PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG AJAKAN DONOR DARAH PADA SAAT BEPUASA
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v2i01.3747Abstract
Pada saat berpuasa orang memilih tidak mendonorkan darah dikarenakan tidak mengetahui bahwa donor darah saat berpuasa itu diperbolehkan dan tidak menggangu aktifitas puasa. Meskipun PMI (Palang Merah Indonesia) sudah menginformasikan bahwa donor darah pada saat berpuasa sebenarnya diperbolehkan, dan jumlah darah yang di ambil untuk donor tergolong aman atau tidak menyebabkan badan lemas, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang diperbolehkannya donor darah saat berpuasa. Untuk itu diperlukan upaya untuk menyampaikan informasi tentang diperbolehkannya donor darah pada saat berpuasa melalui iklan layanan masyarakat. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif, pengumpulan data menggunakan cara wawancara, observasi, kuisoner, internet dan studi pustaka. Data yang didapatkan akan di analisis menggunakan framing. Media utama yang akan dihasilkan adalah video animasi dengan media pendukung poster, media social, x banner, stiker, dan brosurReferences
Anderson. (2017). Perancangan Media Informasi Pelayanan Donor Darah Palang Merah Indonesi Di Kota Salatiga Berbasis Infografis. Skripsi, Universitas Kristen Satya Wacana.
Anna, L. K. (2016). "berapa banyak darah di tubuh manusia ?" , Artikel Laman, https://lifestyle.kompas.com/read/2016/03/07/110000223/Berapa.Banyak.Darah.di.Tubuh.Manusia (unduh : 13 November 2018)
Arif, b. a. (2013). Pengembangan Produk Sit-Up Bench Yang Ergonomis Di Mentari Sport Centre Surabaya.Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN” Jawa Timur
Bangun, Ramdhan (2014). Multimedia Audio Visual And Broadcasting Bagian Pemasaran PadaSMK AT-Thahirin 2 Ciledug Tangerang.Skripsi, STIMIK Raharja.
Devriyanto, I. (2016). Perancangan buku ilustrasi band rock indonesia era 1970-an.Skripsi, Universitas Multimedia Nusantara
Halim, a. N. (2014). Pengaruh iklan politik di televisi terhadap sikap pemilih pemula pada pemlihan umum 2014.Jurnal,Universitas Lampung
Hamidah, F. (2013). Perancangan Iklan Media Lini Bawah Dalam Meningkatkan Penjualan. Skripsi, Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.
Hermawan, H. (2014). Perancangan Tipografi Pada T-Shirt Clothing.skripsi, Universitas Komputer Indonesia
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2017) " Indonesia butuh darah 5,1 juta kantong pertahun".Artikel Laman, http://www.depkes.go.id/article/view/17071100002/indonesia-butuh-darah-5-1-juta-kantong-pertahun.html (unduh :13 November 2018)
Khoirotun, A. (2012). Perancangan Layout Website PT. Multijaya Megah Sebagai Customer Infomedia Nusantara.skripsi, Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya
Kurniawan. (2016). Produksi Iklan Layanan Masyarakat: Bukan Membeli Darah, tapi Mengganti Biaya Pengolahan Darah. skripsi, Universitas Krisen Satya Wacana
Larosia, r. (2014). Perancangan Buku Pop Up Pengenalan Aksara Jawa untuk Anak-Anak Terbitan Tiga Serangkai. Skripsi, Universitas Sebelas Maret
Lasahido. (2013). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat TVRI Jawa Timur.Kerja praktek, Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya.
Makhroyani, Yuliana (2012). Pembuatan Film Animasi 2D Dalam Cerita Aryo Blitar Dengan Teknik Rigging 3D. Skripsi , STIKOM Surabaya
Marianti. (2017).”Syok Hipovolemik”,Artikel Laman, http://www.alodokter.com/syok-hipovolemik (unduh : 13 November 2018)
Permatasari, D. (2012). Pembuatan Desain dan Tata Letak Halaman Pada Majalah Zigma. Kerja praktek, Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabay
Pujiyanto (2013).Iklan Layanan Masyarakat .I.Jogyakarta: andipublisher
Purwanto, a. (2015). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DONGKRAK HIDROLIK MENGGUAKAN ALGORITMA GREEDY.Skripsi, Universitas Potensi Utama.
Putra, A. r. (2011). Tinjauan Makna Visual Logo Bank BJB. Skripsi, Universitas komputer Indonesia
Rahman, A. (2012). Pengaruh Iklan Media Luar Ruang Terhadap Perilaku Merokok Siswa di SMA Negeri 2 Medan Tahun 2012.Skripsi, Universitas Sumatra Utara
Sagitri (2013). Perancangan Kampanye Sosial Kegiatan Donor Darah Bulan Ramadhan Di Indonesia. Skripsi, Universitas Komputer Indonesia Bandung
Santoso, H. (2015). Upaya Meningkatkan Minat dan Budaya Membaca Buku Melalui Iklan Layanan Masyarakat.Skripsi, Universitas Negri Malang
Sasongko, L. A. (2014). Tindak Tutur Ilokusi Sebagai Media Penyampaian Pesan Sosial Pada Iklan Layanan Masyarakat Di Kota Surakarta. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sofiyawati, N. (2014). Kajian Visual Terhadap iklan TVC Lux indo di tahun 2012. Skripsi, Universitas Komputer Indonesia
Supriyadi (2015). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Ajakan Donor Darah. Skripsi, Universitas Negeri Malang
Syamdani, Insannita M. (2014). Perancangan Ulang Visual Identity Kampung Sondakan SebagaiBrand Image Kampung Wisata Di Solo. Skripsi, Universitas Sebelas Maret
Syukroni, M. F. (2017). Rancang Bangun Knowledge Management System Berbasis Web Pada Madrasah Mualimin AL- Islamiyah Utern Geger Madiun.Skripsi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Tjitra,Juliana.(2018).Perancangan Buku Cerita Rakyat betawi. Skripsi, BINUS University
Wahono,dkk (2010). Siap Menghadapi ujian Nasional SMP. grasindo.
Witabora, j. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi.Jurnal.Vol 3, No 2
Wu, B. W. (2014). Perancangan Buku Ilustrasi Anak Tentang Menjaga Kesehatan Mata. Skripsi, Universitas Multimedia Nusantara
Yulianti, Eka. (2019).”Yuk donor darah! Stok darah A dan O di kota searang habis”,Artikel Laman, https://jateng.tribunnews.com/2019/05/18/yuk-donor-darah-stok-darah-a-dan-o-di-kota-semarang habis (unduh : 12 Oktober 2019)
Zulkarnain, Rahmat N (2013). PM : Pembuatan Interaktif Company Profile "Expose Citra Media.Skripsi, STIKOM Surabaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bangkit Nugroho, Siti Hadiati Nugraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0