This is an outdated version published on 2024-07-02. Read the most recent version.

PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI SEBAGAI MEDIA PENGENALAN EMOSI PADA ANAK UMUR 4 – 6 TAHUN

Authors

  • Dwi Puji Prabowo
  • Ailsa Nabila Fattah Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v5i4.11032

Abstract

Pengenalan emosi pada anak usia dini khususnya berumur 4 – 6 tahun masih dianggap sepele bagi orangtua. Para orangtua cenderung tidak peduli dan lebih memilih melakukan metode screen time untuk mengalihkan emosi anak mereka. Pemilihan media harus berhati-hati agar media sesuai dan nyaman untuk anak sehingga menciptakan tumbuh kembang sosial emosional yang baik dan positif, salah satunya melalui buku ilustrasi anak yang menarik dan interaktif. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan 5W+1H dengan metode perancangan pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Perancangan ini menghasilkan media utama buku ilustrasi anak dan media pendukung yaitu flash card, stiker satuan, stiker set, gantungan kunci, kipas karakter, dan pouch kecil. Kata Kunci: anak usia dini, emosi, ilustrasi, media pembelajaran

References

American Academy of pediatrics. (2022). Supporting emotional, behavioral needs of children in the pandemic: Updated guidance. 129: e827- e841

Apsari, D., & Guna Putra, W. T. (2021). Memahami Ekspresi Emosional Melalui Bahasa Visual Dalam Buku Cergam Anak “Little Grey.” Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 6(1), 1. https://doi.org/10.25124/demandia.v6i1.2743

Badan Pusat Statistik Indonesia. (12 Desember 2023). Profil Anak Usia Dini 2023. Diakses pada 2 Februari 2024, dari

https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/12/e9b0a9a0adcffefb137e0d0d/profil-anak-usiadini-2023.html

Chan, T. K. S., Wong, S. W. L., Wong, A. M. Y., & Leung, V. W. H. (2019). The Influence of Presentation Format of Story on Narrative Production in Chinese Children Learning English-asa-Second-Language: A Comparison Between Graphic Novel, Illustration Book and Text. Journal of Psycholinguistic Research, 48(1), 221–242. https://doi.org/10.1007/s10936-018-9600-9

Coyne, S. M., Shawcroft, J., Gale, M., Gentile, D. A., Etherington, J. T., Holmgren, H., & Stockdale, L. (2021). Tantrums, toddlers and technology: Temperament, media emotion regulation, and problematic media use in early childhood. Computers in Human Behavior, 120(February), 106762. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106762

Domoff, S. E., Harrison, K., Gearhardt, A. N., Gentile, D. A., Lumeng, J. C., & Miller, A. L. (2019). Supplemental Material for Development and Validation of the Problematic Media Use Measure: A Parent Report Measure of Screen Media “Addiction” in Children. Psychology of Popular

Media Culture, 8(1), 2–11. https://doi.org/10.1037/ppm0000163.supp

Gleason, M. M., Goldson, E., & Yogman, M. W. (2016). Addressing Early Childhood Emotional and Behavioral Problems. Pediatrics, 138(6). https://doi.org/10.1542/peds.2016-3025

Hare, M. M., Garcia, A. M., Hart, K. C., & Graziano, P. A. (2021). Intervention response among preschoolers with ADHD: The role of emotion understanding. Journal of School Psychology, 84 (January 2020), 19–31. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.11.001

Hijriati, H. (2017). Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 59. https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1699

Janottama, I. P. A., & Putraka, A. N. A. (2017). Gaya Dan Teknik Perancangan Ilustrasi Tokoh Pada Cerita Rakyat Bali. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 5(November), 25–31. https://doi.org/10.31091/sw.v5i0.189

Levine, L. E., Waite, B. M., Bowman, L. L., & Kachinsky, K. (2019). Mobile media use by infants and toddlers. Computers in Human Behavior, 94(September 2018), 92–99. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.12.045

Moon, D. S., & Bahn, G. H. (2022). The Concept of Synchronization in the Process of SeparationIndividuation Between a Parent and an Adolescent. Journal of the Korean Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 33(2), 41–47. https://doi.org/10.5765/jkacap.220003

Naughton, A. M., Maguire, S. A., Mann, M. K., Lumb, R. C., Tempest, V., Gracias, S., & Kemp, A. M. (2013). Emotional, behavioral, and developmental features indicative of neglect or emotional abuse in preschool children a systematic review. JAMA Pediatrics, 167(8), 769–775. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2013.192

Ndari, S. S., Vinayastri, A., & Masykuroh, K. (2019). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edu Publisher. Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial

Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381–387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Shin, M., & Kemps, E. (2020). Media multitasking as an avoidance coping strategy against emotionally negative stimuli. Anxiety, Stress and Coping, 33(4), 440–451. https://doi.org/10.1080/10615806.2020.1745194

Walidin, W., Saifullah, & ZA, T. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Grounded Theory. 8(January), 274–282.

Downloads

Published

2024-07-02 — Updated on 2024-07-02

Versions

How to Cite

Prabowo, D. P., & Fattah, A. N. (2024). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI SEBAGAI MEDIA PENGENALAN EMOSI PADA ANAK UMUR 4 – 6 TAHUN. CITRAKARA, 5(4), 485–496. https://doi.org/10.33633/ctr.v5i4.11032