DAMPAK PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM: PERAN MODERATOR UKURAN PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI PERUSAHAAN PUBLIK
Keywords:
harga saham, profitabilitas, ukuran perusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap harga saham dengan memperhatikan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 78 perusahaan yang bergerak di sektor makanan dan minuman, terdaftar di Bursa Efek Indonesia, selama periode 2021-2023. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu, seperti perusahaan yang terdaftar dalam periode tersebut dan memiliki laporan keuangan yang lengkap. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis regresi moderasi dengan bantuan perangkat lunak SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sementara ukuran perusahaan tidak memoderasi hubungan antara profitabilitas dan harga saham, artinya ukuran perusahaan tidak berperan dalam memperkuat atau melemahkan dampak profitabilitas terhadap harga saham perusahaan. Temuan ini memberikan wawasan bahwa investor cenderung lebih memperhatikan profitabilitas daripada ukuran perusahaan dalam membuat keputusan investasi.References
Akerlof, G. A. (1970). 4. The market for ‘lemons’: quality uncertainty and the market mechanism. Market Failure or Success, 66.
Apriliani, M. (2022). Peramalan Indeks Harga Saham Global Menggunakan VARIMA dan VARIMAX dengan Variabel Dummy sebagai Variabel Eksogen= Global Stock Price Index Forecasting Using VARIMA and VARIMAX with Dummy Variables as Exogenous Variables (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Bangun, H. A., & Januardin, J. (2022). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio dan Return On Assets Terhadap Harga Saham Sektor Kimia Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen Terapan Dan.
Carolin, C., Caesaria, M. A., Effendy, V., & Meiden, C. (2022). Pengaruh profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada beberapa jurnal, meta analisis. Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah, 5(2), 144-163.
Fadillah, A., Tiara, S., & Elviani, S. (2021). Tinjauan teoritis likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(3), 531–534.
Fadillah, F., Wibowo, S. A., & Budiman, G. (2020). Perancangan Dan Implementasi Prediksi Harga Saham Pada Aplikasi Berbasis Android Menggunakan Metode Support Vector Regression. eProceedings of Engineering, 7(2).
Faidah, F., & Wismar’ein, D. (2021). Pengaruh profitabilitas terhadap harga saham dengan struktur modal sebagai variabel intervening. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 28(1), 44–54.
Fathimah, F., Hernawati, R. I., Pamungkas, I. D., & Setyowati, L. (2024). The Influence Of Leverage, Tax Planning, And Good Corporate Governance On Earning Management. International Journal Of Accounting, Management, And Economics Research, 2(1), 01-17.
Ferdiansyah Mahyudin, N. I. D. N., Edward, M., Basuki, M. H., Bari, Y. A., & Suwandani, Y. (2018). Osteosarcoma has not become attention to society profile of osteosarcoma patients at dr. Soetomo General Hospital Surabaya “A retrospective study”. Journal Orthopaedi and Traumatology Surabaya, 7(1), 20-30.
Fitriani, F., Suriyanti, L. H., & Ramashar, W. (2022). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 27-40.
Ghozali, I. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Universitas Diponegoro.
Handarini, D. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penciptaan Nilai Pemegang Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Wahana Akuntansi, 13(2), 157–175. https://doi.org/10.21009/wahana.13.025
Hernawati, R. I. (2025, January). Leverage, tax planning, and financial performance drive earnings management: A moderating role of good corporate governance. In Proceeding International Conference on Accounting and Finance (pp. 129-145).
Hisbullah, M. R. (2021). Pengaruh Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Industri Barang dan Konsumsi di BEI Tahun 2017-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 794. https://doi.org/10.26740/jim.v9n2.p794-803
IDX. (2021). Laporan Keuangan Sub Sektor Makanan dan Minuman. 68.
Krismandari, E. C., & Amanah, L. (2021). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage Terhadap Return Saham Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(6), 21.
Mardiyaningsih, E., Tinggi, S., Ekonomi, I., Saham, I. H., Saham, L., Saham, H., & Saham, R. (2020). e-ISSN : 2598-8719 (Online) p-ISSN : 2598-8700 (Printed). 4(1), 1–13.
Miraprilia, B., Mahzura, T. A. S., & Ramadhani, S. N. (2022). Pengaruh Kebijakan Dividen, Total Assets Turnover (TATO), dan Laba Bersih Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Food and Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan dan Bisnis (JIKABI), 1(1), 122-133.
Nasution, N. A., & Sari, W. (2020). Pengaruh ukuran perusahaan (firm size) dan profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 11(1), 76–83.
Nehayati, N., Iskandariah, Y., & Mardjono, E. S. (2025, January). Optimizing tunneling incentive and bonus mechanism: Transfer pricing and tax minimization strategy for corporate sustainability. In Proceeding International Conference on Accounting and Finance (pp. 168-183).
Nehayati, N., Pamungkas, I. D., Ratnawati, J., & Durya, N. P. M. A. (2023). Analisis Pengaruh Minimasi Pajak Dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Dengan Komite Audit Sebagai Variabel Pemoderasi. JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing), 4(2), 377-394.
Novita, H., Samosir, R. C., Sarumaha, K., & Saragih, E. (2022). Pengaruh Harga Saham, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2020. Akurasi: Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 77–86.
Novianti, W., & Hakim, R. P. (2019). Harga Saham Yang Dipengaruhi Oleh Profitabilitas Dan Struktur Aktiva Dalam Sektor Telekomunikasi. Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 7(2), 19–32. https://doi.org/10.34010/jika.v7i2.1912
Oktavianasari, I., Prajanto, A., Pamungkas, I. D., & Kinasih, H. W. (2024). Pengaruh Diamond Theory Terhadap Fraudulent Financial Statements Dengan Komisaris Independen Sebagai Variabel Pemoderasi. JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing), 5(1), 31-49.
Pradanimas, A., & Sucipto, A. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Harga Saham dengan Nilai Perusahaan sebagai Variabel Intervening. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(1), 93. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.788
Pramudya, W. H., Herutono, S., & Kapti, A. S. M. K. (2022). Profitabilitas, Harga Saham dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 32(7), 1853. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i07.p14
Prasetyandari, C. W. (2024). Pengaruh Laba Terhadap Harga Saham Serta Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Perusahaan Teknologi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Manivest: Jurnal Manajemen, Ekonomi, Kewirausahaan, dan Investasi, 2(1), 01-12.
Puspitasari, A., & Mardjono, E. S. (2024). Eps As An Intervening Variable Between Profitability And Solvency Ratio On Stock Price. International Journal Of Accounting, Management, And Economics Research, 2(1), 207-228.
Putri, C. H., Lestari, T., & Ritawaty, N. (2022). Pengaruh Return on Assets, Equity dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Owner, 6(2), 2230–2240. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.862
Rofiqkoh, E., & Priyadi, M. P. (2016). The Effect of Profitability, Leverage and Company Size on Disclosure of Social Responsibility. Journal of Science and Accounting Research, 5(10), 1-18.
Sarumpaet, T. L., Novatiani, R. A., Christina, V., Asikin, B., & Novianto, R. A. (2023). Implications Of Debt To Asset Ratio, Return On Equity And Price To Book Value On Stock Prices (Study In The Consumer Goods Industry Sector Listed On The Idx For The Period 2017–2021). Jurnal Ekonomi, 12(02), 747-754.
Sofiatin, D. A., Putri, T. E., & Mulyati, S. (2020). The effect of product diversification strategy, financial leverage, firm size, and capital structure on profitability. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society, 2(02).
Spence, M. (1974). Competitive and optimal responses to signals: An analysis of efficiency and distribution. Journal of Economic Theory, 7(3), 296-332.
Tristanti, W., & Marliani, S. (2019). Pengaruh Return on Equity dan Earning Per Share terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012–2017. Buana Ilmu, 4(1), 116-136.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.