EKSPLORASI MEDIA VIDEO MAPPING DALAM PERTUNJUKAN MUSIK: STUDI KASUS IRIANA
Abstract
Dalam dunia pertunjukan musik kontemporer, elemen visual telah mengalami transformasi dari sekadar pelengkap panggung menjadi komponen aktif yang memperkaya pengalaman audiens secara emosional, spasial, dan naratif. Penulisan ini mengeksplorasi peranan video mapping, khususnya projection mapping sebagai medium visual yang mampu menciptakan ilusi spasial, membentuk atmosfer, serta menyampaikan narasi visual dalam pertunjukan musik. Berbeda dengan media konvensional seperti LED, projection mapping menawarkan fleksibilitas dalam merespons bentuk arsitektural dan ruang panggung, serta menghasilkan visual dinamis yang terintegrasi dengan struktur musik. Penulisan ini mengambil studi kasus pertunjukan musik IRIANA, seorang musisi dan desainer multimedia yang memanfaatkan projection mapping sebagai elemen visual utama dalam membangun pengalaman performatif yang imersif. Melalui kajian literatur, observasi partisipatif, dan dokumentasi teknis produksi, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana media projection mapping dapat memperluas ekspresi artistik, meningkatkan keterlibatan emosional penonton, serta memperkuat hubungan naratif antara musik dan visual. Projection mapping tidak hanya memperkaya bentuk penyajian musik, tetapi juga membuka jalan bagi eksplorasi pertunjukan yang lebih multidimensi dan transformatif.References
Ahmed, S., Sharif, T., Ting, D. H., & Sharif, S. J. (2024). Crafting emotional engagement and immersive experiences: Comprehensive scale development for and validation of hospitality marketing storytelling involvement. Psychology & Marketing, 41(7), 1514–1529. https://doi.org/10.1002/mar.21994.
Cedro, C., & Matthews, J. (2023). Between light and shadow: The impact of light augmentation on storytelling and audience engagement in urban, commercial and public spaces. Journal of Pervasive Media, 8(1), 85–104. https://doi.org/10.1386/jpm_00006_1.
Çetinkaya, O. (2020). Investigation of the interaction of architecture and digital art through the projection mapping installations in public spaces (Master’s thesis, Eastern Mediterranean University, North Cyprus). Institute of Graduate Studies and Research, Eastern Mediterranean University.
De Paolis, L. T., Liaci, S., Sumerano, G., & De Luca, V. (2022). A video mapping performance as an innovative tool to bring to life and narrate a pictorial cycle. Information, 13(3), 122. https://doi.org/10.3390/info13030122.
Derkach, S., Melnyk, M., Fisher, V., & Sovhyra, T. (2023, July). Video mapping technologies as spatial augmented reality in the artistic process. Preservation, Digital Technology & Culture, 52(2). https://doi.org/10.1515/pdtc-2023-0006.
Febby, A., & Santoso, S. S. (2025). Pencahayaan dan tata ruang dalam mendorong ekspresi gerak di studio tari Universitas Kristen Petra Surabaya. Petra Christian University.
Lengyel, F. (2024, December). Harmony in design leveraging AI for synesthetic art architecture and multi-dimensional creativity [Preprint]. ResearchGate. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.24794.86727.
Lestari, T. A., Jamaluddin, & Pahmi, S. (2023). Identifikasi penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar di SMA Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2071–2077. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1640.
Mansour, Q. S. O. (2025, February). Motion design in digital media: Its impact on the development of visual messages and user interaction. Journal of Ecohumanism, 4(2). https://doi.org/10.62754/joe.v4i2.6434.
Pahrulroji, A., Mutiaz, I. R., & Grahita, B. (2021). Study of immersion on narrative video mapping: Case study: NRMO Lzy Visual in Jogjakarta Video Mapping Festival 2018 (New Media and Technology for the Arts). In Proceedings of the 3rd International Conference on Arts and Design Education (ICADE 2020) (Vol. 519, pp. 91–96). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210203.019.
Sitanggang, A. S., Apriliani, A., & Florensia, J. (2024). Pengaruh teknologi terhadap teknik dan medium seni tradisional. Jurnal Multidisiplin Inovatif, 8(8).
Sokari, I. F. (2022, April). The effect of lighting design on audience attention. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/360084556_The_Effect_of_Lighting_Design_on_Audience_Attention.
Turner, D., Murphy, D. T., Pike, C., & Baume, C. (2022). Spatial audio production for immersive media experiences: Perspectives on practice-led approaches to designing immersive audio content. The Soundtrack, 13(1), 73–94. https://doi.org/10.1386/ts_00017_1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pande Made Anagha Divantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


