Penerapan Quality Function Deployment untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Kebutuhan Pelanggan Kafe Lingkar Coffee dan Idea
DOI:
https://doi.org/10.33633/jekobs.v4i1.12547Keywords:
kopi, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, QFD, restoran, quality, function, deployment, quality function deploymentAbstract
This study aims to identify service attributes required by customers at Lingkar Coffee & Idea Cafe through the left room of HOQ model, as well as to determine the priority of needs and technical responses of the company. Based on the dimensions of Servqual service quality, the attributes identified include the Tangible dimension such as cleanliness and visual appeal of the cafe, the Reliability dimension such as clarity of promotional information and consistency of taste, the Responsiveness dimension such as speed of service, the Assurance dimension such as parking security and availability of facilities, and the Empathy dimension such as employee friendliness. The priority of customer needs shows that employee friendliness and politeness are the most important attributes, followed by billing accuracy and good communication between employees and customers. The company`s technical responses include factors of place, service, cleanliness, evaluation, and facilities, with the highest technical response priority being smiles, greetings, and salutations, followed by criticism and suggestions, and building form. This study provides insight into key areas that need attention to improve customer satisfaction and service effectiveness in cafes. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut pelayanan yang dibutuhkan oleh pelanggan di Kafe Lingkar Coffee & Idea melalui model Ruang Kiri Rumah Kualitas, serta menentukan prioritas kebutuhan dan respon teknis perusahaan. Berdasarkan dimensi kualitas pelayanan Servqual, atribut yang diidentifikasi meliputi dimensi Bukti Langsung (tangible) seperti kebersihan dan daya tarik visual kafe, dimensi Keandalan (reliability) seperti kejelasan informasi promosi dan konsistensi rasa, dimensi Daya Tanggap (responsiveness) seperti kecepatan layanan, dimensi Jaminan (assurance) seperti keamanan parkir dan ketersediaan fasilitas, dan dimensi Empati (empathy) seperti keramahan karyawan. Prioritas kebutuhan pelanggan menunjukkan bahwa keramahan dan kesopanan karyawan adalah atribut terpenting, diikuti oleh ketepatan tagihan dan komunikasi yang baik antara karyawan dan pelanggan. Respon teknis perusahaan mencakup faktor tempat, pelayanan, kebersihan, evaluasi, dan fasilitas, dengan prioritas respon teknis tertinggi adalah senyum, salam, dan sapa, diikuti oleh kritik dan saran, serta bentuk bangunan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang area-area utama yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan efektivitas pelayanan di kafe.References
Alamsyah, B. W., Suprihatin, E., & Hidayah, A. (2024). Analisis kepuasan pelanggan dengan metode Service Quality (Servqual), Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD) untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Café Seling Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 10087–10095. https://doi.org/10.31004
Albina. (2019). Kebijakan perdagangan internasional kopi di Indonesia serta dampaknya terhadap harga dalam negeri. Jurnal Penelitian Agrisamudra, 6(2), 115–123. https://doi.org/10.33059/jpas.v6i2.1900
Alfiana, F., Hartiati, A., & Yoga, I. W. G. S. (2020). Identifikasi prioritas perbaikan pada kualitas produk es kopi susu di Kovfee-Bali dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 8(4), 502. https://doi.org/10.24843/JRMA.2020.v08.i04.p03
Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Instrumen pengumpulan data. Stain, 03, 1–20.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(01), 15–31.
Anassalam, M., & Cahya, H. N. (2023). Upaya peningkatan kepuasan konsumen menggunakan metode Quality Function Deployment pada Kedai Kopi Dreeps Coffee Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2). http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS
Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen Sealantwax. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 03(01). https://doi.org/10.37715/jp.v3i1.668
Budiargo, B. S., Praptono, B., & Sagita, B. H. (2021). Perancangan pelayanan bisnis coffee shop pada Kelingan Coffee dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). e-Proceeding of Engineering, 8(5), 7734.
Fishendra, M. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan tamu Kliri Coffee and Space Semarang. Jurnal Visi Manajemen, 08(01), 66–73. https://doi.org/10.56910/jvm.v8i1.199
Fithriyyah, D., Wulandari, E., & Sendjaja, T. P. (2020). Potensi komoditas kopi dalam perekonomian daerah di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(2), 700. https://doi.org/10.25157/ma.v6i2.3408
Fitri, M. D., & Cahya, H. N. (2023). Penerapan Quality Function Deployment untuk meningkatkan kualitas pelayanan berdasarkan kebutuhan pelanggan Restoran Cepat Saji Omah Gedhi Steak dan Penyet di Kota Kendal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2). http://publikasi.dinus.ac.id
Hendra, S., Wahono, A. M., Setiawan, I., Atikno, W., Hardi, H., & Dito, S. B. (2022). Peningkatan kepuasan konsumen pada industri restoran dengan metode Quality Function Deployment. Jurnal Manajemen dan Teknik Industri-Produksi, XXII(2), 111–120. https://doi.org/10.350587
Hidayah, S., & Apriliani. (2019). Analisis pengaruh brand image, harga, kualitas produk, dan daya tarik promosi terhadap minat beli ulang konsumen batik Pekalongan (Studi pada pasar grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 01(01), 24–21. https://doi.org/10.32500/jebe.v1i1.872
Iman, N., & Sari, A. I. (2022). Analisis daya saing industri coffee shop di Kota Medan. JAMEK (Jurnal Akuntansi Manajemen Ekonomi dan Kewirausahaan), 02(03), 54–64. https://doi.org/10.47065/jamek.v2i1.206
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Artefak, 07(01), 13–20.
Khaira, N., Saputra, F., & Syarief, F. (2022). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Kafe Sudut Halaman. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 2(3), 24–30. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.350
Kuswati, R., Soepatini, S., Vrasisa, R., & Rayyantika, F. (2021). Instruments validation of pro-environmental behaviour model. LPPM PTMA. https://repository.urecol.org
Maretza Naufal Fishendra. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan tamu Kliri Coffee and Space Semarang. Jurnal Visi Manajemen, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.56910/jvm.v8i1.199
Permata, V., & Dwiyanto, B. (2020). Peningkatan kualitas restoran dengan pendekatan Quality Function Deployment (QFD) (Studi pada Bakso Rusuk Solo). Diponegoro Journal of Management, 09(4), 1–15.
Pramudita, D., Gunawan, N., Ningsih, M., & Adilah, R. (2022). Determinan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan: Harga dan kualitas produk (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 03(01), 429–436. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Prasmoro, A. V., Chotimah, C., & Siregar, D. (2020). Analisis perbaikan kualitas pelayanan menggunakan metode Quality Function Deployment (Studi kasus Cafe XYZ Rawalumbu). Journal of Industrial and Engineering System, 1(2), 89–100. https://doi.org/10.31599/jies.v1i2.320
Priyono, P., & Yuamita, F. (2022). Pengembangan dan perancangan alat pemotong daun tembakau menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 137–144. https://doi.org/10.55826/tmit.v1iIII.45
Purnomo, A. (2019). Analisis freight rates logistics dengan penerapan House of Quality (HOQ) di PT Cipta Krida Bahari (CKB). Jurnal Logistik Bisnis, 09(01), 04–12.
Putra, R. (2021). Determinan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan terhadap kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 02(04), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461
Razak, I. (n.d.). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 07(02), 01–14. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2
Reinhart, M., & Wilujeng, F. R. (2022). Meningkatkan mutu pelayanan di Holland Bakery Tegal Rotan dengan metode IPA, Kano, dan QFD. JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems), 15(1). https://doi.org/10.30813/jiems.v15i1.3603
Saputro, A., & Maftuh, M. (2022). Rancang bangun alat penyimpanan tempe (Boksterra) dengan metode QFD (Studi kasus UMKM pembuat tempe di Kota Surabaya). Journal of Manufacturing in Industrial Engineering and Technology (MIND-TECH), 01(01), 1–13. https://doi.org/10.30651/mine-tech.v1i1.16565
Setyabudhi, A., & Saputra, E. (2020). Analisis pengembangan produk charger handphone dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Engineering and Technology International Journal, 02(03), 150–157. https://doi.org/10.55642/eatij.v2i03.49
Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji validitas dan reliabilitas alat ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Sumi, R., & Rahmani, N. (2022). Penerapan Quality Function Deployment (QFD) di perusahaan PT. Delima Makmur Aceh Singkil. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Keuangan, 03(03), 867–872. https://doi.org/10.53697/emak.v3i3
Tamin, Z. R., Yulianto, K., & Malonga, W. A. M. (2022). Analisis pemilihan coffee shop menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 6(4). https://doi.org/10.36312/jisip.v6i4.3660
Tovtora S, F. D. D., Rauf, A., & Zatira, D. (2022). Analisis digital marketing dan atribut produk terhadap keputusan pembelian sepatu Nike. Digital Business Journal, 1(1), 39. https://doi.org/10.31000/digibis.v1i1.6601
Veza, O., Arifin, N., & Tyas, S. (2022). Analisis dan perancangan arsitektur pemodelan simulasi dalam menentukan calon mahasiswa non aktif. JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina), 07(01), 16. https://doi.org/10.3652/jt-ibsi.v6i02.286
Wijayati, S. K., Fahleti, W. H., & Arianto, J. (2019). Pengaruh gaya hidup, konsep diri, kelas sosial, dan harga terhadap keputusan konsumen berkunjung ke kedai kopi (Studi kasus pada Kedai Kopi XYZ di Samarinda). Research Journal of Accounting and Business Management, 3(2), 255. https://doi.org/10.31293/rjabm.v3i2.4427
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ekonomi dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.