Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Berbasis Motion Graphic Tentang Pencegahan Fomo ( Fear Of Missing Out ) Bagi Remaja Di Semarang
Abstract
Fomo ( Fear of Missing Out ) adalah perasaan cemas yang muncul ketika ada sesuatu yang menarik dan menyenangkan sedang berlangsung yang sering kali dipicu oleh postingan di media sosial. Taman Bintang Indonesia Semarang merupakan lembaga terapi psikologi anak dan dewasa membantu mengatasi masalah psikologis. Kasus fomo yang terjadi pada mahasiswa remaja mayoritas berasal dari sosial media seperti Instagram, tiktok dan twitter. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode analisis menggunkan Framing dari Robert N Entman. Serta metode perancangan dari tahap Pra produksi, Produksi, Pasca Produksi. Dari analisis permasalahan tersebut Taman Bintang Indoneisa membutuhkan media iklan layanan Masyarakat yang berguna bagi mahasiswa khususnya di Semarang melalui media utama yaitu Instagram dan Tiktok serta media pendukung seperti merchandise guna untuk mencegah fomo pada remaja.References
Adinda, & Adjie. (2011). Film Animasi 2D Berbasis 3D Menggunakan Teknik Cell Shading Berjudul The Postman Story 6. In Skripsi. Stikom Surabaya.
Hastuti, S. (2013). Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat Di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 67–72.
Przybylsk, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841– 1848.
Kusuma, M. R. (2019). PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SELF HARASSMENT DENGAN TEKNIK MOTION GRAPHIC BERBASIS INFOGRAFIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT. FAKULTAS TEKNOLOGI DAN INFORMATIKA INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA STIKOM SURABAYA.
Maryani, D., Wijayanti, A., & Raditya, A. (2016). PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK ORANG BERUSIA 18-25 TAHUN AGAR KRITIS DALAM MENERIMA INFORMASI DI MEDIA SOSIAL.
Prawira, S. K. P., Astuti, N. K. R., & Bayu, I. G. A. I. (2021). PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN MEDIA PENDUKUNGSEBAGAI SARANASOSIALISASI PENGOLAHANSAMPAH BERBASIS SUMBER DI DESA TEMESI.
Syifa, K. (2022). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Darurat Kekerasan Seksual. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(8). Ulum, S., Supriyati, E., & Listyorini, T. (2021). IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERTAHAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19. Jurnal Dialektika Informatika (Detika), 1(2), 32–37. https://doi.org/10.24176/detika.v1i2.5845
Wijaya, R. P., Wijayanti, A., Raditya, A. (2016). PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG FENOMENA BUDAYA KONSUMTIF PADA REMAJA. Pratiwi, S. A., & Hidayat, D. (2020). IKLAN LAYANAN MASYARAKAT COVID-19 DI MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU MASYARAKAT DI JAWA BARAT. 17.
Hastuti, S. (2013). EFEKTIVITAS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI.
Prastowo, Andi. (2013). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif : Menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Edited by Desy Wijaya. 5th ed. Yogyakarta: Diva Press
Fitriah, Maria. (2018). Komunikasi pemasaran melalui desain visual. Cetakan Pertama ed. Yogyakarta: Deepublish
Arief S. Sadiman, dkk. (2021). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Vol. 14. N.p.: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hafiz Alfianto, Ahmad Akrom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


