PERANCANGAN ULANG BRAND IDENTITY KUE BANDUNG JURAGAN 79
Abstract
Di Semarang terdapat sebuah brand kue bandung, martabak telurdan tipis kering yang memiliki 10 outlet dan memiliki penjualan terbanyak di berbagai merchant online food yaitu Kue BandungJuragan 79. Kue Bandung Juragan 79 memiliki nilai jual tersendiri daripada brand lain karena berhasiluntuk mempertahankan konsistensi rasa, bentuk serta inovasi dalam menu unik seperti martabak telur mie. Namun brand identity Kue Bandung Juragan 79 yang sudah ada masih inkonsisten dalam penempatan aplikasi media, penggunaan warna serta logo yang masih dianggap sebagai merek kuno oleh masyarakat khususnya generasi muda, sehingga brand awareness tidak tersampaikan dengan tepat. Oleh karena itu Kue BandungJuragan 79 membutuhkan perancangan brand identity berupa logo dan media pendukung lainnya yang sesuai dengan target market yang dituju serta dapat merepresentasikan wajah baru sesuai dengan berkembangnya zaman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara dengan pihak-pihak terkait dan observasi langsung. Hasil dari perancang-an ini yaitu buku brand identity, buku brand guidelines, dan buku business partnership, sedangkan mediapendukung untuk branding yaitu neon box, shop board, seragam, stationary, stiker dan 3D design untuk outlet. Kata Kunci : identitas brand, juragan 79, kulinerReferences
Aaker, A., David. (2006). Managing Brand Equity: Capitalizing on The Value of a Brand Name. United States of America: The Free Press.
Aaker, A. David. (2008). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Penerbit Mitra Utama.
Alina Wheeler. (2006). Designing Brand Identity: A Complete Guide to Creating, Builiding, and Maintaining Strong Brands, 2nd edition. ISBN: 978-0- 471-74684-3. Whiley. Philadelphia, USA.
Al Ries & Jack Trout (2001). Positioning: The Battle for Your Mind. McGraw Hill LLC.
Audria, Michelle A., & Rizkavirwan, D. (2021) Perancangan Brand Identity Es Buntin Pasar Lama Tangerang. Tangerang.
David., E., Carter (1985). How to Improve Your Corporate Identity. Art Direction Book Company.
Dehghani, M., Niaki, M. K., Ramezani, I., & Sali, R. (2016). Evaluating the influence of YouTube advertising for attraction of young customers. Computers in Human Behavior, 59, 165–172. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.01.037
Kotler, P.,(2000). “Marketing Management: Analysis,Planning. New jersey:Prentice Hall.
Kotler, P., & Amstrong, (2000).” Principle of Marketing”, Eight Edition, Prentice Hall Internasional, Inc, New Jersey.
Kotler, P., & L. Keller. (2012). Marketing Management. 14?ℎ edition. New Jersey: Prentice Hall. Kotler, P., & L. Keller., Kevin Lane, (2009), manajemen pemasaran.Edisi 13 jilid 2.Alih Bahasa Bob
Sabran.Erlangga: Jakarta.
Listya, A., & Dawami, A. K. (2018). Perancangan Logo Organisasi Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Difabel (FKMPD) Klaten. Jurnal Desain, 5(02), 61–73.
Marta, W., Akmal., & Usman, R. (2022) Perancangan Visual Identity Regina Catering. Padang : Judikatif.
Miller, Jon and David Muir. (2004). The Business of Brands: John Wiley & Sons, Ltd.
Minamiyama, Hiro. (2007). World Branding: Concept, Strategy and Design. USA: Gingko Press. Misrah, B., Sahrudin, dan P., Efendi., (2013) “Peningkatan Kemampuan Siswa Membuat Kalimat
Tanya melalui Teknik 5w 1h di Kelas IV SD Inpres Lobu Gio”. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol.
No. 4 ISSN 2354-614X.
Priscilla Yunita Wijaya. (1999). Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual. Universitas Kristen Petra.
Rangkuti, Freddy. (2004). The Power of Brand: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek dan Analisis Dengan Kasus SPSS. Cetakan kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, Surianto. (2010). Huruf Font Tipografi. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama. Rustan, Surianto. (2009).Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta : Gramedia.
Robinson, Richard., B & John (1997). Manajemen Strategik : formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Binarupa Aksara.
Sihombing, Danton. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Vinsensius Sitepu (2004). Panduan Mengenal Desain Grafis. Escaeva : Bogor.
Voyer, P. A., & Ranaweera, C. (2014). The impact of word of mouth on service purchase decisions Examining Risk and the Interaction of Tie Strength and Involvement Journal of Service Theory and Practice, 25(5), 636- 656. doi:10.1108/JSTP-04-2014-0070
Wheeler, & As. (2011). Designing Brand Identity, An Essential Guide For The Entire Branding Team (3rd ed).Canada: Wiley.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 farrel reshad sharlyf muthahhari, Siti Hadiati Nugraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0