IMPLEMENTASI MULTIMEDIA LIFE CYCLE (MDLC) DALAM PROSES PEMBUATAN IKLAN SUPER BURDAS POLTESA
Abstract
Super Burdas merupakan produk olahan siap saji yang dikembangkan oleh Politeknik Negeri Sambas dari makanan khas daerah sambas. Bubur pedas dikemas sedemikian rupa sehingga memudahkan para pecinta kuliner khas sambas ini untuk dapat langsung menikmatinya kapan dan dimana saja tanpa harus menyiapkan bumbu-bumbu dan sayuran-sayuran pencirinya. Kemudahan dalam menyantap bubur pedas ini menjadikan proses marketing Super Burdas memiliki peran yang sangat penting. Politeknik Negeri Sambas sebagai produsen super burdas mencoba untuk menyajikan sebuah video iklan dengan pendekatan kolaborasi talent real di kehidupan nyata dengan scene-scene animasi yang disajikan dengan sangat professional dan terukur. Proses pembuatan video iklan itu sendiri memanfaatkan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan-tahapan Concept, Design, Material Collecting, Testing dan Distribution. Implementasi Effect-Effect yang yang dimiliki oleh Adobe After Effect menghasilkan Video Iklan Super Burdas dalam durasi 93 (Sembilan Puluh tiga) detik.References
Alisyafiq, S. (2021) ‘Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Aplikasi Pembelajaran’, Jurnal Online Informatika, 2(2), pp. 121–130.
Azizul, A. et al. (2020) ‘Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Materi Gerak’, VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2), pp. 97–104. doi: 10.31932/ve.v11i2.829.
Hanggara, D. et al. (2025) ‘Pembuatan Komik Sejarah Raden Tumenggung Abdul Kadir Setia Pahlawan dengan metode Multimedia Development Life Cycle’, Decode: Jurnal Pendidikan …, 5(2), pp. 799–812.
Lestari Rahayu, S. and Dewi, R. (2018) ‘Educational Games Evaluation Using Multimedia Development Life Cycle (MDLC)’, (Citsm), pp. 7–9. Available at: https://www.researchgate.net/publication/315100058.
Maryam, A. et al. (2023) ‘Kajian Pembuatan Bumbu Serbuk ”BUBBOR PADDAS” Instan Menggunakan Metode Foam-Mat Drying’, Engineering and Science, 9(1), pp. 411–424.
Maswita (2021) ‘Tradisi Makanan Bubur Pedas Pada Masyarakat Melayu Batubara (Suatu Kajian Antropologis)’, Jurnal Normatif, 1(1), pp. 43–48.
Nopriandy, F. et al. (2024) ‘Suhendr et al., 2022’, 8.
Nurcahyani, D. R. and Renaldi, R. (2023) ‘Analisis Efektivitas Iklan pada Media YouTube: Studi Kasus pada Iklan Gojek’, Journal of Management and Business Review, 20(1), pp. 1–14. doi: 10.34149/jmbr.v20i1.233.
Rusiardy, I., Yasni, S. and Syamsir, E. (2014) ‘KARAKTERISTIK BUBUR PEDAS DALAM KEMASAN KALENG [The Characteristics of Spicy Porridges in the Can Packaging]’, Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, 25(2), pp. 185–192. doi: 10.6066/jtip.2014.25.2.185.
Sitompul, N., Wijaya, V. and Mulyanto, U. H. (2023) ‘Development Of The Sambas State Polytechnic Campus Virtual Tour Application By Applying The Multimedia Development Life Cycle Method’, Jurnal Info Sains : Informatika dan Sains, 13(3), pp. 785–791. Available at: http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/InfoSains.
Wijayanto Aripradono, H. and Khairiah, R. (2022) ‘Perancangan dan Pengembangan Video Review Sebagai Media Iklan Pada Website Marketplace Dengan Metode Research & Development’, Journal of Information System and Technology, 03(01), pp. 147–169.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Uray Heri Mulyanto, Noferianto Sitompul, Vanie Wijaya, Miadi Miadi, Chesy Grilista Imbleka, Lidya Lidya, Lili Lili

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


