ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING KEDAI KOPI LOKAL MELALUI KONTEN VISUAL INSTAGRAM

Authors

  • Atsilia Hasna Nabilah Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Abstract

Pertumbuhan teknologi digital pada media sosial kini telah mempengaruhi pergeseran fungsi komunikasi & strategi pemasaran, termasuk pada industri coffee shop di Indonesia. Instagram sebagai platform berbasis visual, menjadi saluran utama dalam membangun citra merek dan keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital marketing berbasis instagram dengan studi kasus akun @filosofikopi, yakni salah satu kedai kopi lokal yang berkembang saat ini menjadi sebuah ekosistem kreatif sejak 2015. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi literatur, observasi konten digital, dan wawancara mendalam terhadap tiga orang pengikut aktif akun instagram Filosofi Kopi. Analisis dilakukan dengan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Hasil penelitian menunjukkan adanya kombinasi antara konsistensi identitas visual, narasi cerita yang dibangun, kolaborasi bersama komunitas lokal, serta channel pemasaran yang terintegrasi. Kolaborasi komunitas kreatif menjadi spirit yang dilakukan Filosofi Kopi untuk memperluas jangkauan audiens sekaligus memperkuat kedekatan emosional dengan audiens. Penelitian ini menegaskan bahwa pemanfaatan media sosial secara strategis pada digital marketing, dapat menjadi sebuah instrumen efektif bagi kedai kopi lokal untuk meningkatkan engagement audiens.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Adji, M., & Meilinawati, L. (2019). Representasi Gaya Hidup Dan Tradisi Minum Kopi Dalam Karya Sastra. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 11(3), 381–398. https://doi.org/10.30959/patanjala.v11i3.523

Annur, C. M. (2023a, November 17). Indonesia Merajai Pasar Kopi Modern di Asia Tenggara pada 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/17/indonesia-merajai-pasar-kopi-modern-di-asia-tenggara-pada-2023

Annur, C. M. (2023b, November 28). Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia

Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1

Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00393.x

Caliandro, A., & Graham, J. (2020). Studying Instagram Beyond Selfies. Social Media and Society, 6(2). https://doi.org/10.1177/2056305120924779

Chaffey, D. (2025, February 14). Global social media statistics research summary 2025. https://www.smartinsights.com/social-media-marketing/social-media-strategy/new-global-social-media-research/?utm_source=chatgpt.com

Djafarova, E., & Bowes, T. (2021). ‘Instagram made Me buy it’: Generation Z impulse purchases in fashion industry. Journal of Retailing and Consumer Services, 59. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102345

Erlina, P., & Kojongian, F. T. (2024). Penjualan Produk Secara Global Dengan Memanfaatkan Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 37–42. https://doi.org/10.62017/wanargi

INDEF. (2024). PLATFORM DIGITAL Terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia: Hasil Studi INDEF. https://indef.or.id/

Isa Mulyadi, A., & Zuhri, S. (2020). Analisis Strategi Brand Image Kedai Kopi “Moeng Kopi” Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 109–124. http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK

Kim, C. C. (2023). Pemanfaatan Konten Instagram untuk Membangun Customer Engagement dalam UMKM Indonesia. Jurnal Strategi Desain Dan Inovasi Sosial, 4(2), 144. https://doi.org/10.37312/jsdis.v4i2.6938

Kotler, P. T., & keller, K. L. (2016). Marketing Management: Vol. Ke-15. Pearson Education.

Muzakki, M. I. T. (2023, August 2). Berikut Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram dan Facebook. Jawa Pos. https://www.jawapos.com/teknologi/011821770/berikut-cara-mendapatkan-centang-biru-di-instagram-dan-facebook

Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695

Qiu, R. (2022). Editorial: Digital technology transforms the global economy! In Digital Transformation and Society (Vol. 1, Issue 2, pp. 145–146). Emerald Publishing. https://doi.org/10.1108/DTS-12-2022-040

Sandu Siyoto, & Muhammad Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the Worlds Most Innovative Advertising Agency.

Taprial, V., & Kanwar, P. (2012). Understanding Social Media.

Thomas, V. L., Chavez, M., Browne, E. N., & Minnis, A. M. (2020). Instagram as a tool for study engagement and community building among adolescents: A social media pilot study. Digital Health, 6. https://doi.org/10.1177/2055207620904548

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal of New Media and Communication, 1(1), 43–57.

Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & FItroh. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN DIGITAL MARKETING: Vol. XX (Issue 2).

Yonatan, A. Z. (2023, May 29). Pengguna Instagram Berdasarkan Rentang Usia 2023. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/pengguna-instagram-berdasarkan-rentang-usia-2023-MEdzz

Downloads

Published

2025-12-09

How to Cite

Nabilah, A. H. (2025). ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING KEDAI KOPI LOKAL MELALUI KONTEN VISUAL INSTAGRAM. CITRAKARA, 7(4), 383–395. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/citrakara/article/view/15143

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.