PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL PRODUK KERAJINAN KOMUNITAS CIKIDUL ECENG GONDOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Authors

  • Putri Nurlaila Ramadhanti Prodi DKV Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro
  • Noor Hasyim

Abstract

Komunitas Cikidul Eceng Gondok didirikan oleh kelompok masyarakat Tuntang pada tahun 2019 memanfaatkan melimpahnya hasil panen eceng gondok menjadi produk bernilai jual. Rendahnya pendapatan bulanan komunitas Cikidul Eceng Gondok yang belum mencapai target menjadi permasalahan utama sehingga mereka memerlukan rancangan iklan komersial. Penelitian untuk perancangan iklan komersial ini dilakukan dengan metode kualitataif melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Metode analisis menggunakan SWOT dan metode perancangan Five Steps of Design` menurut Robin Landa. Media utama yang digunakan adalah Instagram, dalam bentuk konten feed dan story, didukung oleh media cetak seperti banner, poster, katalog, dan brosur.

References

Ambrose, G., & Harris, P. (2005). Basics design: Typography. West Sussex: AVA Publishing.

Ambrose, G., & Harris, P. (2006). Fundamentals of typography. West Sussex: AVA Publishing.

Amirotu, I. (2023, Desember 8). Pengertian Poster serta Ciri-ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Bagaimana Cara Membuatnya. Diambil kembali dari Telkom University: https://telkomuniversity.ac.id/pengertian-poster-serta-ciri-ciri-tujuan-fungsi-jenis-dan-bagaimana-cara-membuatnya/

Erfand, M. I., & Syafei, S. (2024). Perancangan Iklan Komersil CV. Matiinu Berdikari Berbasis Animasi 2D. Jurnal Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi.

Itten, J. (1973). The art of color: The Subjective Experience and Objective Rationale of Color (E. van Haagen, Trans.) . New York: Van Nostrand Reinhold Company.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Harlow: Pearson Education.

Kurniawan, A. (2023, Februari 1). Berapa Biaya Iklan di Instagram 2025?. Diambil kembali dari Mata Badai: https://matabadai.com/berapa-biaya-iklan-di-instagram/

Kusumo, H. (2018). Pemanfaatan brosur sebagai media promosi untuk meningkatkan jumlah peserta didik pada duta Islamic School (DIS) Semarang. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis.

Ladjamudin, A. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Landa, R. (2011). Graphic Design Solutions (4th. ed.). Boston: Cengage Learning.

Maharani, A. R., Ponirin, P., Santi, I. N., & Risendy, R. (2024). Efektivitas Penggunaan Iklan Instagram sebagai Media Promosi UMKM. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi) cet. 36. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyaningrum, Y. A., & Wafa, Z. (2024). Pemetaan Potensi Kerajinan Eceng Gondok Sebagai Sumber Bahan Baku Dan Keberlanjutan Untuk Umkm Di Desa Beran Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Naninsih, N., Alam, S., & Triwani, J. (2024). Pengolahan Eceng Gondok Menjadi Handicraft Di Yapem Kecamatan Manggala Makassar. Nobel Community Services Journal.

NapoleonCat. (2024, January). Instagram users in Indonesia - January 2024. Diambil kembali dari NapoleonCat: https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2024/01/

Nursya'baana, N. L., & Kristiana, N. (2023). Katalog Sebagai Media Pendukung Promosi Pawon Yu’Ne Di Nganjuk Jawa Timur. Jurnal Desgrafia.

Oktaviani, R., Ramdhan, S., & Maisaroh, S. (2022). Iklan Komersial “Boba Time” Untuk Promosi Media Sosial Menggunakan Motion Graphic. Jurnal Topik Global.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Ramadhanti, P. N., & Hasyim, N. (2025). PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL PRODUK KERAJINAN KOMUNITAS CIKIDUL ECENG GONDOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. CITRAKARA, 7(3), 303–315. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/citrakara/article/view/13184

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.