STUDI VISUAL KEMASAN VS CITA RASA INDONESIA PADA KEMASAN PRODUK KERIPIK SINGKONG RASALOKAL

Authors

  • Indrayana Fara Muhitha, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Dimas Irawan Ihya’ Ulumuddin Universitas Dian Nuswantoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v2i2.4892

Abstract

Rasalokal merupakan brand yang memiliki visimengangkat kembali kearifan kuliner Nusantara melalui camilancamilanyang diproduksinya. Dalam mengenalkan cita rasaNusantara pada kemasan produk, semua komponen visual sangatmenentukan terutama pada warna, tipografi, merek, layout, danjuga ilustrasinya untuk menggambarkan cita rasa Indonesia.Penelitian ini dilakukan untuk melihat keterkaitan antara desainkemasan dengan visi Rasalokal terkait cita rasa Indonesia melaluikajian atas komponen visual, komposisi, dan makna visual desainkemasannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptifkualitatif, sedangkan metode pengumpulan data bersumber daribeberapa kemasan keripik singkong Rasalokal, buku-buku, karyailmiah, tesis, internet dan sumber-sumber mendukung lainnya.Metode analisis yang digunakan adalah teori semiotika Ferdinandde Saussure. Unsur-unsur visual yang diperlihatkan pada kemasankeripik singkong Rasalokal baik bagian depan maupun belakangsaling berhubungan satu sama lainnya dan mencerminkan cirikhas Nusantara dari berbagai daerah dengan kemasannya yangmodern.

References

Bangun, Sem C. (2011). Kritik Seni Rupa. Bandung: Penerbit ITB.

Beardsley & Schueller. (1967). Aesthetic Inquiry. Belmout, California: Dickenson Publishing

Company, Inc.

Butkeviciene, V., Stravinskiene, J., & Rutelione, A. (2008). Impact of Consumer Package

Communication on Consumer Decision Making Process. Inzinerine Ekonomika-Engineering

Economics.

Craig, James., Korol Scala, Irene., Bevington, William. (2006). Designing With Type: The Essential

Guide to Typography. New York: Watson-Guptill Publications.

Djaslim, Saladin. (2007). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Ebdi Sanyoto, Sadjiman, Drs. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta: Arti Bumi

Intara.

Feldman E, Bruke. (1967). Art As Image and Idea. New Jersey: Prentice Hall.

Giwanda, Griand. (2004). Panduan Praktis Belajar Fotografi. Jakarta: Puspa Swara. 73.

Julianti, Sri. (2014).The Art of Packaging. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Klimchuk, Marianne Rosner dan Krasovec, Sandra A. (2006). Desain Kemasan: Perencanaan Merk

Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Kusrianto, Adi. (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Louw, A. & Kimber, M. 2007. The Power of Packaging, The Customer Equity Company.

Muchtadi,T.R. (1998). Kajian Terhadap Serat Makanan dan Antioksidan dalam Berbagai Jenis

Sayuran untuk Pencegahan Penyakit Degeneratif. Bogor:IPB-Press.

Piliang, Yasraf Amir., & Jaelani, Jejen. (2018). “Teori Budaya Kontemporer Penjelajahan Tanda

dan Makna.” Yogyakarta: Aurora.

Pirous, AD. (1989). Desain Grafis pada Kemasan. Makalah Simposium Desain Grafis, FSRD ISI

Yogyakarta.

Program Studi Desain Komunikasi Visual FSR ISI Yogyakarta dan Studio Diskom. (2009). Irama

Visual. Yogyakarta : Jalasutra.

Saussure, Ferdinand de. (1973). Cours De Linguistique Generale. Hidayat, Rahayu S. (1988).

Gadjah Mada Uninersity Press: Yogyakarta, Indonesia.

Sihombing, Danton. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Smith, P., & Taylor, J. (2004). Marketing Communication: An Integrated Approach. (K. K.

Limited, Ed.). London.

Syarief, R. dan A. Irawati. (1988). Pengetahuan Bahan untuk Industri Pertanian. Jakarta:

Mediyatama Sarana Perkasa.

Tjipto R, Sudjadi. (2019). Desain Grafis Kemasan UMKM. Yogyakarta: Deepublish.

Wirya, Iwan (1999). Kemasan yang Menjual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2020-09-15

How to Cite

Muhitha, I. F., & Ulumuddin, D. I. I. (2020). STUDI VISUAL KEMASAN VS CITA RASA INDONESIA PADA KEMASAN PRODUK KERIPIK SINGKONG RASALOKAL. CITRAKARA, 2(2), 112–126. https://doi.org/10.33633/ctr.v2i2.4892