PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING DESA WISATA BANYUMUDAL KABUPATEN PEMALANG

Authors

  • Majda Al Yaasiin Universitas Dian Nuswantoro
  • Ahmad Akrom Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v6i1.11347

Abstract

Desa wisata merupakan salah satu strategi pemerintah dalam memajukan potensi desa secara optimal. Desa Banyumudal sebagai salah satu desa wisata kategori 500 besar ADWI di Jawa Tengah tidak konsisten dalam memvisualkan bentuk maupun penggunaan logo. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain ulang visual branding Desa Wisata Banyumudal yang mencerminkan pesona alam dan budaya desa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui observasi, kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode SOAR, analisis visualisasi logo David E. Charter, dan mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata Banyumudal perlu memiliki visual branding yang konsisten dan merepresentasikan keindahan wisata alam serta wisata seni sebagai daya tarik pendukung. Perancangan ulang visual branding ini diharapkan dapat meningkatkan wisatawan, mengenalkan dan mendorong pengembangan desa wisata Banyumudal secara berkelanjutan. Kata Kunci: desa wisata, visual branding, desa banyumudal

References

Agustina Budiono Putri, F. (2022). Desa Wisata : Sebuah Wadah Pengembangan Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat. Masterplandesa.Com.

Atif, D. (2023, February 27). Pentingnya Graphic Standard Manual Sebagai Identitas Visual DJKN di Media Sosial. Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Cyan. (2023). Peran Penting Merchandise sebagai Media Promosi Bisnis. Mekari Jurnal.

ditwdb. (2019, October). Jaran Kepang Jawa Timur, Jaranan, atau Kuda Lumping. Direktorat Warisan Dan Diplomasi Budaya.

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S. I. K. , M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (1st ed.). Syakir Media Press.

Hamlett, C. (2019, February). Why Is Advertising so Important to Business? Smallbusiness.

Hanggraito, A. A., Wiratama, A. S., & Saifuddien, R. A. (2020). Alternatif Strategi Bauran Pemasaran 7P Museum Batik Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(2), 72–83. https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.50

Jejaring Desa Wisata. (2023). Desa Wisata Banyumudal. Kamenprekraf. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/banyumudal

Kemenparekraf. (2023, March). Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 Kembali Digelar. Kemenparekraf.Go.Id.

Kushwaha, G. S., & Agrawal, S. R. (2015). An Indian customer surrounding 7P[U+05F3]s of service marketing. Journal of Retailing and Consumer Services, 22, 85–95. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2014.10.006

Landa, R. (2011). 5 Phases of Design Graphic Process (4 Th).

Laura, M. ;, & Luzar, C. (2011). EFEK WARNA DALAM DUNIA DESAIN DAN PERIKLANAN (Vol. 2, Issue 2).

Ma Chung. (2021, December). Fungsi dari Desain Alat Kantor (Stationary) dan Merchandise bagi Citra Sebuah Perusahaan. Universitas Ma Chung.

Mucharomah, N. L. (2023, February). Analisis SOAR dan Analisis SWOT, Apa saja Perbedaan dan Kegunaannya? Dailysocial.

Oliver, A. (2023, September). Psikologi Warna: Apa Itu, Manfaat, Jenis dan Makna Warna, serta Cara Memilihnya. Glints.

Oscario, A. (2013). PENTINGNYA PERAN LOGO DALAM MEMBANGUN BRAND. Binus Journal Publishing Humaniora.

Prabowo, O. A., Pranayama, A., & Sutanto, R. P. (n.d.). Perancangan Visual Branding Desa Wisata Jambu Kabupaten Kediri.

Saumi Rustian, R. (2012). Apa Itu Sosial Media. Universitas Pasundan.

Setiyaningsih, Y. (2023). Pengertian Layout Desain, Prinsip, Elemen, Tujuan, dan Manfaat. Dianisa.

Sudibya, B. (2018). Wisata Desa dan Desa Wisata. http://www.berdesa.com/apa-beda-desa-wisata-dan-wisata-desa

Tjandra, C. (2022). Pengertian Visual Branding, Tujuan, Manfaat, dan Tips Melakukannya. Toffeedev.

UCEO. (2016). Metode Pengumpulan Data dalam Peneltian.

Uma, B. (2023). Pengertian Visual Branding beserta Manfaat dan Strateginya yang Menarik. Universitas Medan Area.

Utami, L. S., Sabaryati, J., & Setiawan, D. (2014). PENGARUH METODE DISKUSI BUZZ GROUP YANG DIRANGKAIKAN DENGAN PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEKANIKA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM TAHUN AKADEMIK 2013/2014 (Vol. 9, Issue 1).

Ward, S. (2022, August). What Is Advertising . The Balance .

Widyawati, N. (2018). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN SERTA BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI HOTEL ZAKIAH MEDAN. EKUITAS Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 12(1), 74–96.

Yunita Wijaya, P. (1999). TIPOGRAFI DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. http://puslit.petra.ac.id/journals/design/

Zainudin, A. (2021, March). Kegagalan Branding. Binus University School Of Information System.

Downloads

Published

2024-04-28

How to Cite

Al Yaasiin, M., & Akrom, A. (2024). PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING DESA WISATA BANYUMUDAL KABUPATEN PEMALANG. CITRAKARA, 6(1), 46–63. https://doi.org/10.33633/ctr.v6i1.11347

Issue

Section

Articles