PERANCANGAN MOTION COMIC PADA VIDEO KLIP LAGU PEMUJA RAHASIA DIALBUM BAND GRISNESS CULTURE
Abstract
Lagu adalah media ekspresi yang bersifat universal, melalui lagu itu musisi menyampaikan pesannya. Agar pesan dalam lagu tersebut dapat diterima dengan baik oleh audiens, maka dibutuhkan visualisasi. Melalui visualisasi lagu terjadi komunikasi antara audies dengan musisi yang berdampak pada eksistensi band tersebut. Tujuan dari perancangan ini untuk mengembalikan eksistensi band Grisness Culture melalui video klip. Metode analisis data menggunakan kualitatif 5W + 1H dan metode perancangan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Hasil akhir dari perancangan ini berupa motion comic yang akan dijadikan media utama sedangkan media pendukung berupa popup iklan dan konten video reels Instagram untuk mempermudah penyebarluasan. Kata Kunci : Motion Comic, Grisness culture, pemuja rahasiaReferences
Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Algiffari, M. (2015). Perancangan motion graphic (bumper in) dan video dokumenter permainan tradisional Jawa Barat (analisis deskriptif permainan tradisional pada Sanggar Seni Tikukur Majalengka). Jurnal sketsa, 2(1).
Amelia, C., & Aryaneta, Y. (2022). PENGARUH MUSIK TERHADAP EMOSI. Jurnal Ilmiah Zona Psikologi, 4(3).
Armisha, V. D., & Abidin, M. R. I. (2021). Perancangan komik webtoon sebagai pengenalan wisata kuliner khas tulungagung. Barik, 3(1), 30-43.
Avgerinou, M.D. (2009). Re-viewing visual literacy in the ‘Bain d’images’ era. TechTrends, 53, 28–34. doi:10.1007/s11528-009-0264-z
B-Sing (2020). SKA! GENRE MUSIK ASIK ANAK MUDA BANGET. Diakses pada 05 Agustus 2023, dari http://b-sing.trunojoyo.ac.id/2020/03/ska-genre-musik-asik-anak-muda- banget.html
Bonnef, M. (1998). Komik Indonesia. Jakarta: Perpustakaan Populer Gramedia.
Caputo, T. C. (2003). Visual Storytelling: the art and technique. Watson-Guptill Publications.
Dhanti, N. S., Pramono, A., & Novica, D. R. (2020). WEBCOMIC DESIGN “THE IMPORTANCE OF ENVIRONMENTAL AWARENESS” FOR TEENAGER. In International Conference on Art, Design, Education and Cultural Studies (ICADECS)
Dyzak, B. (2010) What I Really Want to Do on Set in Hollywood. LA: Random House LLC Fadhallah,
R. A. (2021). Wawancara. Unj Press
Galura, R. (2014). Layout majalah sebagai sebuah cerminan identitas pembaca studi kasus layout majalah cosmopolitan dan aneka yes. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3).
George, D. (2002). From analysis to design: Visual communication in the teaching of writing. College Composition and Communication, 54(1), 11–39. doi:10.2307/1512100
Hakim, A. A., & Rahman, Y. (2017). Perancangan Media Promosi Perusahaan Arnis Wigati (AW). Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan 37-48.
Hracs B. J (2012). A creative Industry in Transition: The Rise of Digitally Driven Independent Music Production
Huda, M., Hidayat, S., & Resmadi, I. (2020). Perancangan Komik Pengenalan Sistem Kekerabatan Matrilineal Di Minangkabau. eProceedings of Art & Design, 7(2)
Guchy, B. Z. P. (2014). Perancangan Video Promosi Pencak Silat Setia Hati Organisasi. Jurnal Integrasi, 6(1), 36-40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rachmad Nur Setyadi, Daniar Wikan Setyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0