PERANCANGAN COMPANY PROFILE HOTEL SAHID JAYA SOLO

Authors

  • Hendika Adi Cantona Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Ahmad Akrom Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v1i02.3288

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang terus berkembang dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan salah satu kota dengan tingkat pertumbuhan pariwisata yang cukup tinggi di Jawa Tengah yaitu kota Solo. Sebagai salah satu kota yang telah memiliki berbagai prestasi, kota Solo menjadi daya tarik bagi pelaku usaha dalam bidang penginapan. Hotel Sahid Jaya yang merupakan salah satu hotel tertua di kota Solo memiliki masalah dalam memperkenalkan jasanya kepada konsumen baru berupa wisatawan Kota Solo, sehingga memerlukan Company Profile yang fleksibel dan bersifat luas dalam memperkenalkan serta menarik minat target konsumen agar mampu bersaing dengan kompetitornya,. Dalam perancangan ini menggunakanmetode pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian diolah menggunakan metode analisis SWOT yang menghasilkan strategi guna memaksimalkan potensi untuk mengambil peluang yang ada dan menghadapi ancaman. Media utama yang akan digunakan berupa video Company Profile yang akan dipasang di media sosial Youtube, dengan media pendukung poster, brosur, serta merchandise seperti totebag, sapu tangan dan juga gantungan kunci. Hasil yang diperoleh dari perancangan ini adalah media Company Profile yang mampu memperlihatkan keunggulan Hotel Sahid Jaya beserta objek wisata di sekitarnya, melalui konsep yang inspiratif dan segar sehingga mampumenarik wisatawan kota Solo.

References

Ardy, Irsyad. (2017). Definisi Hospitality Industri. www.academia.edu/14013071/

Definisi_Hospitality_Industri [Diakses: 20 Januari 2019]

Kriyantono, R, S.Sos., M.Si. (2008). Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas

Korporat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Lusyani Sunarya, R. E. (2013). Enriching Company Profile sebagai Penunjang Media

Informasi dan Promosi. Jurnal Vol. 7 No. 1

Mukti, Akbar Hari. (2018). Solo Peringkat Pertama Kota Paling Layak Huni, Ini Kata Rudy.

http://jateng.tribunnews.com/2018/02/06/solo-peringkat-pertama-kota-palinglayak-

huni-ini-kata-rudy [Diakses: 11 Januari 2018]

Wijanarko, Tulus. (2018). Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Peringkat 9 Di Dunia.

https://travel.tempo.co/read/1139099/pertumbuhan-pariwisata-indonesiaperingkat-

-di-dunia/full&view=ok [Diakses: 11 Januari 2018]

Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:

Gramedia Pustaka

Yustiningsih, Rini. (2018). Pertumbuhan Hotel Di Solo, Artikel Laman,

https://espospedia.solopos.com/read/20181122/487/953990/pertumbuhanhotel-

di-solo (Diunduh: 11 Januari 2018)

Downloads

Published

2020-01-23

How to Cite

Cantona, H. A., & Akrom, A. (2020). PERANCANGAN COMPANY PROFILE HOTEL SAHID JAYA SOLO. CITRAKARA, 1(02), 180–191. https://doi.org/10.33633/ctr.v1i02.3288