EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENCAHAYAAN DASAR LAMPU STUDIO FOTOGRAFI BERBASIS PRAKTIK TERHADAP PELAJAR SMK PRIMA UNGGUL TANGERANG
Abstract
Perkembangan industri kreatif di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dan menuntut ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dalam produksi konten visual, termasuk kemampuan fotografi sebagai keterampilan inti dalam pendidikan vokasional. Namun, pembelajaran fotografi di SMK Prima Unggul Tangerang masih didominasi metode teoretis sehingga pemahaman pelajar tentang teknik pencahayaan dasar belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan pemahaman pelajar terhadap konsep pencahayaan dasar melalui penerapan pembelajaran praktik fotografi di Studio Fotografi UNTAR. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara terhadap pelajar SMK Prima Unggul Tangerang sebagai bagian dari penulisan jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan pelajar dalam praktik langsung menggunakan peralatan studio seperti softbox, reflector, dan lampu studio mampu meningkatkan kemampuan teknis mereka dalam mengatur perlengkapan, intensitas, kualitas, serta arah cahaya secara sistematis. Selain itu, pembelajaran berbasis praktik juga memperkuat kepekaan visual serta kemampuan menyesuaikan pencahayaan dengan tujuan estetis maupun komunikatif. Temuan ini menegaskan bahwa kolaborasi antara institusi pendidikan serta fasilitas profesional dapat menciptakan lingkungan belajar yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan industri kreatif. Pembelajaran praktik di studio direkomendasikan sebagai model dasar untuk menjembatani kesenjangan antara penguasaan teoretis dan keterampilan aplikatif dalam pembelajaran fotografi di SMK.References
Arofah, D.N. & Sari, M.P., 2022, ‘Pembentukan Kesan Dramatis Dengan Pencahayaan Buatan Pada Karya Seni Fotografi’, Journal of Photography, Arts, and Media, 6(1), 49–56.
Desipriani, 2024, ‘Penggunaan Window Light sebagai Sumber Pencahayaan Alami dalam Fotografi’, 1(3), 303–310.
Gautama Tanrere, R., 2021, ‘Kajian Lighting Patterns pada Karya Fotografi Model Pameran Kirana Dakara 2021’, Jurnal Komunikasi Visual, XIV(2).
Gunawan, A.A., Nursetyo, K.I. & Cecep Kustandi, 2024, ‘Pengembangan Online Course Berbasis Project Based Learning Untuk Mata Kuliah “Fotografi Pendidikan”’, Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(2), 37–48.
Ilmawan, A.R. & Anistyasari, Y., 2020, Studi Literatur Media Pembelajaran Berbasis Simulasi Tata Cahaya Dalam Teknik Fotografi Untuk SMK, transl. Y. Anistyasari & A. Ilmawan.
Kusuma, S.S., 2022, ‘Analisis Arah Cahaya Dalam Studio Fotografi’, IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 13(2), 144–152.
Sarwan, E.A., 2023, ‘Analisis Penggunaan Lighting Dalam Fotografi Konseptual Human Interest’, IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 14(2), 108–117.
Sugito, 2021, ‘Pencahayaan Kreatif Fotografi Studio Still Life Menggunakan Aksesoris’, Integrated Lab Journal, 09(01).
Tyas, N. & Aritsa, H., 2022, ‘Industri Kreatif Bidang Fotografi Sebagai Peluang Kerja Siswa Lulusan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Paket Keahlian Multimedia’, PEDAGOGY, 9(1).
Wibowo, S., Nurrachman, Y., Setyasmara, N., Saefuddin, E., Khairullah, R., Penerbitan, J., Negeri, P. & Kreatif, M., 2024, Publipreneur Polimedia: Jurnal Ilmiah Jurusan Penerbitan Politeknik Negeri Media Penggunaan Teknik Pencahayaan Stroboscopic pada Pemotretan Model di dalam Studio, vol. 12.
Downloads
Published
Versions
- 2025-12-09 (2)
- 2025-12-09 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Julius Andi, Cindy, Jesslyn, Hibrizi, Fiona

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


