PERANCANGAN MEDIA PROMOSI SEBAGAI UPAYA MEMPERKENALKAN ‘MIE MACHO’ KEPADA MASYARAKAT

Authors

  • Angeline Ivana Gunawan Universitas Dian Nuswantoro
  • Agus Setiawan Universitas Dian Nuswantoro

Keywords:

media promosi, Mie Macho, perancangan

Abstract

Tingginya angka usaha yang semakin lama terus berkembang menunjukkan bahwa semakin tinggi kompetitor yang pada akhirnya menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Adanya persaingan ini membuat perusahaan berlomba-lomba dalam menunjukkan nilai dan kualitas yang mereka punya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan promosi atau pemasaran. Oleh karena itu sebagai salah satu usaha industri makanan, Mie Macho ingin agar  masyarakat dapat lebih melihat sebuah nilai yang dimiliki lewat pelayanan, menu, dan kualitas yang mereka jual. Perancangan media promosi ini didasari oleh pengajaran dan teori desain yang baik dan benar sehingga karya yang dihasilkan dapat membawa perubahan  yang signifikan bagi Mie Macho. Dalam prosesnya, perancangan ini menggunakan metode kualitatif. Data dianalisis menggunakan SWOT dan perancangannya menggunakan metode 5 (lime) Phase of Design Process yang berupa karya digital.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Barkah Indarto, B. A., & Sulaiman, A. M. PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN JASA CUCI SEPATU TITIK SHOE SPA SEMARANG.

Desintha, S., Ayu, I. K., & Octamediana, H. (2020). Unsur Visual Kemasan Granola Creations. Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). In

Muhammadiyah University of Surabaya (Issue August).

Fitriyanti, A., & Rachmawati, I. (2022). Perancangan Media Promosi pada Produk “Pawon Raos Eca”. Jurnal Grafis, 1(1), 58-66.

Harahap, W. R. (2021). Penerapan strategi promosi perpustakaan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(1), 103-116.

Hasan, A., & Hamid, N. A. (2020). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Pasca Perubahan Menjadi Universitas Pada Universitas Muslim Maros. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 3(2), 136-149.

Mukhlasin, A., & Pasaribu, M. H. (2020). Analisis Swot dalam membuat keputusan dan mengambil kebijakan yang tepat. Invention: Journal Research and Education Studies, 1(1), 33-44.

Mariam, S. (2024). ANALISIS STRATEGI PROMOSI DI TOKO KUE PLASINDO CAKE & BAKERY DALAM MEMPERKUAT CITRA DAN KEPUASAN

KONSUMEN. Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneurship and Finance, 4(1), 194-206.

Ni Luh, D. I. D. S. (2010). Warna. Artikel Bulan Agustus 2010, 8, 1-3.

Salim, M. A., & Siswanto, A. B. (2019). Analisis SWOT dengan Metode kuesioner. CV. Pilar Nusantara.

Syamsul, R. L., & Ernawati, E. (2024). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Moodboard pada Pelatihan Desainer Pakaian Kreasi di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 200-208.

Wardi, J., Putri, G. E., & Johar, O. A. (2022). Promosi Dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru: Sebuah Tinjauan Kegiatan Promosi Di Universitas Lancang Kuning. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 94-100.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Gunawan, A. I., & Setiawan, A. (2024). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI SEBAGAI UPAYA MEMPERKENALKAN ‘MIE MACHO’ KEPADA MASYARAKAT. CITRAKARA, 6(3), 430–441. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11795

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.