Perancangan Ilustrasi Seni Pertunjukan Jombang sebagai Aset Visual 2D
Abstract
Jombang merupakan kota berkembang yang mempunyai banyak warisan budaya lokal. Meskipun dikenal sebagai kota santri, namun Jombang memiliki banyak seni pertunjukan budaya yang diwariskan secara turun temurun. Perancangan aset visual ini mengangkat tiga seni pertunjukan yang berasal dari kabupaten Jombang untuk diilustrasikan dalam bentuk 2D secara vektor. Seni pertunjukan tersebut antara lain kesenian Besutan, Tari Remo Boletan, dan Jaranan Dor. Tujuan perancangan adalah untuk menciptakan aset visual 2D yang berupa seni pertunjukan Jombang yang nantinya akan digunakan untuk pengembangan bentuk multimedia kreatif berbasis digital lanjutan. Fungsi dari pembuatan ilustrasi vektor ini adalah sebagai dokumentasi seni pertunjukan Jombang sebagai aset visual ilustrasi 2d. Pembuatan ilustrasi vektor dilakukan dengan menggunakan tahapan proses desain Robin Landa yang meliputi orientasi, analisis, konsep, desain dan implementasi. Melalui perancangan ini, akan dihasilkan bentuk aset visual beberapa seni pertunjukan di Jombang dalam bentuk ilustrasi vektor 2D. Disamping itu perancangan aset visual seni pertunjukan Jombang dalam bentuk ilustrasi ini merupakan upaya digitalisasi dan revitalisasi budaya lokal jombang dengan metode pelestarian informasi. Pelestarian dan pengenalan budaya lokal seni pertunjukan Besutan, Tari Remo Boletan, dan Jaranan Dor dari kabupaten Jombang akan memperkuat eksistensi budaya lokal agar tetap relevan ditengah kehidupan masyarakat modern.References
Affifuddin, M., & Marsudi, M. (2021). Penerapan Ilustrasi Damar Kurung Pada Media Merchandise Sebagai Pengenalan Budaya Kabupaten Gresik. Barik, 3(1), 54–68.
Dirgantara, S. (2022). Dokumentasi Bangunan Bersejarah Di Surabaya Melalui Ilustrasi Vektor. Jurnal Bahasa Rupa, 05(02), 246–253. https://doi.org/https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v5i2.1063
Fajrie, N., Aryani, V., & Kironoratri, L. (2024). Media Belajar Digital Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Bacaan Dongeng Sastra Anak. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2262–2275. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8123
Iryawan, M. K., & Hasyim, N. (2024). Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Pengenalan Senjata Tradisional Keris Untuk Generasi Muda. Jurnal Citrakara, 6(4), 486–498. https://doi.org/https://doi.org/10.33633/ctr.v6i4.11979
Lobin, R. (2011). Graphic Design Solution. In Clark Baxter (4th ed., Vol. 4, Issue 1). Clark Bester.
Masnuna, & Qonita, N. N. (2022). Buku Ilustrasi Komunikasi Asertif Sebagai Media Edukasi. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.868
Muazaroh, L. N., Ruja, I. N., & Wahyuningtyas, N. (2021). Eksistensi Kesenian Besutan Sebagai Identitas Budaya Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 206. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.29301
Mujianto, R., & Rahmasari, E. A. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Grebeg Besar Di Demak Sebagai Media Pengenalan Budaya Pada Anak. Jurnal Citrakara, 4(4), 594–593. https://doi.org/https://doi.org/10.33633/ctr.v4i4.7723
Nugraha, A. P., & Salim, M. N. (2024). Identitas Garap Musik Jombangan Pada Kesenian Jaranan Dor Di Kabupaten Kediri. Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi, 23(2), 135–148. https://doi.org/10.33153/keteg.v23i2.5640
Nuriana, D. (2022). Seni Besutan Jombang Jawa Timur (Kondisi dan Strategi Pengemasan di Sekolahan). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, X(1), 88–95. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6416
Perdana, F. I., Masnuna, M., & Aqidatun Nisa, D. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Seni Jaranan Kediri Untuk Anak Usia 7 – 11 Tahun. DeKaVe, 1(2), 12–20. https://doi.org/10.24821/dkv.v1i2.6236
Puspitaningsari, M., Maghfiroh, P. N. H., & Kusumawardhani, I. H. (2024). Transformasi Kesenian Jaranan Dor Sebagai Nilai Kearifan Lokal Berbasis Digitalisasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JP-Mas), 6(1), 56–64.
Putri, K. E. P., & Ardiyanto, D. T. (2024). Kajian User Experience Media Literasi Visual Buku Cerita Anak Berbasis Augmented Reality. Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik Dan Wacana Seni Budaya Rupa, 16(2), 143–155. https://doi.org/10.33153/brikolase.v16i2.6622
Putri, K. E. P., Ardiyanto, D. T., & Widodo, A. S. (2024). Stimulus Augmented Reality Children Storybook Timun Mas Membentuk Kognitif Visual Anak Usia Dini. Jurnal Bahasa Rupa, 07(02), 113–124. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i2.1702
Putri, D. A. A., & Russanti, I. (2016). MODIFIKASI BUSANA BESUTAN JOMBANG Dyah Ayu Agustiani Putri Irma Russanti Abstrak. Ejournal Unesa, 05(2), 32–39.
Salpina, S., & Putri, D. A. J. (2024). Pengembangan Media Animasi Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Budaya Sumang di Gayo sebagai Upaya Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 9(1), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v9i1.4292
Sekti, R. P. (2022). Tari Remo Munali Fatah Sebagai Sumber Konservasi (Pengembangan) Tari Remo Gaya Surabayan. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(2), 77–89. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/geter.v5n2.p77-89
Sutanto, S. M., & Suhartono, N. P. (2022). Perancangan Ilustrasi Sampul Buku Kompilasi Folktale Lintas Budaya “Rove the Lore: The Endless Journey to Unveil the Myths.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 8(02), 185–196. https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i02.4550
Wardana, V. M. A. (2024). Tari Remo Jombangan Sebagai Tari Penyambutan Kebudayaan Khas Jombang. Greget Jurnal Pengetahuan Dan Penciptaan Tari, 23(1), 51–60. https://doi.org/10.33153/grt.v23i1.2740
Yanuarsari, M.Ds, D. H., & Setiawan, A. (2019). Upaya Mempertahankan Cagar Budaya Kota Semarang Melalui Media Edukasi. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(02), 265–275. https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i2.2280
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kinanti Erste Panggayuh Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


