PERANCANGAN KOMIK DIGITAL PENGENALAN WISATA KABUPATEN SEMARANG SEBAGAI BENTUK PROMOSI PARIWISATA

Authors

  • Nabila Safira Wirda Rani Universitas Dian Nuswantoro
  • Siti Hadiati Nugraini Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v5i3.10171

Abstract

Pariwisata di Kabupaten Semarang memiliki potensi menarik yang dapat mendatangkan wisatawan nusantara untuk berkunjung. Akan tetapi, media promosi yang hingga saat ini digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, kurang menarik tampilannya dan jarang menggunakan faktor travel experience (pengalaman perjalanan). Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang membutuhkan media promosi berupa komik digital dengan faktor travel experience yang dapat meningkatkan jumlah wisatawan nusantara untuk berkunjung ke Kabupaten Semarang. Metode perancangan yang digunakan dalam perancangan komik digital ini adalah metode perancangan komik oleh Tytton Sishertanto dan Danu Widhyatmoko. Media pendukung yang melengkapi komik digital antara lain stiker Instagram, totebag, dan gantungan kunci. Komik digital ini diharapkan dapat mendukung tercapainya tujuan promosi wisata Kabupaten Semarang dalam mendatangkan wisatawan

References

Belch, G. E., dan Belch, M. A. 2012. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. McGraw-Hill Education.

Bhuiyan, M. A. H., dkk. 2013. Tourism development in Malaysia from the perspective of development plans. Asian Social Science, 9 (9).

Devashish, Dasgupta. 2011. Tourism Marketing. India: Pearson.

Elvera, S. E. 2020. Pemasaran Pariwisata: Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka.

Gunn, Clare A. dan Turgut Var. 2002. Tourism Planning: Basics, Concepts, Cases. New York: Routledge.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing. Essex: Pearson.

McCloud, Scott. 2006. Making Comics: Storytelling Secrets of Comics, Manga, and Graphic Novels. New York: Harper.

Nguyen, H. T., dan Le, T. 2016. The use of comics as a teaching tool in the EFL classroom. Journal of Language Teaching and Research, 7(6), 1435-1441.

Payangan, O. R. 2013. Pemasaran Jasa Pariwisata. Bogor: IPB Press.

Simanjuntak, Antonius, dkk. 2017. Sejarah Pariwisata Menuju Perkembangan Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Tahrun, Houtman, dan Muhammad Nasir. 2019. Keterampilan Pers dan Jurnalistik Berwawasan Jender. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Rani, N. S. W., & Nugraini, S. H. (2023). PERANCANGAN KOMIK DIGITAL PENGENALAN WISATA KABUPATEN SEMARANG SEBAGAI BENTUK PROMOSI PARIWISATA. CITRAKARA, 5(3), 339–349. https://doi.org/10.33633/ctr.v5i3.10171