PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MENGENAL DAN MENJAGA KESEHATAN MENTAL REMAJA DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Alma Teta Mazaya Universitas Dian Nuswantoro
  • Ali Muqoddas Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v3i1.5097

Abstract

Penggunaan media sosial saat ini oleh remaja semakin meningkatkan resiko mereka akan gangguan mental. Untuk itu Dinas Kesehatan Kota Semarang membutuhkan  perancangan iklan layanan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran remaja di Kota Semarang untuk mengenal dan menjaga kesehatan mentalnya. Metode penelitian untuk perancangan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data yang akan digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan analisi framing. Pada perancangan iklan layanan masyarakat ini menghasilkan video Motion Graphic sebagai media utama dan beberapa media pendukung juga seperti Poster, X-Banner, Media Sosial dan Stiker

References

APA. (2018). WHAT IS MENTAL ILLNESS? RETRIEVED JANUARI 19, 2021, FROM HTTPS://WWW.PSYCHIATRY.ORG/PATIENTS-FAMILIES/WHAT-IS-MENTAL-ILLNESS

Cenadi, C. S. (1999). Elemen-Elemen Dalam Desain Komunikasi. Jakarta.

Diana, A. (2013). Bumper Animasi Sebagai Opening Video Edukasi Sumber Daya Geologi.

Bandung: Universitas Widyatama.

Huang, Z. (2007). Depressive Symptomatology and Mental Health Help-Seeking Patterns of U.S.- and. 257–267.

Hurlock. (2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Khasali, R. (1992). Manajemen Periklanan : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.

Kusrianto dan Arifin . (2009). Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI.

Kuswandi, W. (1996). Komunikasi Massa Sebuah Analisis Media Televisi. Jakarta: Rineka Cipta. Liliwer, A. ( 2011). Komunikasi : Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Rustan, S. (2008). Layout Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama. Sadjiman, E. S. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta.

Santrock, J. (2014). Adolescence 15th Edition. New York: McGraw Hill. Sihombing, D. (2001). Tipografi dalam desain grafis. Jakarta: Gramedia.

Sulasmi, D. (1989). Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat.

Suyanto. (2004). Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Penerbit Andi.

Van Slembrouck, P. (2012). How to Produce Motion Graphics. Retrieved from rockcontent: https://en.rockcontent.com/blog/how-to-produce-motion-graphics/

Walker, Z. (2002). Health Promotion for Adolescent in Primary Care: Randomised Controled Trial. WHO. (2001). Basic documents, 43rd Edition. Geneva: World Health Organization.

Wijaya, P. Y. (1999). Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual.

Downloads

Published

2021-04-27

How to Cite

Mazaya, A. T., & Muqoddas, A. (2021). PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MENGENAL DAN MENJAGA KESEHATAN MENTAL REMAJA DI KOTA SEMARANG. CITRAKARA, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.33633/ctr.v3i1.5097

Issue

Section

Articles