PERANCANGAN MEDIA UNTUK MENARIK MINAT ANAK TERHADAP SEJARAH PASAR TRADISIONAL JOHAR DI KOTA SEMARANG MELALUI GAME
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v2i01.3750Abstract
Pasar tradisional lekat dengan perkembangan tiap daerah, seperti Kota Semarang yang memiliki Pasar Johar sebagai pasar yang turut berperan sebagai saksi sejarah. Pada usia 10-12 tahun, anak-anak cenderung gemar bermain game mobile daripada mendalami pengetahuan sejarah karena dianggap membosankan. Melalui perancangan game edukasi yang adalah media pembelajaran yang dikemas menggunakan permainan, informasi pembelajaran berupa sejarah pasar Johar dilakukan. Dalam perancangan ini digunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan dianalisa menggunakan 5W+1H, sementara perancangan game ini menggunakan teori milik Luther, Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai metodenya. Perancangan ini akan menghasilkan game yang dapat membantu anak-anak untuk lebih bisa memahami sejarah mengenai berbagai pasar tradisional di Kota Semarang.References
Assauri. 2018. "Scribd Inc." Scribd Inc Web site. April 24. Accessed November 3, 2018. https://id.scribd.com/document/377240165/reazki.
Mubarakan, Munzalan. 2015. SIMOMOT. 05 11. https://simomot.com/2015/05/11/sejarah-pasar- johar-semarang/.
Muhammad, Djawir. 2015. Riwayat Pasar Johar, Pernah Disebut Pasar Terbaik Asia Tenggara. https://www.liputan6.com/news/read/2229370/riwayat-pasar-johar-pernah-disebut-pasar- terbaik-asia-tenggara.
Rozi, Zulfadli Fahrul. 2010. "Ultimate Game Desain Building RPG Games Using Adobe Flash Action Script." 6. Yogyakarta: Andi Percetakan.
Setiawan, A. (2018). Metodologi Desain. Yogyakarta: Arttex.
n.d. Situs Budaya. Accessed Agustus 2019. https://situsbudaya.id/sejarah-pasar-johar-semarang/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadila Ulfa, Dimas Irawan Ihya’ Ulumuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0