PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL FEEL OUGH STUDIO

Authors

  • Alif Zulfikar Gymnastiar Universitas Dian Nuswantoro
  • Henry Bastian Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Feel Ough Studio merupakan penyedia jasa dokumentasi dan studio foto yang menawarkan layanan jasa dokumentasi berbagai macam jenis acara dan juga studio foto dengan banyak varian latar foto. Feel Ough Studio saat ini memerlukan sebuah identitas visual baru karena identitas visual yang dimilikinya kurang mencerminkan usaha yang dijalankan sebagai penyedia jasa dokumentasi dan studio foto. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif serta didukung dengan analisis SWOT sebagai metode pengolahan data dan menggunakan metode perancangan 5 phase of design oleh Robin Landa. Media yang dihasilkan pada perancangan ini diantaranya terdapat media utama yaitu Graphic Standard Manual (GSM) dan terdapat media pendukung seperti seragam, kaos, feed instagram, kartu nama, id card, logo sign, sticker, totebag dan wrapping sticker kendaraan. Kata Kunci: Fotografi, Studio Foto, Perancangan Ulang, Identitas Visual, Usaha, Feel Ough Studio.   Feel Ough Studio is a documentation service provider and photo studio that offers documentation services for various types of events and a photo studio with many variants of photo backgrounds. Feel Ough Studio currently needs a new visual identity because its visual identity does not reflect the business it runs as a documentation service provider and photo studio. This research uses qualitative and quantitative analysis methods and is supported by SWOT analysis as a data processing method and uses the 5 phase of design method by Robin Landa. The media produced in this design include the main media, namely Graphic Standard Manual (GSM), there are supporting media such as uniforms, t-shirts, Instagram feeds, business cards, ID cards, logo signs, stickers, tote bags, and vehicle wrapping stickers. Keyword: Photography, Photo Studio, Redesign, Visual Identity, Business, Feel Ough Studio.

References

Aaker, D. (2015). Aaker On Branding. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Aji, T. (2015). Studio Foto Sewa di Kota Yogyakarta. Disertasi Doktor. Yogyakarta: Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Akbar, P. S., & Usman. (2008). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Ambrose, G., & Harris, P. (2009). Basic Design 08 : Design Thinking. Lausanne: AVA Publishing. Anggoro, M. L. (2000). Teori dan Profesi Kehumasan : Serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Bumi

Aksara.

Arifudin, D. L. (2021). Pelatihan desain mockup dan logo sebagai branding produk untuk meningkatkan nilai jual bagi UMKM. Jurnal Masyarakat Mandiri) 5, 2640-2651.

Carter, D. E. (1986). The Big Book of Logo.

Ekawardhani, Y. A., & Natagracia, G. (2012). Kajian Prinsip Pokok Tipografi (legibility, readibility, visibility, dan clarity) pada Poster Film Beranak dalam Kubur The Movie dan Jelangkung. VISUALITA, Vol.4 No.1, 90-91.

Ellis, M. (2019, Agustus 7). Logotype vs. logomark vs. logo: What is the difference? Retrieved from vistaprint: https://www.vistaprint.com/hub/logotype-vs-logomark-vs-logo

Fahmi, I. (2015). Manajemen Strategis. Bandung: CV. Alfabeta.

Fraser, T., & Banks, A. (2004). The Complate Guide to Color. United Kingdom: Ilex Press Ltd. Friadi, J., & dkk. (2022). KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PRODUK. Sleman: Samudra Biru.

Kartika, J. D., & Wijaya, R. S. (2015). Logo: Visual Asset Development. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Karyadi, B. (2017). Fotografi: Belajar Fotografi. Bogor: NahlMedia. Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, & Keller. (2015). Manajemen Pemasaran (13 ed., Vol. 2). Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Kuantitatif dan Kualitatif (Disertai Contoh Praktis). Rawamangun: Prenadamedia Group.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual . Yogyakarta: Andi Offset. Kusrianto, A. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI.

Landa, R. (2011). Graphic Design Solution, Fourth Edition. Boston : Clark Baxter. Landa, R. (2011). Graphic Design Solutions. USA: Wadsworth.

Levanier, J. (2020). Visual identity: everything you need to know about this essential aspect of branding. Retrieved October 24, 2023, from 99design: https://99designs.com/blog/logo- branding/visual-identity/

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, A. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.

Pintar, K. (2023, Mei 31). Apa itu Brand Refreshment? Simak Penjelasannya Berikut ini! Retrieved from https://kasirpintar.co.id/solusi/detail/apa-itu-brand-refreshment-simak-penjelasannya- berikut-ini

Ramadhan, A. (2021, Oktober 5). Stilasi Dan Deformasi Beserta Contohnya. Retrieved from Seputar Kelas: https://seputarkelas.com/stilasi-dan-deformasi-beserta-contohnya/#google_vignette

Riyanto. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Rogahang, Henry, P., Poli, H., & Frits O.P, S. (2015). Redesain Kompleks Stadion Klabat Manado Arsitektur Modern Rasionalisme. Jurnal Arsitektur DASENG UNSRAT, 73.

Rustan, S. (2008). Layout, dasar & penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Rustan, S. (2013). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Safitri, D. P. (2023). Perancangan Ulang Identitas Visual Ellionaire Project. Politeknik Negeri Jakarta, Depok.

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.

Setiawan, N. (2011). Perancangan Corporate Identity PT. Samudera Lintas Timur. Surabaya: UK Petra.

Soewardikoen, D. W. (2019). Metode Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT.Kanisius.

Sudarma, I. K. (2014). Fotografi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sudjojo, M. (2010). Tak-tik Fotografi. Jakarta: Bukune.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global.

Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Wheleer, A. (2013). Designing Brand Identity : An Essential Guide for the Whole Branding Team.

Canada: John Wiley & Sons, Inc, Hoboken, New Jersey.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Gymnastiar, A. Z., & Henry Bastian. (2024). PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL FEEL OUGH STUDIO. CITRAKARA, 6(1), 108–124. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11091

Issue

Section

Articles