PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN DASAR-DASAR BISINDO UNTUK MASYARAKAT NON-TUNARUNGU

Authors

  • Luthfi Azizah Juwitasary Universitas Dian Nuswantoro
  • Abi Senoprabowo Universitas Dian Nuswantoro

Keywords:

Bisindo, Desain antarmuka, Media pembelajaran interaktif

Abstract

Masyarakat non-tunarungu kurang memberikan perhatian akan Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia) padahal pemahaman dasar berinteraksi menggunakan Bisindo dapat membantu masyarakat tunarungu dalam beberapa kasus. Selain itu, keterbatasan sarana dan media pembelajaran menjadi salah satu faktor kurangnya pengenalan Bisindo. Oleh karena itu, perlu dirancang media pembelajaran interaktif yang efektif dan menarik untuk memperkenalkan Bisindo kepada masyarakat non-tunarungu. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, penyebaran kuesioner dan studi literatur sebagai metode pengumpulan data. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kebutuhan dan metode perancangan menggunakan design thinking. Perancangan ini menghasilkan desain user interface (UI) aplikasi pengenalan dasar-dasar Bisindo dengan target pengguna yakni masyarakat non-tunarungu

References

Aitchison, Jean. (2008). The articulate mammal: an introduction to psycolingistics. Fifth edition.

London and New York: Routledge.

Aji Supriyanto. (2005). ”Pengantar Teknologi Informasi”. Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat.

Jakarta.

Akbar, dkk. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alasan Insan Tuli Memilih Bahasa Isyarat Bisindo Ketimbang SIBI. (2020). Diakses pada 15 Juni 2024 dari https://difabel.tempo.co/read/1378989/alasan-insan-tuli-memilih-bahasa-isyarat- bisindo-ketimbang-sibi

Ambrose, Gavin. Harris, Paul. (2005). Basic Design 02: Layout. Worthing UK: AVA Publishing. Arif S. Sadiman, dkk. (1990). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.

Jakarta: CV. Rajawali

Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo persada.

Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi Black Box vs White Box Testing. (2022). Diakses pada 17 Mei 2024 dari

https://www.spiceworks.com/tech/devops/articles/black-box-vs-white-box-testing/ Bovee, C. (1997). Business Communication Today. Prentice Hall: New York

Bullen, M., & Janes, D. P. (2007). Making the Transition to E-Learning: Strategies and Issues.

Information Science Pub.

Curhat Sulit Magang Kerja, Penyandang Disabilitas Ini Ditarik Ganjar ke Pemprov Jateng. (2020). Diakses pada 1 Februari 2024 dari https://nasional.sindonews.com/read/147904/94/curhat- sulit-magangkerja-penyandang-disabilitas-ini-ditarik-ganjar-ke-pemprov-jateng- 1598677727

Clark, R. C. & Mayer, R.E. (2003). E-learning and the science of instruction. San Francisco: Pfeiffer.

Danton, Sihombing. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia

Diah, R. (2018). Panduan Bahasa Isyarat untuk Pendamping Penyandang Tuli. Albasil Aksara: Tangerang

Hak Penyandang Tuli Terabaikan. (2017). Diakses pada 5 Oktober 2023 dari https://www.kompas.id/baca/dikbud/2017/03/06/hak-penyandang-tuli-terabaikan

Jefkins, Frank. (1997), Advertising. Edisi Ketiga. Edisi Indonesia. Erlangga. Jakarta Kemendikbudristek Gelar Kelas Akhir Pekan: Belajar Bahasa Isyarat. (2023). Diakses pada 25

September 2023 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/kemendikbudristek- gelar-kelas-akhir-pekan-belajar-bahasa-isyarat

Ling, D. (1989). Foundations of spoken language for hearing-impaired children. Washington, D.C.:

A. G. Bell Association for the Deaf.

Miarso, Yusufhadi. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Olivia, Vanny. dkk. (2018). Perancangan Media Informasi Tentang Bahasa Isyarat Indonesia. Jurnal DKV Adiwara, Universitas Kristen Petra. Vol.1, No. 12

Perlu Atau Tidak Belajar Bahasa Isyarat. (2019). Diakses pada 28 September 2023 dari https://www.halodoc.com/artikel/perlu-atau-tidak-belajar-bahasa-isyarat

Pringgawidagda, Suwarna. (2002). Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. Riadi, Ari. (2017). BUKU ILUSTRASI BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO) BAGI

ANAK TUNARUNGU. Kajian of Art & Design : Vol.4, No.3 Desember 2017 | Page 799 Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. Sumarlam dkk. (2009). Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra Surakarta

Teleumbanua, Murni. (2019). 5 Tahap Design Thinking Menurut Standford (d.school). Diakses pada

November 2023 dari https://medium.com/@murnitelaumbanua98/5-tahap-design- thinking-menurut-stanford-d-school-e06f871c45c9

The Original of Color: Color Theory. (2007). Diakses pada 20 November 2023 dari https://www.lib.uchicago.edu/collex/exhibits/originsof-color/color-theory/

Tim Penyusun Buku Saku Bahasa Isyarat. (2018). Buku Saku Bahasa Isyarat untuk Petugas Kesehatan. Jakarta

Warsita, Bambang. (2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka.

What is a High-Fidelity Wireframe and When to Use It: Designer Explain. (2024). Diakses pada 4 Februari 2024 dari https://www.eleken.co/blog-posts/what-is-a-high-fidelity-wireframe-and- when-to-use-it-designers-explain

Wilbert O. Galitz. (2007) The Essential Guide to User Interface Design. Canada: Wiley Publishing,Inc

Witabora, Adhidarma, dkk. (2017.) Studi Skema Warna Berdasarkan Lokal Konten Budaya Kota.

Jurnal Seni Rupa Warna, Vol.3, No.1, hlm. 2-9.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Juwitasary, L. A., & Senoprabowo, A. (2025). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN DASAR-DASAR BISINDO UNTUK MASYARAKAT NON-TUNARUNGU. CITRAKARA, 7(1), 36–46. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/citrakara/article/view/12682

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.