PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MELALUI KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PT AQS GROUP INDONESIA
Abstract
PT AQS Group Indonesia adalah salah satu produsen briket tempurung kelapa di Indonesia yang saat ini sedang berupaya membuat promosi karena kurangnya brand awareness dari pasar internasional. Salah satu media yang paling banyak digunakan secara global adalah media sosial Instagram. Oleh karena itu PT AQS Group Indonesia memerlukan perancangan konten Instagram untuk halaman sosial media Instagramnya. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik SWOT dan dilanjutkan perancangan menggunakan metode 5 fase desain grafis Robin Landa. Penelitian ini menghasilkan konten Instagram berupa desain feed dan desain story Instagram dengan fokus utama konten yaitu mengenai proses produksi, kualitas produk, bahan baku, serta pengalaman saat menggunakan produk. Kata kunci : PT AQS Group Indonesia, konten Instagram, media promosi, brand awarenessReferences
Anholt, S. (2003). Brand New Justice. The Upside Of Global Branding. Elsevier Science & Technology Books.
Baldwin, C. (2023). 4 Reasons Businesses Should Use Instagram Stories. WSI.
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuisitas & Perilaku Merk. PT Gramedia Pustaka Utama.
Kamalina, A. R. (2021). Apa Arti Energi Fosil dan Jenis-Jenisnya? Bisnis.Com. Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management. Pearson Pretice Hall.
Maryono, Sudding, & Rahmawati. (2013). Pembuatan dan Analisis Mutu Briket Arang Tempurung Kelapa Ditinjau dari Kadar Kanji. Online Journal System UNM, 14.
Muhammad, D. R. A., Parnanto, N. H. R., & Widadie, F. (2013). Kajian Peningkatan Mutu Briket Arang Tempurung Kelapa Dengan Alat Pengering Tipe Rak Berbahan Bakar Biomassa The Study Of Quality Improvement Of Charcoal Briquette Made Of Coconut Shell With Biomass- Fuel Tray Dryer. Teknologi Hasil Pertanian, VI(1), 23–26. www.uns.ac.id
Novita, D., & Yuliani, N. (2021). Pemanfaatan Instagram di Dalam Mengelola Bisnis Online bagi UMKM Forum Ilmiah. Forum Ilmiah, 18(1), 55.
Rizanty, M. A. (2023). Produksi Kelapa di Indonesia Sebanyak 2,87 Juta Ton pada 2022. DataIndonesia.Id.
Satriawan, N. (2023). Pengertian Metode Penelitian dan Jenis-jenis Metode Penelitian. PT Ranah Media Digital. https://ranahresearch.com/metode-penelitian-dan-jenis-metode-penelitian/
Siagian, P., Suleman, N., Asrim, J., Tambi, Widiyanti, S. E., Prihatini, W. O. Z., Budirohmi, A., & Armus, R. (2023). ENERGI BARU TERBARUKAN SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF. Yayasan Kita Menulis.
Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. PT Elex Media Komputindo. Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencan Prenada.
Wheeler, A. (2013). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team (4th ed.). John Wiley & Sons, Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Satya Dwi Laksmana, Noor Hasyim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0