PERANCANGAN ANIMASI LIVE 2D PAKAIAN ADAT SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI ANAK SMP KELAS 7 DI SEMARANG
Keywords:
Anime, Pakaian Adat, IlustrasiAbstract
Sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan pascadiberlakukannya aturan tentang pakaian adat oleh pemerintah perlu dibuat inovasi media sosialisasi baru. Inovasi tersebut adalah animasi live 2D sebagai media sosialisasi yang lebih efektif dari media sosialisasi dari pemerintah sebelumnya. Metode penelitian dalam perancangan ini menggunakan metodedeskriptif kualitatif dalam mengumpulkan data. Metode perancangan animasi live 2D menggunakan tiga tahapan yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Tujuan akhir perancangan yang dibuat adalah membuat animasi live 2D sebagai media sosialisasi baru menggantikan media dari pemerintah sebelumnya. Media pendukung tambahan seperti poster, pembatas buku, gantungan kunci, dan stiker berfungsi untuk membantu mempromosikan ataupun menguatkan media utama.References
De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G.
Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.
Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga (Times New Roman 12, Reguler, spasi 1)
Ruswandi, A. (2020). Kajian Pemahaman Lintas Budaya Dalam Pelestarian Pakaian Adat Nusantara Sebagai Simbol Budaya Bangsa. Academia.edu. Diakses tanggal 8 Oktober 2023, dari https://www.academia.edu/44646173/KAJIAN_PEMAHAMAN_LINTAS_BUDAYA_DALA M_PELESTARIAN_PAKAIAN_ADAT_NUSANTARA_SEBAGAI_SIMBOL_BUDAYA_B ANGSA.
Sulistiati, N. (28 Januari 2022). 5 Alasan Kaum Muda Kurang Menyukai Seni Budaya Tradisional. Kompasiana.com. Diakses tanggal 8 Oktober 2023, dari https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/ninasulistiati0378/61f3fd8f870000 343f265ef2/3-alasan-kaum-muda-kurang-menyukai-seni-budaya-tradisional.
Direktor Sekolah Dasar. (17 Oktober, 2022). Pakaian Adat Jadi Salah Satu Pilihan Seragam Sekolah. Kemdikbud.co.id. Diakses tanggal 8 Oktober 2023, dari https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pakaian-adat-jadi-salah-satu-pilihan-seragam- sekolah.
Purbaya, A. A. (9 Agustus 2023). Rencana Baju Adat Siswa SD-SMP di Semarang, Disdik: Jangan Memberatkan. Detik.com. Diakses tanggal 8 Oktober 2023, dari https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/jateng/berita/d-6866551/rencana-baju-adat- siswa-sd-smp-di-semarang-disdik-jangan-memberatkan/amp.
Ma’as, A. (5 September 2023). Keragaman Budaya Indonesia: Pakaian dan Senjata Tradisional, IPS Kelas 7 SMP Tema 4. Kids.grid.id. Diakses tanggal 15 Oktober 2023, dari https://www.google.com/amp/s/kids.grid.id/amp/473459747/keragaman-budaya-indonesia- pakaian-dan-senjata-tradisional-ips-kelas-7-smp-tema-4.
Google. (Maret 2018). Pengertian Animasi. Repository.bsi.ac.id. Diakses tanggal 22 Oktober 2023, dari https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/217147/13.-BAB-II--Landasan-Teori.pdf.
Ramadhani, E. (6 Juli 2022). Apa Itu Live 2D. Metodeku.com. Diakses tanggal 22 Oktober 2023, dari https://metodeku.com/apa-itu-live2d/.
Google. (Februari 2016). Pengertian Ilustrasi. Repository.unpas.ac.id. Diakses tanggal 22 Oktober 2023, dari http://repository.unpas.ac.id/40727/4/BAB%20II.pdf.
OnlinePajak. (24 Februari 2023). QR Code dan Fungsinya dalam e-Faktur. Online-pajak.com. Diakses tanggal 22 Oktober 2023, dari https://www.online-pajak.com/tentang-ppn-efaktur/qr- codepajak#:~:text=QR%20Code%20atau%20kode%20QR,alamat%20website%20dan%20nomor% 20telepon.
UIN Susaka Riau. (2018). Bab II Kajian Teori Dan Kerangka Pikir. Diakses tanggal 25 Juli 2024. https://repository.uin-suska.ac.id/15639/7/7.%20BAB%20II_2018187KOM.pdf.
Widiawati. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Scan Barcode Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Interaksi Sosial Dan Lembaga Sosial Kelas Vii Smp Pgri 1 Batanghari. Eprints.ummetro.ac.id. Diakses tanggal 29 Oktober 2023, dari https://eprints.ummetro.ac.id/945/.
Rizki, Yahya, & Bambang. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi Dalam Aktivitas Belajar Siswa Di Smp. Jurnal.untan.ac.id. Diakses tanggal 29 Oktober 2023, dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10968.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bagus Teguh Herlambang, Ahmad Akrom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0