KAJIAN FOTO IKLAN TRAVELOKA MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENT DENGAN MENGGUNAKAN TEORI ARTIFICIAL LIGHTING DALAM FOTOGRAFI

Authors

  • Dian Pratiwi Willyarti Binus University

Abstract

Artificial Intelligence (AI) kini telah merambah ke industry kreatif. Penggunaannya yang mudah dengan biaya produksi yang murah membuatnya diminati. Traveloka menggunakan AI dalam salah satu materi promosinya dalam rangka Kerjasama dengan kementrian pariwisata Thailand. Pada hasil akhirnya, hasil foto AI yang mendekati sempurna masih dapat terlihat celah di mata fotografer bahwa foto tersebut hasil AI. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ketidakpurnaan AI yang mesih belum bisa mendekati fotografi konvensional dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dalam pengumpulan data serta wawancara dengan narasumber fotografer komersil sebagai justifikasi dari penemuan data secara kualitatif dengan teori lighting. Penggunaan AI telah dimaklumi dan dijadikan sebagai alat dalam proses kreatif di industri kreatif.

References

Achmad, R., Fathoni, R., & Mohyi, A. (2025). PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) UNTUK MEMAKSIMALKAN PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN, 9(01), 1–12.

Chen, Y. (2024). Artificial Intelligence Technology in Photography and Future Challenges and Reflections. The Frontiers of Society, Science and Technology, 6(6), 24–30. https://doi.org/10.25236/fsst.2024.060605

Gross, E. C. (2024). The art of AI: Perspectives on Artificial Intelligence in Photography. Bulletin of the Transilvania University of Braşov. Series VII: Social Sciences • Law, (July), 65–70. https://doi.org/10.31926/but.ssl.2024.17.66.1.12

Harsanto, P. W., & Jakti, J. W. (2023). Post-Photography: The Disruption Effect of Artificial Intelligence on Photography for Product Advertising. Information Sciences Letters, 12(9), 2141–2151. https://doi.org/10.18576/isl/120920

Istiqomah, D., & Sari, M. P. (2021). Fotografi Komersial dalam Foto Potrait Fashion Vogue. Jurnal Desain, 9(1), 36. https://doi.org/10.30998/jd.v9i1.9924

Kusuma, S. S. (2022). Analisis Arah Cahaya Dalam Studio Fotografi. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 13(2), 144–152. https://doi.org/10.52290/i.v13i2.78

Snades, P., Desain, E., Untuk, B., Indonesia, P., Fotografi, A., Produksi, P., … Permasalahan, U. (2024). Universitas Catur Insan Cendekia, 7–13.

Yudisetyanto, R. A., & Firmansyah, A. T. (2024). Fotografi Pada Era Disrupsi: Artificial Intelligence Sebagai Referensi Dalam Mengembangkan Ide Kreatif Fotografi. Specta, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.24821/specta.v8i1.12378

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Willyarti, D. P. (2025). KAJIAN FOTO IKLAN TRAVELOKA MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENT DENGAN MENGGUNAKAN TEORI ARTIFICIAL LIGHTING DALAM FOTOGRAFI. CITRAKARA, 7(3), 316–323. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/citrakara/article/view/13606

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.