ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING KEDAI KOPI LOKAL MELALUI KONTEN VISUAL INSTAGRAM
Abstract
Pertumbuhan teknologi digital pada media sosial kini telah mempengaruhi pergeseran fungsi komunikasi & strategi pemasaran, termasuk pada industri coffee shop di Indonesia. Instagram sebagai platform berbasis visual, menjadi saluran utama dalam membangun citra merek dan keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital marketing berbasis instagram dengan studi kasus akun @filosofikopi, yakni salah satu kedai kopi lokal yang berkembang saat ini menjadi sebuah ekosistem kreatif sejak 2015. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi literatur, observasi konten digital, dan wawancara mendalam terhadap tiga orang pengikut aktif akun instagram Filosofi Kopi. Analisis dilakukan dengan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Hasil penelitian menunjukkan adanya kombinasi antara konsistensi identitas visual, narasi cerita yang dibangun, kolaborasi bersama komunitas lokal, serta channel pemasaran yang terintegrasi. Kolaborasi komunitas kreatif menjadi spirit yang dilakukan Filosofi Kopi untuk memperluas jangkauan audiens sekaligus memperkuat kedekatan emosional dengan audiens. Penelitian ini menegaskan bahwa pemanfaatan media sosial secara strategis pada digital marketing, dapat menjadi sebuah instrumen efektif bagi kedai kopi lokal untuk meningkatkan engagement audiens.References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Adji, M., & Meilinawati, L. (2019). Representasi Gaya Hidup Dan Tradisi Minum Kopi Dalam Karya Sastra. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 11(3), 381–398. https://doi.org/10.30959/patanjala.v11i3.523
Annur, C. M. (2023a, November 17). Indonesia Merajai Pasar Kopi Modern di Asia Tenggara pada 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/17/indonesia-merajai-pasar-kopi-modern-di-asia-tenggara-pada-2023
Annur, C. M. (2023b, November 28). Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia
Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1
Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00393.x
Caliandro, A., & Graham, J. (2020). Studying Instagram Beyond Selfies. Social Media and Society, 6(2). https://doi.org/10.1177/2056305120924779
Chaffey, D. (2025, February 14). Global social media statistics research summary 2025. https://www.smartinsights.com/social-media-marketing/social-media-strategy/new-global-social-media-research/?utm_source=chatgpt.com
Djafarova, E., & Bowes, T. (2021). ‘Instagram made Me buy it’: Generation Z impulse purchases in fashion industry. Journal of Retailing and Consumer Services, 59. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102345
Erlina, P., & Kojongian, F. T. (2024). Penjualan Produk Secara Global Dengan Memanfaatkan Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 37–42. https://doi.org/10.62017/wanargi
INDEF. (2024). PLATFORM DIGITAL Terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia: Hasil Studi INDEF. https://indef.or.id/
Isa Mulyadi, A., & Zuhri, S. (2020). Analisis Strategi Brand Image Kedai Kopi “Moeng Kopi” Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 109–124. http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK
Kim, C. C. (2023). Pemanfaatan Konten Instagram untuk Membangun Customer Engagement dalam UMKM Indonesia. Jurnal Strategi Desain Dan Inovasi Sosial, 4(2), 144. https://doi.org/10.37312/jsdis.v4i2.6938
Kotler, P. T., & keller, K. L. (2016). Marketing Management: Vol. Ke-15. Pearson Education.
Muzakki, M. I. T. (2023, August 2). Berikut Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram dan Facebook. Jawa Pos. https://www.jawapos.com/teknologi/011821770/berikut-cara-mendapatkan-centang-biru-di-instagram-dan-facebook
Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695
Qiu, R. (2022). Editorial: Digital technology transforms the global economy! In Digital Transformation and Society (Vol. 1, Issue 2, pp. 145–146). Emerald Publishing. https://doi.org/10.1108/DTS-12-2022-040
Sandu Siyoto, & Muhammad Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the Worlds Most Innovative Advertising Agency.
Taprial, V., & Kanwar, P. (2012). Understanding Social Media.
Thomas, V. L., Chavez, M., Browne, E. N., & Minnis, A. M. (2020). Instagram as a tool for study engagement and community building among adolescents: A social media pilot study. Digital Health, 6. https://doi.org/10.1177/2055207620904548
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal of New Media and Communication, 1(1), 43–57.
Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & FItroh. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN DIGITAL MARKETING: Vol. XX (Issue 2).
Yonatan, A. Z. (2023, May 29). Pengguna Instagram Berdasarkan Rentang Usia 2023. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/pengguna-instagram-berdasarkan-rentang-usia-2023-MEdzz
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Atsilia Hasna Nabilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


