sosial-media/

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2017). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. In Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 2). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, BPP Kemendigbud. http://repositori.kemdikbud.go.id/13034/1/Puslitjakdikbud_Ringkasan Indeks Alibaca 34 Provinsi

Downloads

Published

2021-04-27

How to Cite

Saputra, R. H., & Sulistyawati, P. (2021). PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE PERBAIKAN LITERASI DI NUSA TENGGARA TIMUR MELALUI KOMUNITAS BUKU BAGI NTT. CITRAKARA, 3(1), 44–60. https://doi.org/10.33633/ctr.v3i1.5101

Issue

Section

Articles