PERANCANGAN KOMIK DIGITAL KISAH PANGERAN PURBAYA DAN SEJARAH KOTA SLAWI
Keywords:
Cerita rakyat, komik digital, nilai moral, sejarahAbstract
Kisah Pangeran Purbaya dan Sejarah Kota Slawi adalah salah satu cerita rakyat yang minim bentuk literaturnya sehingga kurang dikenal oleh masyarakat, berpotensi punah dan terlupakan jika tidak dilestarikan. Oleh karena itu, dibutuhkan media yang dikemas kekinian, memanfaatkan platform digital dengan tujuan untuk melestarikan cerita rakyat sekaligus mengajarkan nilai-nilai moral yang terkandung didalamnya. Audiens sasaran adalah anak berumur 14-26 tahun di seluruh wilayah Indonesia, sesuai dengan batas minimal konsumen platform website yang digunakan. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif-kuantitatif dengan analisis data menggunakan metode analisis 5W+1H. Perancangan ini menghasilkan media utama berupa komik digital yang diterbitkan melalui platform digital. Media pendukung komik tersebut adalah gantungan kunci, stiker, popsockets, t-shirt dan juga totebag.References
Aksara, Litera. (2008). Raden Purbaya Syekh Abdul Ghofar. Tegal: CV. Litera Aksara Tegal. Amin, F., 2021. PERANCANGAN KOMIK MBAH SYEKH JONDANG SEBAGAI MEDIA
PELESTARIAN CERITA RAKYAT DI DESA JONDANG.
Anugrah, S. P., & Indrojarwo, B. T. (2018). Perancangan komik digital legenda Singo Ulung sebagai media pelestarian cerita rakyat Kabupaten Bondowoso. Jurnal Sains dan Seni ITS, 7(1), 30-34.
Apriliani, K., Setiawati, R., Ningtyas, D. M., Febiola, F., & Primasari, C. H. (2022). Analisis User Experience pada Aplikasi Line Webtoon. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 2(2), 403-410.
Azmi, M. N. P., & Hasyim, N. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Untuk Mengenalkan Tokoh Cerita Ki Gede Sebayu Pendiri Kota Tegal. AKSA: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 6(1), 869-875.
Bila, F. Z. S., & Yogananti, A. F. (2022). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI UNTUK MENGENALKAN SOSOK SYEKH AHMAD MUTAMAKKIN DI KOTA PATI. CITRAKARA, 4(4), 566-583
Gravett, P. (2004). Manga: Sixty years of Japanese comics. (No Title).
Hahury, R. M. S., & Wahyudi, A. T. (2022). Analisa Pengaplikasian Teori Warna Dan Penggunaan Siluet Dalam Desain Karakter. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 14.
Halali, M.H.R, Perancangan buku ilustrasi cerita rakyat beridirnya kota slawi sebagai media edukasi anak sekolah dasar. Skripsi. Tegal: Politeknik Harapan Bersama Tegal
Hidayat, F. (2015). Pembuatan buku komik Sawunggaling. Online). Diakses dari jurnalmahasiswa. unesa. ac. id/index. php/va/article/viewFile/13342/12246 pada, 21.
Husna, K. (2019). Perancangan Komik Web Sebagai Panduan dan Tips Membuat Komik Web (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Izzatur Rahman Ardanian, Z. (2022). KONFLIK BATIN DALAM MANGA FUKAKAI NA BOKU
NO SUBETE O KARYA KATA KONAYAMA (Doctoral dissertation, Unsada).
Karja, I. W. (2021, November). Makna warna. In Prosiding Seminar Bali-Dwipantara Waskita (Vol.
, No. 1).
Koendoro, Dwi. 2007. Yuk Bikin Komik. Bandung: Mizan
Kompas.com, “Tekno & Business,” Kompas.com, 2016. [Online]. Available: http://tekno.kompas.com/read/2016/09/03/16280007/3.jurus.line.kembangkan.bisnis.di.indones ia.
Maharsi, I., 2011. Komik. Dwi-Quantum
Maryatin, M. (2018). Studi Komparasi Hasil Mendengarkan Cerita Rakyat “Timun Mas” dengan Menggunakan Media Audio dan Tidak Menggunakan Media Nonaudio di SDN 033 Balikpapan. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1)
Meilani, M. (2013). Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana. Humaniora, 4(1), 326-338.
Musdalifa, A. (2016). Nilai-nilai budaya dalam tiga cerita rakyat Tolaki (pendekatan sosiologi sastra).
Jurnal Humanika, 16(1), 2.
Nindyana, D. G., & Aryanto, H. (2022). Perancangan Komik Digital Fantasi Cerita Rakyat Nusantara Timun Mas. Barik, 3(2), 1-14.
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. UGM press.
Nurhuda, P., Anoegrajekti, N., & Attas, S. G. (2021). Nilai Moral dan Budaya Dalam Cerita Rakyat Sakera dari Pasuruan. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 10(2), 197-208
Praptawati, D., Permatasari, R., & Murtiningrum, A. (2023). Pendampingan Kegiatan Literasi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Desa Bogares Lor Kecamatan Pangkah-Tegal. Indonesian Journal of Community Services, 5(1), 45-52.
Putra, A. K., & Kristiana, N. (2020). Perancangan Komik Digital Cerita Rakyat Joko Dolog Surabaya.
BARIK, 1(2), 153-165
Rochani, Hamam A. (2005). Ki Gede Sebayu Babad Negari Tegal. Tegal: Intermedia Paramadina. Siregar, A. K., & Qurniawati, E. F. (2022). Analisis Framing Pemberitaan Buzzer di tempo. co.
Journal of New Media and Communication, 1(1), 1-15.
S. McCloud, Understanding Comics (The Invisible Art). New York: Kitchen Sink Press, 1993.
Soedarso, N. (2015). Komik: karya sastra bergambar. Humaniora, 6(4), 496-506. Soeherman, B. 2002. Mastering Manga Character. Jakarta: Gramedia Elex Komputindo
Thejahanjaya, D., & Yulianto, Y. H. (2022). Penerapan Psikologi Warna Dalam Color Grading Untuk Menyampaikan Tujuan Dibalik Foto. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 9.
Zeza, D. Z., & Yanuarsari , D. H. (2024). PERANCANGAN KOMIK DIGITAL MENGENAI PENGENALAN PROFIL DKV UDINUS. CITRAKARA, 5(4), 533–542.
Zhafran, J.S. (2022). Perancangan Komik Digital sebagai Upaya Memperkenalkan Tempat Bersejarah di Kabupaten Karawang. Laporan. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggie Hania Putri, Dzuha Hening Yanuarsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0