PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BANJIR KANAL BARAT SEBAGAI KAWASAN STRATEGIS PARIWISATA SEMARANG MELALUI GAME “KANAL MISSION”

Authors

  • Novi Kurniawati Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Siti Hadiati Nugraini Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v1i02.3309

Abstract

Kota Semarang telah menetapkan Banjir Kanal Barat sebagai kawasan strategis pariwisata Semarang Tengah dan sekitarnya. Perlu suatu upaya untuk mengoptimalkan kesadaran masyarakat akan hal ini. Meskipun sudah ada acara tahunan seperti Festival Banjir Kanal Barat, namun jangka waktunya hanya beberapa hari saja dalam setiap tahunnya. Sehingga perlu perancanganan media promosi yang menarik dan interaktif agar dapat membuat masyarakat sadar akan potensi wisata di kawasan Banjir Kanal Barat. Kemudian melalui wawancara dengan pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, dokumentasi, studi pustaka, dan data – data yang berkaitan dengan permasalahan dianalisa dengan menggunakan metode 5W+1H menjadi dasar perancangan game. Metode yang dipakai dalam perancangan ini yaitu MDLC yang terdiri dari 6 tahapan, diantaranya konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Pemilihan media game dapat memberikan dampak positif yang membuat masyarakat sadar akan potensi wisata yang ada sehingga memiliki kesadaran pula untuk ikut menjaga dan memajukan wisatanya.

References

Henry, S. (2014, Maret 2). Advergame, Peluang Besar yang belum Tereksplorasi. Retrieved November 2, 2015, from segitiga.net: www.segitiga.net

Nashriah. (2008). Strategi Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Semarang. Surakarta: Fakultas Sastra dan Seni Rupa USM.

Raju, D. G. (2009). Tourism Marketting And Management. Delhi: D. P. Yadav for Manglam Publications.

Sari, Y. A. (2009). Peran Promosi dan Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan di Objek Wisata nDayu Alam Sari. Surakarta: Fakultas Sastra Dan Seni Rupa USM.

Susanto, G. A. (2015, Oktober 30). Wisata Sungai Banjir Kanal Barat Segera Dioptimalkan. Retrieved Januari 5, 2015, from Lifestyle: http://www.liputan6.com

Sutopo, A. H. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2019-08-25

How to Cite

Kurniawati, N., & Nugraini, S. H. (2019). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BANJIR KANAL BARAT SEBAGAI KAWASAN STRATEGIS PARIWISATA SEMARANG MELALUI GAME “KANAL MISSION”. CITRAKARA, 1(02), 256–275. https://doi.org/10.33633/ctr.v1i02.3309