PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, WORD OF MOUTH, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LUWAK WHITE KOFFIE

Authors

  • Nisriinaa Rifqi Larasati Universitas Dian Nuswantoro
  • Amalia Nur Chasanah Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

ABSTRACTLuwak White Koffie is the first instant white coffee in Indonesia produced by PT Java Prima Abadi in 2015 and has been able to become a top brand every year until now for the white coffee category. This study aims to analyze the effect of perceived quality, word of mouth, and advertising on purchasing decisions of Luwak White Koffie in Semarang. This study has a sample of 100 who are consumers of Luwak White Koffie in Semarang with a minimum age of 18 years and have consumed Luwak White Koffie at least 2 times. The data is processed by multiple linear regression analysis method. The hypothesis proposed is the perception of quality, word of mouth, and advertising each has a positive effect on purchasing decisions. The results showed that the word of mouth variable had a negative and insignificant effect on purchasing decisions for Luwak White Koffie in Semarang and the hypothesis was rejected. While the perception of quality and advertising have a positive and significant effect on purchasing decisions Luwak White Koffie in Semarang so that the hypothesis is accepted.Keywords: Perceived Quality; Word of Mouth; Advertising; Buying DecisionABSTRAKLuwak White Koffie adalah kopi putih instan pertama di Indonesia yang diproduksi oleh PT Java Prima Abadi pada tahun 2015 dan mampu menjadi top brand setiap tahunnya hingga saat ini untuk kategori kopi putih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari persepsi kualitas, word of mouth, dan iklan terhadap keputusan pembelian Luwak White Koffie di Semarang. Penelitian ini memiliki sampel sejumlah 100 yang merupakan konsumen Luwak White Koffie di Semarang dengan usia minimal 18 tahun dan sudah pernah mengonsumsi Luwak White Koffie minimal 2 kali. Data diolah dengan metode analisis regresi linier berganda. Hipotesis yang diajukan adalah persepsi kualitas, word of mouth, dan iklan masing-masing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel word of mouth berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Luwak White Koffie di Semarang dan hipotesis ditolak. Sedangkan persepsi kualitas dan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Luwak White Koffie di Semarang sehingga hipotesis diterima.Kata Kunci: Persepsi Kualitas; Word of Mouth; Iklan; Keputusan Pembelian

Author Biographies

Nisriinaa Rifqi Larasati, Universitas Dian Nuswantoro

Program Manajemen

Amalia Nur Chasanah, Universitas Dian Nuswantoro

Progam Manajemen

References

Ariprayugo, G. dan Santoso M.M, D. S. B. (2016). Analisis Pengaruh Advertising dan Public Relations Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau (Studi pada Pengguna Produk Hijau The Body Shop Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5 (2), 1–10.

Detiknews. (2017). Luwak White Koffie Dukung Indonesia Sehat. Diakses dari https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-3439114/luwak-white-koffie- dukung-indonesia-sehat

Dewi, A. I. dan Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Word of Mouth terhadap Purchase Intention (Studi Pada Produk Mie Samyang Hot Spicy Chicken di Kota Denpasar). Manajemen Unud, 7 (4), 1801.

Hutapea, R. L. S. (2015). Analisis Pengaruh Experiential Marketing, Perceived Quality dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffie pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Junaedi, Fajar. (2013). Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta:Kencana

Kotler, P. dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing, Global Edition. 14th Edition. New York: Pearson Education.

Maghfiroh, K. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Word of Mouth terhadap Kepuasan Konsumen serta Implikasinya pada Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 2 (2), 34–44. https://doi.org/10.24176/bmaj.v2i2.4075

Ningsih, Y. P. dan Hati, S. W. (2017). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Accu Yuasa yang Dipromosikan Distributor PT Riau Indotama Abadi di Batam. Journal of Business Administration, 1 (1), 10–18.

Pane, O. B. M. S. dan Rini E. S. (2011). Pengaruh Brand Equity Flash Disk Merek Kingston terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa AMIK MBP MEDAN”. Jurnal Ekonom, Vol 14, No.3. Medan: FE USU

Prihandono, D. M., Arifin, Z. dan Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Pelaksanaan Advertising terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen AMDK Narmada di Kota Mataram). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 7 (2), 78795.

Putri, T. A., Marwan dan Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik La Tulipe di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 1 (4), 734. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5651

Sari, Y. P. (2019). Pengaruh Brand Trust dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Hijab Elzatta di Kota Bengkulu. Tesis. Bengkulu: IAIN Bengkulu.

Sernovitz, A. (2012). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies get People Talking. New York: Kaplan Inc.

Top Brand Index Luwak White Koffie. (n.d.). diakses dari https://www.topbrand- award.com/en/top-brand-index-int/?tbi_find=luwak white koffie

Downloads

Published

2022-05-01