PERANCANGAN DESAIN IKLAN KOMERSIAL PADA JAJANAN PASAR DONAT KENTANG MINI MINE

Authors

  • Sayyidah Farhani Universitas Dian Nuswantoro
  • Dennaya Cintya Danastri Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Jajanan tradisional sering dinikmati konsumen baik pagi maupun sore hari. Rasanya tidak kalah dengan makanan kekinian. Salah satunya adalah donat kentang Mini Mine. Sayangnya, kemasan yang digunakan oleh beberapa jajanan pasar, termasuk produk Mini Mine masih belum bisa menyampaikan nilai produk dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang iklan komersial Mini Mine. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dan studi litelatur. Analisis dilakukan dengan menggunakan Matriks SWOT. Hasil yang dirancang adalah desain kemasan sebagai media utama. Selain itu ada rancangan banner, seragam, nomer meja, paper bag, LED poster, dan desain maskot sebagai media pendukung.

References

Allya Ramadhina and Mugiono, M. (2022) ‘Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen’, Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(1), pp. 59–67. Available at: https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.1.1.21.

Ermawati, E. (2019) ‘Pendampingan Peranan Dan Fungsi Kemasan Produk Dalam Dunia Pemasaran Desa Yosowilangun Lor’, Empowerment Society, 2(2), p. 15. Available at: https://doi.org/10.30741/eps.v2i2.459.

Fadli, M.R. (2021) ‘Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif’, Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), pp. 33–54. Available at: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.33-54.

Maharani, S. and Musnaini, M. (2024) ‘PENGARUH MARKETING MIX (PRODUCT, PRICE, PROMOTION, dan PLACE) TERHADAP MINAT BELI PRODUK OLEH KONSUMEN PADA JAMBI NIGHT MARKET’, Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 13(01), pp. 229–242. Available at: https://doi.org/10.22437/jmk.v13i01.27434.

Qanita, A. (2020) ‘Analisis Strategi dengan Metode SWOT Dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep’, Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), pp. 11–24. Available at: https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Farhani, S., & Danastri, D. C. (2024). PERANCANGAN DESAIN IKLAN KOMERSIAL PADA JAJANAN PASAR DONAT KENTANG MINI MINE. CITRAKARA, 6(4), 469–476. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11920

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.