PERANCANGAN MEDIA UNTUK MENARIK MINAT ANAK TERHADAP SEJARAH PASAR TRADISIONAL JOHAR DI KOTA SEMARANG MELALUI GAME

Authors

  • Nadila Ulfa Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Dimas Irawan Ihya’ Ulumuddin Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v2i01.3750

Abstract

Pasar tradisional lekat dengan perkembangan tiap daerah, seperti Kota Semarang yang memiliki Pasar Johar sebagai pasar yang turut berperan sebagai saksi sejarah. Pada usia 10-12 tahun, anak-anak cenderung gemar bermain game mobile daripada mendalami pengetahuan sejarah karena dianggap membosankan. Melalui perancangan game edukasi yang adalah media pembelajaran yang dikemas menggunakan permainan, informasi pembelajaran berupa sejarah pasar Johar dilakukan. Dalam perancangan ini digunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan dianalisa menggunakan 5W+1H, sementara perancangan game ini menggunakan teori milik Luther, Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai metodenya. Perancangan ini akan menghasilkan game yang dapat membantu anak-anak untuk lebih bisa memahami sejarah mengenai  berbagai  pasar tradisional  di Kota Semarang.

References

Assauri. 2018. "Scribd Inc." Scribd Inc Web site. April 24. Accessed November 3, 2018. https://id.scribd.com/document/377240165/reazki.

Mubarakan, Munzalan. 2015. SIMOMOT. 05 11. https://simomot.com/2015/05/11/sejarah-pasar- johar-semarang/.

Muhammad, Djawir. 2015. Riwayat Pasar Johar, Pernah Disebut Pasar Terbaik Asia Tenggara. https://www.liputan6.com/news/read/2229370/riwayat-pasar-johar-pernah-disebut-pasar- terbaik-asia-tenggara.

Rozi, Zulfadli Fahrul. 2010. "Ultimate Game Desain Building RPG Games Using Adobe Flash Action Script." 6. Yogyakarta: Andi Percetakan.

Setiawan, A. (2018). Metodologi Desain. Yogyakarta: Arttex.

n.d. Situs Budaya. Accessed Agustus 2019. https://situsbudaya.id/sejarah-pasar-johar-semarang/.

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Ulfa, N., & Ulumuddin, D. I. I. (2020). PERANCANGAN MEDIA UNTUK MENARIK MINAT ANAK TERHADAP SEJARAH PASAR TRADISIONAL JOHAR DI KOTA SEMARANG MELALUI GAME. CITRAKARA, 2(01), 72–79. https://doi.org/10.33633/ctr.v2i01.3750

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.