STUDI VISUAL KEMASAN VS CITA RASA INDONESIA PADA KEMASAN PRODUK KERIPIK SINGKONG RASALOKAL
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v2i2.4892Abstract
Rasalokal merupakan brand yang memiliki visimengangkat kembali kearifan kuliner Nusantara melalui camilancamilanyang diproduksinya. Dalam mengenalkan cita rasaNusantara pada kemasan produk, semua komponen visual sangatmenentukan terutama pada warna, tipografi, merek, layout, danjuga ilustrasinya untuk menggambarkan cita rasa Indonesia.Penelitian ini dilakukan untuk melihat keterkaitan antara desainkemasan dengan visi Rasalokal terkait cita rasa Indonesia melaluikajian atas komponen visual, komposisi, dan makna visual desainkemasannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptifkualitatif, sedangkan metode pengumpulan data bersumber daribeberapa kemasan keripik singkong Rasalokal, buku-buku, karyailmiah, tesis, internet dan sumber-sumber mendukung lainnya.Metode analisis yang digunakan adalah teori semiotika Ferdinandde Saussure. Unsur-unsur visual yang diperlihatkan pada kemasankeripik singkong Rasalokal baik bagian depan maupun belakangsaling berhubungan satu sama lainnya dan mencerminkan cirikhas Nusantara dari berbagai daerah dengan kemasannya yangmodern.References
Bangun, Sem C. (2011). Kritik Seni Rupa. Bandung: Penerbit ITB.
Beardsley & Schueller. (1967). Aesthetic Inquiry. Belmout, California: Dickenson Publishing
Company, Inc.
Butkeviciene, V., Stravinskiene, J., & Rutelione, A. (2008). Impact of Consumer Package
Communication on Consumer Decision Making Process. Inzinerine Ekonomika-Engineering
Economics.
Craig, James., Korol Scala, Irene., Bevington, William. (2006). Designing With Type: The Essential
Guide to Typography. New York: Watson-Guptill Publications.
Djaslim, Saladin. (2007). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Ebdi Sanyoto, Sadjiman, Drs. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta: Arti Bumi
Intara.
Feldman E, Bruke. (1967). Art As Image and Idea. New Jersey: Prentice Hall.
Giwanda, Griand. (2004). Panduan Praktis Belajar Fotografi. Jakarta: Puspa Swara. 73.
Julianti, Sri. (2014).The Art of Packaging. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Klimchuk, Marianne Rosner dan Krasovec, Sandra A. (2006). Desain Kemasan: Perencanaan Merk
Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.
Kusrianto, Adi. (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Louw, A. & Kimber, M. 2007. The Power of Packaging, The Customer Equity Company.
Muchtadi,T.R. (1998). Kajian Terhadap Serat Makanan dan Antioksidan dalam Berbagai Jenis
Sayuran untuk Pencegahan Penyakit Degeneratif. Bogor:IPB-Press.
Piliang, Yasraf Amir., & Jaelani, Jejen. (2018). “Teori Budaya Kontemporer Penjelajahan Tanda
dan Makna.” Yogyakarta: Aurora.
Pirous, AD. (1989). Desain Grafis pada Kemasan. Makalah Simposium Desain Grafis, FSRD ISI
Yogyakarta.
Program Studi Desain Komunikasi Visual FSR ISI Yogyakarta dan Studio Diskom. (2009). Irama
Visual. Yogyakarta : Jalasutra.
Saussure, Ferdinand de. (1973). Cours De Linguistique Generale. Hidayat, Rahayu S. (1988).
Gadjah Mada Uninersity Press: Yogyakarta, Indonesia.
Sihombing, Danton. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Smith, P., & Taylor, J. (2004). Marketing Communication: An Integrated Approach. (K. K.
Limited, Ed.). London.
Syarief, R. dan A. Irawati. (1988). Pengetahuan Bahan untuk Industri Pertanian. Jakarta:
Mediyatama Sarana Perkasa.
Tjipto R, Sudjadi. (2019). Desain Grafis Kemasan UMKM. Yogyakarta: Deepublish.
Wirya, Iwan (1999). Kemasan yang Menjual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indrayana Fara Muhitha,, Dimas Irawan Ihya’ Ulumuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0