STUDI IMPLEMENTASI KAPABILITAS PEMASARAN DINAMIS PADA PENGUSAHA BISNIS ONLINE FASHION DI INDONESIA

Authors

  • Elia Resha Fatmawati Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kapabilitas dinamis dinamis pada pengusaha toko online fashion di Indonesia. Responden penelitian ini adalah pengusaha toko online fashion di Indonesia yang berjumlah 96 orang. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan responden belum maksimal dalam mengimplementasikan kapabilitas pemasaran dinamis. Pada kapabilitas pemasaran absorptif, semua responden selalu mempelajari pengetahuan pasar dari pelanggan, namun tidak semua responden selalu mempelajari pengetahuan pasar dari pesaing. Pada kapabilitas pemasaran adaptif, semua responden selalu melakukan respon terhadap perubahan teknologi baru yang mendukung kegiatan pemasaran, tidak semua responden selalu melakukan respon terhadap perubahan kebutuhan pelanggan, dan responden tidak selalu merespon terhadap strategi yang dilakukan oleh pesaing. Pada kapabilitas pemasaran inovatif, responden selalu melakukan inovasi pada semua aspek inovasi seperti pembaharuan produk, harga, layanan, cara publikasi produk, dan kegiatan periklanan online, namun ada satu aspek yang paling selalu diperhatikan oleh responden dalam yaitu pembaharuan produk yang ditingkatkan dengan nilai produk di produk fashion yang mereka jual.

References

Ananda, L. D. (2017). Dinamika Trust pada Pemasaran Online di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Indonesia, 5(1), 14–25.

Castillo, D. J., & Perez, M. S. (2013). Market Knowledge Absorptive Capacity: A Measurement Scale. Information Research, 18(4), 1-11.

Dewi, I. R. (2023). JD.ID Tutup, Ini Deretan Ecommerce RI yang Gulung Tikar. CNBC Indonesia. Diakses dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230130135204-37-409327/jdid-tutup-ini-deretan-ecommerce-ri-yang-gulung-tikar.

Fan, M., Qalati, S. A., Khan, M. A. S., Shah, S. M. M., Ramzan, M., & Khan, R. S. (2021). Effects of Entrepreneurial Orientation on Social Media Adoption and SME Performance: The Moderating Role of Innovation Capabilities. PLoS ONE, 16(4), 1-24.

Hooley, G., Piercy, N. F., & Nicoulaud, B. (2008). Marketing Strategy and Competitive Positioning. Harlow: FT Prentice Hall.

Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. (1997). Adequacy of Sample Size in Health Studies. Chichester: John Wiley & Sons.

Levasseur, T. (2017). How The Marketing Mix Helps Your Business Grow. Medium Corporation. Diakses dari https://medium.com/@cambridgetricia/how-the-marketing-mix-helps-your-business-grow-bdb31fdf1aea.

Lidwina, A. (2021). Produk Fesyen Jadi Primadona di E-Commerce. Katadata.co.id. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/09/produk-fesyen-jadi-primadona-di-e-commerce.

Rakthin, S., Calantone, R. J., & Wang, J. F. (2016). Managing Market Intelligence: The Comparative Role of Absorptive Capacity and Market Orientation. Journal of Business Research, 69(12), 5569–5577.

Saelee, R., & Ussahawanitchakit, P. (2014). Dynamic Marketing Capability and Marketing Performance: An Empirical Investigation of Travel Agency in Thailand. International Journal of Business Strategy, 14(2), 61–74.

Seah, M., Hsieh, M. H., & Huang, H.-Y. (2014). Leader Driven Organizational Adaptation. Management Decision, 52(8), 1410–1432.

Sulistyo, J. (2010). 6 Hari Jago SPSS 17. Yogyakarta: Cakrawala.

Tangkary, S. (2019). Kemkominfo: Pertumbuhan E-commerce Indonesia Capai 78 Persen. Kominfo.go.id. Diakses dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media.

Wang, C. L., & Ahmed, P. K. (2007). Dynamic Capabilities: A Review and Research Agenda. International Journal of Management Reviews, 9(1), 31–51.

Downloads

Published

2023-05-29